Cara Sederhana untuk Memberitahu Pasangan: Kamu Ingin Berhubungan Seks—atau Nonton Netflix

Foto: www.gettyimages.com

Pernahkah kamu bertanya kepada pasanganmu—atau diri sendiri: “Dari skala 1 sampai 9, seberapa terangsang kamu sekarang?” Ah, senangnya jika ada yang mengajukan pertanyaan ini karena ada kesan peduli dan perhatian di dalamnya. Akan tetapi mengungkapkan atau menanyakan kebutuhan pasangan atau diri sendiri, sepertinya adalah sebuah kemampuan yang masih terus kita pelajari. Iya, ‘kan? Itulah sebabnya, para orang pintar di The Gottman Institute, sebuah grup penelitian yang terdiri dari ahli hubungan, sangat menganjurkan untuk memberikan skala atas hasrat seksualmu dari angka 1 sampai 9 sebelum kasur berantakan—atau tetap rapi. Ouch.

Ini Cara yang Dianjurkan oleh Ahli Hubungan

“Banyak pasangan yang tidak nyaman mendiskusikan tentang bagaimana memulai seks dan juga tidak tahu bagaimana mengatakan, ‘Maaf, kayaknya aku lagi nggak merasa ingin melakukannya,’ dengan cara yang tidak menyakiti atau menolak,” tulis Gottman Institute dalam sebuah unggahan di Instagram. Dan tidak bohong bahwa, “Adalah sesuatu yang sulit untuk menghadapi sebuah penolakan.”

Jadi, bagaimana cara menyampaikan ‘iya’ atau ‘tidak’ kepada pasangan dengan tepat? Menurut mereka ada satu cara sederhana yang bisa mengurangi suara jangkrik ketika kamu ingin menolak berhubungan intim: gunakan skala 1 sampai 9. Dengan menggunakan ini, kamu dan pasanganmu akan lebih bisa mengomunikasikan keinginan kalian berdua dengan lebih jelas dan mantap.

Foto: @gottmaninstitute

Tidak yakin apakah kamu ingin berhubungan seks? Untuk memberikan skala atas hasrat seksualmu saat pasangan ingin berhubungan intim, ingat angka 1, 5 dan 9. Dan katakan kepada pasanganmu.

  • Jika kamu di nomor 9, itu artinya: “Oh, yeah! Buruan!”
  • Jika kamu di nomor 5, itu artinya: “Hmm, aku kayaknya bisa dibujuk. Cium dulu dong.”
  • Jika kamu di nomor 1, itu artinya: “Besok aja, ya. Aku mau nonton Marriage Story di Netflix, nih.”

Apakah angka-angka ini membuatmu merasa agak aneh dalam mengungkapkan perasaanmu? Seperti pepatah bilang, ‘practice makes perfect‘—mungkin awalnya terdengar aneh dan tidak natural, tapi lama-lama kamu dan dia juga akan terbiasa. Dialog tentang ingin berhubungan seks akan terjadi dengan lebih alami. Malah, bisa jadi kamu berdua akan menemukan cara yang lebih personal untuk menyampaikan hal tersebut. Misalnya memutar lagu Leon Bridges = ayo, keringatan di tempat tidur; lagu Taylor Swift = aku mau duduk manis di depan televisi.

Butuh tips seks lainnya? Ini yang wajib kamu lakukan setelah berhubungan seks!

podcast button