Mengonsumsi 4 Sayur Ini Penting Kesehatan Jantung, Kata Studi Baru

sayuran cruciferous
Foto: www.stocksy.com

Ada banyak cara menjaga kesehatan jantungmu (seperti melakukan peregangan ini, masak dengan minyak ini), dan salah satu yang terpenting adalah isi piring. Dan sebuah studi menyebutkan sejumlah sayuran yang super penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kata kunci: sayuran cruciferous.

Apa yang Ditemukan oleh Penelitian Ini?

Diterbitkan di British Journal of Nutrition, studi ini menemukan manfaat mengonsumi banyak sayuran cruciferous. Terkhusus brokoli, Brussel sprout, kembang kol dan kol. Yakni, bisa mencegah penyakit pembuluh darah serius pada perempuan yang lebih tua. Kok bisa? Sayuran ini melakukannya dengan mencegah penumpukan kalsium di dalam pembuluh darah, sehingga aliran darah lebih lancar.

Oh, penumpukan kalsium ini juga salah satu penyebab serangan jantung dan stroke. Jadi, meminimalisirnya juga bisa mengurangi risiko kedua hal tersebut terjadi pada perempuan yang lebih tua.

“Di studi-studi kami sebelumnya, kami mengidentifikasi mereka yang sering mengonsumsi sayuran ini mengalami penurunan risiko kejadian penyakit kardiovaskular penyakit, seperti serangan jantung atau stroke, tapi kami tidak tahu alasannya. Penemuan dari studi baru ini memberikan wawasan tentang mekanisme yang mungkin terjadi,” kata Lauren Blekkenhorst, PhD, pemimpin penelitian, dalam sebuah rilisan pers.

“Kami sekarang menemukan bahwa perempuan lebih tua yang mengonsumsi lebih banyak sayuran cruciferous memiliki peluang lebih rendah mengalami kalsifikasi ekstensif di aorta mereka.”

Dan hal tersebut adalah berkat vitamin yang terkandung di dalamnya, salah satunya vitamin K. Dan ini, “sepertinya menghalangi proses kalsifikasi [pengapuran] yang terjadi di pembuluh darah,” kata Blekkenhorst.

Seberapa Sering Direkomendasikan Mengonsumsi Sayuran Cruciferous?

Berita baiknya: kamu tidak perlu makan brokoli, kol, kembang kol dan Brussel sprout secara berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya.

Menurut Blekkenhorst, mereka yang makan lebih dari 1/4 gelas brokoli kukus atau 1/2 gelas kol mentah dalam satu hari mengalami penurunan risiko penumpukan kalsium. Dan angkanya bisa mencapai 46%, dibandingkan mereka yang tidak atau kurang mengonsumsi sayuran cruciferous.

Eits: “Ini bukan berarti sayuran yang kita makan hanya brokoloi, kol dan Brussel sprout,” katanya. “Kita harus mengonsumsi berbagai jenis sayuran setiap hari untuk kesehatan yang lebih menyeluruh.”

Selanjutnya: Makanan ini bisa mengurangi stres.