Ini Dia 7 Shampoo Penumbuh Rambut Terbaik 2021

shampoo penumbuh rambut
Foto: Istimewa
Terakhir diperbarui:

Punya rambut tipis dan mudah rontok? Cobalah untuk menggunakan shampoo penumbuh rambut sebagai solusinya.

Jika tertarik untuk mencobanya, maka kamu perlu memeriksa kandungan yang ada di dalam produk pembersih rambut itu. Pastikan bahannya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dari mahkotamu. Berikut adalah daftar shampoo penumbuh rambut terbaik yang wajib kamu coba.

Bahan-bahan Penumbuh Rambut

Shampoo penumbuh rambut
Foto: www.canva.com

Berikut empat bahan penting yang dapat membantu rambut semakin panjang.

Vitamin B

Vitamin B merupakan kandungan yang wajib ada dalam shampoo penumbuh rambut, khususnya niacin dan biotin. Biotin ini yang dapat berfungsi untuk memproduksi keratin, senyawa penyusun rambut, kulit, dan kuku.

Sementara vitamin B3 atau niacin berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulasi produki keratin.

Zinc

Selain mengatasi ketombe, zinc juga menjadi bahan yang bagus yang wajib terkandung di dalam shampoo penumbuh rambut. Soalnya, mineral yang satu ini juga dapat menutrisi kulit kepala dan rambut menjadi lebih sehat.

Kafein

Menariknya kafein juga dapat mencegah kerontokan rambut dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru. Ia bekerja dengan cara menghalangi efek buruk dari hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Cara Memilih Shampoo Penumbuh Rambut

Shampoo penumbuh rambut 9 | | Ini Dia 7 Shampoo Penumbuh Rambut Terbaik 2021
Foto: www.canva.com

Mengetahui jenis kulit kepala

Sebelum membeli produk shampoo penumbuh rambut, maka sebaiknya kamu mengetahui jenis kulit kepala yang dimiliki. Jika kulit kepala termasuk ke dalam kulit kering, maka pilihlah sampo yang khusus untuk kulit kering.

Begitu juga dengan kulit berminyak atau sensitif, sangat disarankan untuk membeli produk yang sesuai.

Untuk mengetahui jenis kulit kepalamu, cobalah untuk memeriksanya sendiri dengan cara ini. Yakni jika sebum muncul setelah satu jam keramas, maka artinya kulit kepalamu termasuk ke dalam jenis berminyak.

Sementara jika sebum muncul setelah tiga jam, berarti kulit kepala tergolong normal. Sedangkan jika sebum baru muncul keesokan harinya, maka tandanya kulit kepalamu kering.

Ketahui bahan kandungannya

Terdapat berbagai kandungan yang ada di dalam shampoo penumbuh rambut. Oleh karena itu saat akan membelinya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bahan apa saja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dari rambut.

Hindari bahan berbahaya

Umumnya setiap sampo akan terbuat dari bahan aktif alami dan sintetis. Terdapat beberapa bahan yang perlu dihindari, mulai dari SLS, paraben, alkohol, dan pewangi buatan, apalagi jika kamu memiliki kulit kepala yang sensitif.

SLS atau sodium lauryl sufate merupakan bahan pembersih rambut yang dapat mengangkat kotoran dan sebum dengan baik. Namun sayangnya, bahan tersebut bisa menimbulkan efek samping pada kulit.

Sementara paraben merupakan bahan pengawet yang dapat mencegah timbulnya jamur di produk sampo. Meski kelihatannya tidak berbahaya, namun bahan ini sangat tidak baik untuk digunakan dalam jangka panjang.

Pilih berdasarkan kemasan

Untuk memaksimalkan pertumbuhan rambut, pastinya kamu perlu menggunakan produk shampoo penumbuh rambut secara rutin dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pilihlah kemasan yang besar agar lebih praktis digunakan.

Namun jika ini pertama kalinya kamu membeli shampoo penumbuh rambut, maka ambil kemasan kecil.

Cara Keramas yang Tepat

Shampoo penumbuh rambut
Foto: www.canva.com

Selain menggunakan produk perawatan rambut, kamu juga perlu memerhatikan cara keramas agar manfaat dari sampo pun bisa lebih maksimal. Berikut teknik keramas yang benar:

Basahi kepala dengan air hangat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat akan membersihkan rambut adalah membasahi kulit kepala dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit kepala dan membuatmu menjadi lebih nyaman.

Mengoleskan sampo secara merata

Saat keramas, ada baiknya kamu menggunakan sampo dalam dua tahap. Yang pertama adalah bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan rambut. Sementara yang kedua untuk membersihkan kulit kepala dan menutrisinya dengan maksimal.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan sampo pada permukaan rambut, kemudian membilasnya dengan lembut. Setelah itu, buatlah busa di tangan, kemudian oleskan secara merata ke seluruh bagian.

Bilas dengan bersih

Selanjutnya, maka kamu perlu membilas rambut menggunakan air. Jagalah jarak antara ujung shower dengan kulit kepala.

Hal ini bertujuan agar mencegah tekanan air yang terlalu kuat. Pastikan kamu membersihkannya secara menyeluruh tanpa menyisakan sampo.

Keringkan rambut dengan handuk

Meski menggunakan pengering rambut akan lebih praktis, namun hal tersebut tidak disarankan untuk dilakukan. Soalnya, udara panas yang dikeluarkan dari alat ini akan membuat kulit kepala menjadi kering.

Oleh karena itu kamu bisa menggunakan handuk atau kain yang lembut. Namun jika memang perlu waktu yang cepat untuk mengeringkan rambut maka kamu bisa menggunakan hair dryer dengan hati-hati.

Rekomendasi Produk

Ini produk rekomendasi shampoo penumbuh rambut terbaik tahun 2021.

Briogeo Blossom & Bloom Ginseng + Biotin Volumizing Shampoo

Tak hanya menambah volume rambut, produk yang mengandung jahe, ginseng, dan biotin ini juga dapat merangsang folikel rambut untuk tumbuh.

Selain itu, kandungan alami ini juga memperkuat akar ujung rambut, dan mencegahnya mudah patah.

Untungnya, Briogeo Blossom & Bloom Ginseng + Biotin Volumizing Shampoo ini bebas sulfat, sehingga aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

Mane ‘n Tail Original Horse Shampoo

Salah satu produk yang sempat populer ini dianggap dapat mempercepat penumbuhan rambut.

Diperkaya dengan protein yang eksklusif, membuatnya dapat membersihkan kulit kepala secara maksimal tanpa menghilangkan minyak alami di dalamnya.

Selain itu, rambut juga akan cepat tumbuh dan terasa lebih lembut dan berkilau.

Green Angelica Hair Nutrition Shampoo

Untukmu yang ingin menutrisi rambut hingga ke akarnya, cobalah menggunakan produk shampoo penumbuh rambut yang satu ini.

Soalnya Green Angelica Hair Nutrition Shampoo mengandung ekstrak daun ashitaba yang berfungsi untuk memperbaiki fungsi akar rambut dan merangsang tumbuhnya rambut baru.

Selain itu, berkat kandungan ekstrak apel di dalamnya, membuat produk ini dapat menjadikan rambut lebih kuat.

Pura d’or Hair Thinning Therapy Shampoo

Berkat ekstrak biotin, rumput laut merah, dan kandungan tanaman alami lainnya, menjadikan produk ini dapat menjadikan rambut terasa lebih sehat dan bernutrisi.

Untungnya, pembersih rambut ini juga mengandung vitamin dan tumbuhan untuk membantu mengurangi penipisan rambut. Sehingga rambutmu pun akan tampak lebih bervolume.

Eucalie Organic Hair Growth Treatment Shampoo

Sampo berbahan organik ini terbuat dari baobab peptides, shingony, rosemary, dan essential oil yang dapat menghaluskan sekaligus membantu menumbuhkan rambut.

Tidak berhenti sampai di situ, produk ini juga bisa mengurangi kerontokan dan memperkuat akar rambut.

Rated Green Real Grow Anti-Hair Loss Treatment Shampoo

Diformulasikan dengan 95% bahan alami, produk ini mampu mempercepat pertumbuhan folikel rambut.

Selain dapat membersihkan kotoran dan sebum secara menyeluruh, sampo ini mengandung cold-brewed rosemary juice organic dan micro lather yang dapat membuat rambut terlihat lebih tebal dan bervolume.

Moist Diane Moist & Shine Shampoo

Minyak argan yang ada di dalam produk ini dapat merawat rambut dan menjaga kelembapannya.

Selain itu, kandungan platinum keratin-nya juga memiliki peran untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membuatnya tetap berkilau.

Perawatan rambut dari Jepang ini pastinya tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, sehingga aman untuk digunakan secara rutin.

error: Konten dilindungi !!