Panduan Sebelum Memilih Dan Memakai Sex Toys

Foto: www.unsplash.com

Dari judulnya saja sudah bikin penasaran. Jadi, tanpa babibu lagi, mari mencari tahu dan menjadi pintar hari ini tentang pemilihan sex toys bagi perempuan.

Ini yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memilih Sex Toys

Menurut psikolog klinis seksual, Diana Mayorita, M.Psi, sebelum memutuskan untuk membeli sex toys, alangkah baiknya mencari banyak referensi terpercaya tentang jenis, bahan, cara penggunaan dan beserta fungsinya. Pasalnya, ada beberapa orang alergi pada bahan-bahan tertentu, “Seperti alergi pada silikon atau karet. Maka dari itu kenali apakah memiliki tubuh alergi pada jenis bahan tertentu,” Diana menyarankan.

Foto: www.freepik.com

“Hal ini juga menghindari agar tidak tergiur dengan harga sex toy yang murah. Pembelian sex toys kini lebih mudah didapatkan secara online, akan tetapi tetap berhati-hati dan lebih baik baca review-nya sebelum membeli,” tambahnya.

Dalam pembelian sex toys, Diana yang bekerja di Maragama Consulting ini berpesan jika sudah memiliki pasangan, sebaiknya berdiskusi dengan pasangan dalam pemilihan sex toys. Dan jika masih sendiri kenali titik rangsangan pada tubuh.

“Dengan mendiskusikannya maka pemilihan sex toy bisa disesuaikan dengan area mana saja yang ingin diberi stimulus tambahan. Selain itu bisa juga disesuaikan dengan ‘fetish’ yang dimiliki partner,” ungkapnya melalui pesan singkat. “Berbeda dengan yang masih single, keputusan dalam membeli sex toy lebih ditujukan pada eksplorasi pribadi agar bisa lebih mengenal titik rangsangan pada tubuh.”

Sebaiknya menanyakan hal ini pada siapa? “Disarankan bertanya pada sexpert, namun bila masih sulit menemukan orang yang tepat maka perbanyak membaca artikel yang membahas soal seluk beluk sex toys, dan pastikan sumbernya terpercaya,” Diana membeberkan.

Perempuan dan Sex Toys: Lumrahkah?

Foto: www.unsplash.com

“Saya setuju-setuju saja bila seorang perempuan memiliki keinginan untuk menggunakan sex toys, sebab itu bagian dari eksplorasi secara seksual dan merasa lebih intim dengan tubuh sendiri,” ujarnya.

Akan tetapi, menurutnya sebelum membeli dan menggunakan harus benar-benar paham dengan tubuh dan penggunaan dari alat tersebut.

“Namun yang perlu dipahami sebelum membeli dan menggunakan ialah perlu diimbangi pengetahuan tentang tubuh serta pemahaman soal fungsi dan tata cara pemakaian serta dampak yang ditimbulkan ketika keliru dalam penggunaanya,” ujarnya.

Terdapat beberapa manfaat sex toy bagi wanita. Salah satunya ialah, “Membantu dalam mencapai kepuasan seksual dalam waktu yang relatif cepat. Akan tetapi penggunaan sex toy tidak bisa menggantikan personal touch dan bounding dari seseorang yang kita cintai, sehingga kepuasan yang didapat hanya sementara,” imbuh Diana.

Pengaruh Sex Toys bagi Seseorang

Foto: www.freepik.com

Diana menyampaikan baik atau tidaknya tergantung cara pemakaian seseorang. “Baik/tidaknya dan berbahaya/tidaknya kembali lagi bagaimana cara pemakaiannya. Setiap orang memiliki kebutuhan, ‘fetish’ dan ‘kink’ yang berbeda-beda. Sehingga dalam pemilihannya tetap perlu disesuaikan dan tidak bisa hanya sekedar untuk coba-coba,” paparnya.

“Sebab salah membeli alat bisa berdampak pada kondisi kurang nyaman pada organ intim,” cetusnya melengkapi. “Misalnya sex toys yang menggunakan listrik yang biasa dipakai oleh mereka yang sudah pada level advance, jika digunakan oleh pemula maka akan menyebabkan rasa nyeri yang tidak nyaman.”

Begini Cara Penggunaan yang Tepat

Foto: www.unsplash.com

Psikolog ini mengatakan sebaiknya gunakan sex toys untuk variasi dan mendapatkan sensasi-sensasi baru dalam aktivitas seksual. Dan harus mengontrol diri dalam penggunaannya.

“Penting sekali memiliki kontrol diri yang baik agar tidak mengalami ketergantungan pada sex toys. Bagi yang sudah memiliki pasangan disarankan digunakan bersama pasangan atau jika memang sedang kondisi berjauhan dilakukan atas persetujuan bersama,” sambungnya menambahkan. “Karena fungsi sex toys tidak bisa full menggantikan peran seseorang dalam aktivitas seksual.”

Selain itu, “wanita juga harus berhati-hati dengan persepsi bahwa penggunaan sex toys itu karena tidak bisa terpuaskan oleh pasangan. Maka alangkah baiknya diskusikan secara matang dengan pasangan,” saran Diana mengakhiri.

Selain hal di atas, menurut Diana hal super penting lain yaitu untuk menjaga kebersihan alat sebelum menggunakan dan mengetahui cara pemakaiannya. “Selalu jaga kebersihan sebelum menggunakan dan pahami cara serta fungsinya dengan baik,” papar Diana. “Sex toys akan bermanfaat ketika digunakan untuk mengeksplorasi bagian-bagian tubuh agar menjadi lebih mengenal sisi-sisi sensitif pada tubuh.”

Hal ini penting, “sebab semakin mengenal area tubuh maka berdampak pula pada semakin mudahnya dapat mencapai kepuasan secara seksual.“

Ingat baik-baik ya, panduan ini. Dan jangan lupa lakukan ini setelah berhubungan intim demi kesehatan.

podcast button