Memiliki Rasa yang Unik, Ini 5 Manfaat Sarsaparilla Bagi Kesehatan

Sarsaparilla
Foto: www.freepik.com

Kebanyakan orang mungkin telah sering menikmati sarsaparilla sebagai minuman ringan. Meski memiliki rasa yang unik, namun ternyata tanaman yang satu ini memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Jika kamu sering mengonsumsinya dan penasaran terhadap manfaat baiknya, maka baca artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya. 

Apa Itu Sarsaparilla?

Sarsaparilla
Foto: www.freepik.com

Sering dinikmati sebagai minuman ringan, sarsaparilla atau yang dikenal sebagai Smilax Glabra Rhizome (SGR) merupakan tanaman tropis yang berasal dari Amerika Selatan, Meksiko, dan Jamaika. Karena itu, biasanya sebagian orang menyebut sarsaparilla dengan nama negara tempat ditemukannya, misalnya sarsaparilla Meksiko.

Akar dari tanaman tropis ini juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan alternatif. Hal ini telah digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan masalah kulit seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis.

Apa Manfaat Sarsaparilla?

Foto: www.canva.com

Sarsaparilla mengandung bahan kimia, namun tanaman ini tetap dianggap memiliki efek yang menguntungkan pada tubuh manusia. Bahan kimia ini dikenal sebagai saponin yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan gatal-gatal pada kulit dengan membunuh bakteri.

Mengobati psoriasis

Psoriasis merupakan peradangan kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, bersisik, dan mudah mudah terkelupas. Untungnya, akar dari tanaman tropis tersebut dapat mengobati penyakit yang satu ini. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa sarsaparilla dapat memperbaiki gangguan kulit yang disebabkan oleh psoriasis.

Para peneliti berpikir bahwa salah satu kandungan utama yang ada pada tanaman ini, sarsaponin, mampu mengikat endotoksin yang bertanggung jawab atas jaringan abnormal pada psoriasis dan mengeluarkannya dari tubuh.

Studi lain mengungkapkan bahwa akar smilax glabra rhizome yang dikombinasikan dengan kunyit dan vitamin D3 bisa menjadi alternatif alami untuk pengobatan penyakit yang satu ini.

Anti-kanker

Sebuah studi baru-baru ini telah menunjukkan bahwa sarsaparilla memiliki sifat antikanker. Dalam sebuah penelitian, ekstrak tanaman tropis ini dapat menghambat migrasi dan invasi sel kanker. Secara kolektif, para peneliti mengungkapkan bahwa fungsi anti-tumor baru sarsaparilla ini mampu menangkal invasi sel kanker dengan menghambatnya.

Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa tanaman ini dapat memberikan efek penghambatan pertumbuhan pada beberapa sel kanker. Selain itu, kandungan saponin yang ada di dalam tanaman ini juga dapat membantu melawan sel kanker.

Melawan bakteri sifilis

Ternyata, tanaman tropis ini juga telah menunjukkan aktivitas melawan bakteri berbahaya yang telah menyerang tubuh. Meski tidak bisa bekerja sebaik antibiotik dan antijamur modern, namun sarsaparilla telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati penyakit utama seperti sifilis. Penyakit seksual yang menular ini, disebabkan oleh bakteri.

Mengobati radang sendi

Sarsaparilla Jamaika juga ternyata merupakan sumber anti-inflamasi yang kuat. Berkat hal ini. tanaman tropis tersebut berguna untuk mengobati kondisi peradangan seperti nyeri sendi. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah yang menunjukkan aktivitas dari ekstrak sarsaparilla yang memiliki aktivitas anti-inflamasi dan analgesik yang signifikan.

Mengandung antioksidan

Radikal bebas yang berasal dari sinar matahari juga dapat mengganggu kesehatan tubuh, sehingga bisa menyebabkan stres oksidatif. Menariknya, ternyata sarsaparilla mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu menghambat kerusakan oksidatif dan faktor penuaan dini.  

Hal ini telah didukung secara penelitian dengan membuktikan bahwa ekstrak dari tanaman ini dapat memberikan perlindungan antioksidan langsung dalam jaringan yang terkena stres oksidatif. Salah satu contohnya adalah dengan meminum teh yang mengandung smilax dapat mengurangi kerusakan oksidatif di saluran pencernaan.

Adakah Efek Samping dari Tanaman Ini?

Foto: www.pexels.com

Sebenarnya, belum ada efek samping yang diketahui dari mengonsumsi buah yang berwarna merah ini. Akan tetapi terlalu banyak mengonsumsi saponin juga dapat menyebabkan iritasi lambung. Namun jika kamu masih ragu untuk menggunakan tanaman ini, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar menghindari efek samping yang terjadi.

Sejatinya, sarsaparilla mudah ditemukan di pasaran, baik itu dicampurkan ke dalam minuman atau suplemen. Namun kamu perlu berhati-hati ketika mengonsumsinya karena masih banyak suplemen yang mengaku memiliki kandungan tanaman tropis ini, namun nyatanya tidak.

Selain itu, belum ada penelitian lebih lanjut terkait keamanan buah yang satu ini untuk dikonsumsi oleh ibu hamil maupun menyusui. Sehingga, sebaiknya hindari mengonsumsi sarsaparilla kecuali jika disarankan oleh dokter kandungan.

Kesimpulan

Sarsaparilla
Foto: www.canva.com

Akar dari tanaman sarsaparilla telah terbukti memiliki efek antikanker, anti-inflamasi, penyembuhan radang sendi, dan lainnya. Meski tanaman ini dianggap aman untuk kebanyakan orang, namun kamu tetap perlu waspada karena khawatir menemukan produk palsu.

Jika kamu berniat untuk mengonsumsi suplemen sarsaparilla, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Meski terbukti secara imliah dapat bermanfaat, namun mungkin saja tanaman ini bukan menjadi pengobatan yang paling efektif untuk kondisi yang sedang dialami olehmu.