Mengapa Masa Pandemik Menjadi Waktu yang Tepat untuk Mencoba Online Dating

dating online saat pandemik
Foto: www.gettyimages.com

Jangan urungkan niatmu mencari pasangan di era pandemik ini. Pasalnya, sebuah data menyatakan bahwa penggunaan online dating semakin meningkat. Bahkan ketika tidak bisa bertemu si dia yang berpotensi menjadi pasangan, masa ini bisa menjadi sebuah waktu yang tepat untuk menemukan belahan jiwa. Mengapa, tanyamu? Roxy Zarrabi, Psy.D., seorang psikolog klinis dari Chicago menuliskan di Psychology Today bahwa masa ini ternyata memiliki sisi positif bagi percintaanmu. Berikut keuntungan mencoba online dating saat pandemik COVID-19 melanda dunia.

Kamu tidak perlu bingung memikirkan topik pembuka

Yep, tebakanmu benar: COVID-19 adalah topik panas dan menarik bagi banyak orang. Dengan topik ini, kamu tidak perlu lagi berpikir keras dalam mencari bahan pembicaraan saat mencari calon pasangan potensial. Entah mereka akan menolak atau semangat membicarakannya, yang pasti kamu sudah memiliki satu modal.

Kamu bisa menjalin hubungan emosional terlebih dahulu

Seperti yang kita tahu, masa pandemik adalah masa yang sulit bagi semua orang. Nah, dengan begini, kamu bisa menjalin hubungan emosional dan berbagi pengalaman yang sama dengan orang tersebut. “Kamu bisa membangun ikatan emosional yang lebih cepat dengan orang lain ketika sedang berada dalam masa yang sulit bersama-sama,” tulisnya.

Dan uniknya, kedekatan ini bisa kamu bangun meski belum bertemu sehingga kamu tidak perlu stres dengan kencan pertama. Ah, social distancing ternyata ada sisi positifnya.

Pilihanmu mungkin terbatas, tapi kualitas meningkat

Siapa di sini yang menyerah menggunakan Tinder karena terlalu banyak pilihan? Terlalu banyak pilihan juga bisa berefek akhirnya kamu ingin terus mencari pilihan terbaik, sehingga akhirnya tidak berhenti memakai online dating. Nah, di situasi ini, kemungkinan besar jumlah opsi berkurang. Namun sisi baiknya, orang-orang yang cocok dengan kamu akan lebih atentif dan selektif.

Kamu memiliki kesempatan melihat bagaimana calon pasangan menghadapi kondisi sulit

“Bagi sebagian orang, butuh waktu untuk bisa melihat bagaimana pasangannya menghadapi stres dan ini biasanya terjadi di masa depan saat fase bulan madu berakhir,” tulisnya. Di periode pandemik ini, sepertinya orang mengalami stres (dalam bentuk dan level yang berbeda), termasuk si dia yang berpotensi menjadi pasanganmu. “Ini adalah kesempatan langka untuk kamu belajar lebih awal tentang bagaimana pasangan potensial merespon saat berada di bawah tekanan, tidak perlu menunggu berbulan-bulan dari sekarang,” tegasnya.  

Jika itu sisi positif online dating saat pandemik, maka ini adalah sisi positif dari social distancing bagi hubungan sosialmu.

podcast button