Ingin Terlihat Lebih Tinggi Tapi Kaki Nyaman? Miliki Sandal Wedges

sandal wedges
Foto: www.pexels.com

Rasanya sudah bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa sepatu heels bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan kaki. Meski dapat membuat kakimu terlihat jenjang dan elegan, namun sebisa mungkin kamu perlu mengurangi penggunaan sepatu hak tinggi yang satu ini. Jalan tengahnya agar tinggi badan bertambah dan tetap nyaman plus modis? Sandal wedges.

Sandal dengan hak tinggi ini mampu mengurangi efek tegang dan kaku pada otot betis, karena memiliki hak yang rata mulai dari ujung jari hingga tumit. Ketika dibandingkan dengan high heels yang runcing, sandal wegdes cenderung lebih nyaman dan stabil karena mampu mendistribusikan berat badan secara seimbang.

Jenis-jenis Sandal Wedges

Foto: www.unsplash.com

Terdapat beberapa jenis sandal wedges yang wajib kamu ketahui.

Open toe wedges

Sandal wedges yang satu ini memiliki ujung yang terbuka. Biasanya model ini memiliki tumit yang tertutup dan bagian jari kaki yang terlihat. Tentunya open toe wedges lebih mudah untuk digunakan karena memiliki model slip on. Jika kamu menggunakan cat kuku pada jari kaki, maka langkah yang paling tepat untuk memamerkannya adalah dengan menggunakan jenis wedges yang satu ini.

Sandal hak tinggi ini bisa kamu gunakan untuk pergi ke kantor atau pun ketika harus menghadiri acara formal.

Ankle strap wedges

Ankle strap wedges dilengkapi dengan tali pengancing di bagian pergelangan kaki. Hal ini dapat membantu kakimu berada di tempatnya dan akan membuatmu merasa lebih aman dan nyaman. Biasanya bagian depan dari sandal tinggi ini lebih beragam, mulai dari round toe, open toe, atau pointy toe.   

T-strap wedges

Sesuai dengan namanya, jenis wedges yang satu ini memiliki tali yang berbentuk huruf T yang berfungsi untuk mengikat sepatu dengan kakimu. Dengan buckle yang terdapat pada area pergelangan kaki, tentunya sandal yang satu ini dapat akan memastikan alas kaki yang kamu gunakan tidak mudah lepas. Biasanya, t-strap wedges akan hadir dengan model cut out dan open toe.

Espadrilles wedges

Terbuat dari bahan jerami yang dianyam dengan tambahan aksen tali yang ada di bagian pergelangan kaki, sandal wedges ini akan cocok digunakan untuk menghadiri acara-acara outdoor dengan penampilan yang kasual.

Sneakers wedges

Jika kamu masih tidak rela melepaskan sepatu sneakers namun ingin tampil lebih jenjang, maka kini saatnya menggunakan sneakers wedges. Biasanya item ini akan sangat cocok digunakan ketika kamu ingin tampil dengan gaya sporty.

Loafers wedges

Terinspirasi dari gaya menswear, loafers wedges pun menjadi cukup populer digunakan karena memiliki ciri khas ikatan tali rumbai yang menempel pada bagian punggung kaki depan.

Oxford wedges

Meski klasik, namun oxford wedges masih banyak diminati hingga saat ini. Model sepatu yang juga terinspirasi dari menswear ini memiliki ciri khas berupa punched-out yang terdapat pada permukaan kulit sepatu. Hal tersebut tentunya menjadikan jenis sepatu ini sangat menarik untuk digunakan.

Cara Memilih Sandal Wedges

sandal wedges
Foto: www.unsplash.com

Berikut cara memilih sandal wedges.

Pilih model terbuka untuk tampil kasual

Terdapat beragam sepatu wedges dengan model terbuka yang akan memperlihatkan telapak kakimu. Biasanya, jenis ini akan cocok digunakan untuk tampilan yang lebih kasual. Sandal wedges ini akan sangat pas untuk dipadukan dengan gaun atau rok jeans agar terkesan lebih chic.

Gunakan model tertutup untuk lebih formal

Pada dasarnya, wedges dengan model tertutup tidak akan memperlihatkan jari kaki, sehingga jenis ini akan sangat pas untuk digunakan ketika ingin menghadiri acara formal. Apalagi jika kamu kurang percaya diri dengan kondisi jari kaki atau tumit, maka model ini adalah pilihan yang cocok.

Sesuaikan dengan bentuk kaki

Untuk membuatmu tampil elegan dan lebih jenjang, maka kamu perlu menyesuaikan wedges dengan bentuk pergelangan dan ukuran kaki. Ketika kamu memiliki bentuk kaki yang agak gemuk, maka tidak disarankan untuk memilih ankle strap wedges. Pasalnya sandal tersebut akan membuat kakimu terlihat semakin berisi.

Sementara untuk kaki yang ramping, jangan gunakan sepatu dengan sol yang terlalu tebal. Karena hal tersebut akan membuat pergelangan kaki yang kurus akan terkesan lebih kurus lagi.

Pilih berdasarkan warna

Jangan pernah lupakan bahwa warna merupakan poin penting ketika kamu sedang memilih sepatu wedges. Pastikan kamu memilih sepatu yang kira-kira akan sesuai dengan beberapa pakaian, karena hal ini akan memudahkanmu ketika mix and match.

Jika ingin tampil aman, maka pilihlah warna netral seperti hitam, cokelat, atau nude. Sementara untukmu yang senang dengan warna cerah nan mencolok, maka cobalah untuk menggunakan warna merah, kuning, oranye.

Sesuaikan tinggi dan ukuran

Karena memiliki tinggi yang beragam, mulai dari empat senti hingga belasan sentimeter, maka kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan serta kenyamanan kakimu. Sandal wedges dengan sol yang tidak terlalu tinggi dapat kamu gunakan untuk menghadiri acara formal.

Namun ketika anggun dan cantik, maka cobalah untuk memilih wedges dengan tinggi 7 hingga 10cm. Akan tetapi pilihlah jenis sol yang tinggi ketika kamu tidak perlu berjalan terlalu banyak.

Perhatikan bahannya

Tentunya bahan sepatu yang digunakan akan berbeda-beda, baik itu pada sneakers atau wedges. Untuk itu, pastikan kamu memilih bahan sepatu yang tepat dan nyaman ketika digunakan. Biasanya wedges akan terbuat dari bahan kulit asli, suede, atau kulit sintetis. Kamu hanya perlu menyesuaikan pemilihan bahan dengan kebutuhan dan selera.

Produk Rekomendasi

Berikut x rekomendasi sandal wedges yang bisa kamu pilih.

Charles & Keith T-Bar Flatform Sandals

sandal wedges

Sandal platform dengan tali berwarna kuning mustard ini dilengkapi dengan ankle strap yang bisa disesuaikan dengan ukuran pergelangan kaki. Karena memiliki sol setinggi 3,5 cm, tentunya wedges ini akan sangat cocok dipadukan dengan rok jeans pendek untuk hangout di akhir pekan.

Melissa Papete Platform + Rider II Ad

Ketika kamu ingin tampil dengan menonjolkan keindahan kaki, maka jangan lupa gunakan  Melissa Papete Platform + Rider II Ad. Pasalnya, sandal ini dilengkapi dengan glitter strap yang feminin dan chic. Sehingga kamu bisa terkesan elegan dan anggun, serta cobalah untuk memasangkannya dengan skinny jeans yang bagian bawahnya dilipat atau padukan dengan jumpsuit kesayanganmu.

Zara Sepatu Jute Vinil

sandal wedges

Dengan sol yang terbuat dari anyaman, serta dilengkapi dengan leher sandal yang berwarna transparan menjadikan sandal wedges ini memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi dengan hak setinggi 9,5 cm, tentunya akan sangat cocok untuk dipadukan dengan jaket denim oversize yang akan membuatmu terlihat keren.

Mango Wedge Strips Sandals

sandal wedges

Wedges yang satu ini akan membuatmu tampil dengan kesan bohemian yang chic. Terlebih dengan pemilihan warna beige dan tali yang akan menghiasi betismu. Model sepatu round toe ini memiliki upper dan insole yang dirancang dengan bahan katun, serta bagian sol luar yang terbuat dari karet. Jangan lupa padukan dengan celana pendek atau gaun pendek.