8 Manfaat Sayuran Kol Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

sayuran kol
Foto: www.freepik.com

Memiliki bentuk yang bulat, kol mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu temui di dapur. Sayuran yang memiliki nama lain kubis ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Mulai dari serat, vitamin, hingga mineral, sayuran kol dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga kamu bisa menambahkannya dengan mudah ke dalam hidangan

Kandungan Sayuran Kol

sayuran kol
Foto: www.unsplash.com

Walau kol memiliki kadar kalori yang rendah, namun sayuran ini memiliki nutrisi yang cukup mengesankan. Sebab, dalam satu cangkir atau setara dengan 89 gram kubis hijau mengandung:

  • Kalori: 22
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Kandungan vitamin K: 67 mcg
  • Vitamin C: 32 mg
  • Vitamin B6: 9.1 mg
  • Kalsium: 35 mg

Selain itu, sayuran kubis ini juga memiliki sejumlah mikronutrien kecil lainnya termasuk vitamin A, zat besi, dan riboflavin. Bekat banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, membuat kol memiliki peran penting yang dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Sayuran Kol

Foto: www.canva.com

Berikut delapan khasiat kol yang baik untuk tubuh.

Mengatasi peradangan

Ternyata, respons tubuh terhadap peradangan juga bisa menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi dalam melindungi diri dari infeksi atau mempercepat penyembuhan luka. Peradangan yang kronis dalam jangka waktu yang lama juga sering kali dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk jantung, rheumatoid arthritis, dan penyakit radang usus.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang melibatkan lebih dari 1000 wanita, yang menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran ini dalam jumlah yang tinggi ternyata dapat menurunkan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Hal ini kemungkinan disebabkan karena kandungan antioksidan sulforaphane, kaempferol, dan antioksidan lain yang bertanggung jawab atas efek anti-inflamasi dalam sayuran kol.

Mengandung vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis nutrisi yang mudah larut dalam air, namun memiliki banyak peran penting. Salah satunya adalah dibutuhkan untuk membuat kolagen, protein yang paling banyak berada di tubuh.

Nantinya kolagen dapat memberikan stuktur dan fleksibilitas pada kulit. Serta membantu memaksimalkan fungsi dari tulang, otot, dan pembuluh darah.

Tak hanya itu, vitamin C atau yang dikenal sebagai asam askorbat juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Perlu diingat bahwa radikal bebas yang berlebihan telah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis, termasuk kanker.

Menurut sebuah studi, meningkatkan asupan vitamin C sebesari 100 mg per hari dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sebesar 7%. Sementara pada penelitian lain menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dapat secara terkontrol menurunkan risiko kanker tertentu, namun hasilnya belum konsisten.

Membantu meningkatkan pencernaan

Sayuran kol ternyata kaya akan serat tidak larut yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Nantinya jenis serat yang satu ini dapat membuatmu bisa buang air besar secara teratur.

Selain itu, nutrisi tersebut juga telah terbukti dapat meningkatkan jumah bakteri menguntungkan yang ada di usus. Hal ini disebabkan karena serat merupakan sumber bahan bakar utama untuk bakteri ramah seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli.

Nantinya, bakteri ini dapat melindungi sistem kekebalan dan menghasilkan nutrisi penting seperti vitamin K2 dan B12. Sehingga, maka lebih banyak kubis merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan bahagia.

Menjaga kesehatan jantung

Kubis merah juga mengandung senyawa kuat yang disebut dengan antosianin, sehingga dapat memberikan warna ungu pada sayuran kol. Antosianin ini merupakan pigmen tumbuhan yang termasuk ke dalam keluarga flavonoid.

Menurut studi, makanan yang kaya akan pigmen ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian yang melibatkan 93.600 wanita menyatakan bahwa mereka yang memiliki asupan makanan yang kaya akan antosianin memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami serangan jantung.

Selain itu, studi lain telah membuktikan bahwa meningkatkan asupan antosianin juga dapat mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit arteri koroner.

Mampu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu faktor risiko utama yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Kandungan kalium yang ada di dalam sayuran kol ternyata dapat membantu tubuh untuk mengatur tekanan darah. Nantinya nutrisi tersebut juga dapat membantu mengeluarkan kelebihan natrium dan menurunkan tekanan darah.

Menurunkan kadar kolesterol

Memiliki kolesterol yang tinggi ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Apalagi jika terjadinya peningkatan kadar kolesterol LDL (jahat). Untungnya, sayuran kol mengandung zat yang telah terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol LD jahat, yakni serat larut. Nutrisi ini mampu mengikat kolesterol dalam usus dan menjaganya agar tidak terserap ke dalam darah.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang makan 2-10 gram serat laut per hari dapat mengalami sedikit penurunan kadar kolesterol LDL sekitar 2,2 mg per desiliter.

Sumber vitamin K yang baik

Vitamin K merupakan sekelompok nutrisi yang larut dalam lemak dan memiliki berbagai peran penting dalam tubuh. Jenis vitamin ini terbagi dalam dua kelompok utama, yaitu vitamin K1 atau phylloquinone yang ditemukan dalam tanaman, dan vitamin K2 (menaquinone) yang bersumber dari hewani.

Dan sayur kol termasuk ke dalam sumber vitamin K1 yang luar biasa, yang memberikan 85% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Nantinya, nutrisi yang satu ini dapat bertanggung jawab untuk pembekuan darah. Sebab, tanpa vitamin K, maka darah akan kehilangan kemampuannya untuk menggumpal dengan baik, sehingga meningkatkan risiko perdarahan yang berlebihan.

Mudah dikonsumsi

Selain super sehat, kubis juga memiliki rasa yang nikmat. Tidak hanya itu, sayuran ini juga bisa dimakan secara langsung dalam keadaan mentah, atau dimasak dan ditambahkan ke dalam berbagai hidangan, mulai dari salad, sup, atau semur.

Kesimpulan

Foto: www.canva.com

Kol merupakan sayuran yang sangat sehat, sebab di dalamnya terdapat nutrisi luar biasa yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menurunkan beberapa risiko penyakit tertentu, ternyata kubis juga dapat memperbaiki masalah pencernaan. Untuk itu, kamu bisa menambahkan sayuran ini ke dalam menu hidangan secara rutin.