5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 30 Desember 2019

selamat menyambut tahun baru
Foto: www.canva.com

Hei, apa kabar? Sudah mau berganti tahun dan dekade, nih—siapa menurutmu yang paling heboh dari dekade ini? LIMONE akan bilang: Ed Sheeran. Uh-uh, pria ini ada di mana-mana radio, televisi, dan bahkan produksi kolosal Game of Thrones dan Star Wars: The Rise of Skywalker. Dan baru-baru ini, dia mengatakan bahwa akan “istirahat sejenak”! Ah, LIMONE ini juga ingin melakukannya! Bedanya, jika Ed akan break selama 18 bulan, Morning Briefing akan break dua hari. Yep, dengan kata lain ini adalah Morning Briefing terakhir untuk tahun ini, dan kami akan kembali lagi tanggal 2 Januari 2020! Jadi, selamat menyambut tahun baru dan nikmati lima berita di bawah ini.

Pemerintah membatalkan kenaikan tarif listrik.

Pelanggan listrik golongan 900 Volt Ampere (VA) bagi Rumah Tangga Mampu (RTM) tidak akan dikenakan penyesuaian harga pada 1 Januari 2020. Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan stabilitas ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat. Kendati dibatalkan, tidak akan ada tambahan subsisi listrik sehingga tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020. Agar lebih efektif dan hemat, Menteri ESDM Arifin mendorong PLN mengurangi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada pembangkit listriknya. Baca berita lengkapnya di sini.

Gunung Anak Krakatau mengeluarkan letusan Minggu pagi.

Letusan setinggi 200m tersebut tertangkap CCTV yang berada di gunung yang kini hanya setinggi 157 meter di atas permukaan laut tersebut. Pihak penanggung jawab pos pantau mengatakan status Gunung Anak Krakatau saat ini masih Level Waspada (level II). Meski ini masih termasuk dalam letusan “biasa”, warga, nelayan ataupun wisatawan tetap dilarang mendekati kawah dalam radius 2 kilometer dari kawah. Baca berita lengkapnya di sini.

Ribuan warga harus dievakuasi di Victoria, Australia.

Akibat kebakaran lahan dan temperatur yang mencapai 40C, puluhan ribu warga dan wisatawan di Victoria, Australia diminta untuk mengungsi. Pihak otoritas setempat menghimbau warga untuk meninggalkan area tersebut paling lama Senin, pukul 10 pagi. Kebakaran lahan dan hutan melanda berbagai pelosok daerah di Australia, dengan kondisi terparah terjadi di Sydney, New South Wales. Sabtu lalu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan para sukarelawan pemadam kebakaran di New South Wales akan mendapatkan kompensasi atas kerja keras mereka. Kebakaran hutan ini telah menghancurkan 4 juta hektar di lima negara bagian sejak September dan tercatat menelan delapan korban jiwa. Baca berita lengkapnya di sini.

Japan Airlines akan membagikan 50 ribu tiket gratis kepada turis internasional selama Tokyo Olympics 2020.

Yeaaay! Tiket ini berlaku untuk penerbangan domestik sekitar Jepang dalam rangka mendorong pelancong untuk melihat bagian lain negara tersebut. Program ini berlangsung dari Juli sampai September tahun depan dan aplikasi pendaftaran dibuka Februari mendatang. Pada periode tersebut akomodasi akan terbatas di Tokyo sehingga Japan Airlines berharap program ini bisa mengurangi jumlah turis menetap di ibukota. Baca berita lengkapnya di sini.

Cats dicabut dari daftar Oscar 2020.

Universal dikabarkan mencabut film yang dibintangi Taylor Swift, Idris Elba, Judi Dench itu dari daftar FCY (“for your consideration“) . Tak lama setelah dirilis, film ini memang mendapat banyak kritik negatif dari berbagai kritikus dan masyarakat pecinta film. Menanggapi reaksi tersebut, baru-baru ini Universal mengatakan bahwa sebuah versi terbaru film itu akan dikirimkan ke bioskop. Mereka menjanjikan bahwa cetakan terbaru tersebut akan memasukkan “efek visual yang sudah diperbaiki”. Sampai saat ini, film Universal yang termasuk dalam laman FYC adalah “Us,” “1917,” “Queen & Slim,” “How to Train Your Dragon: The Hidden World,” “Abominable” dan “The Secret Life of Pets 2.” Baca berita lengkapnya di sini.

Selamat menyambut tahun baru dan ini inspirasi gaun pengantin jika kamu akan menikah tahun depan. Sementara itu, warna-warna ini diprediksi akan mendominasi 2020.

podcast button