8 Rekomendasi Sandal Jepit yang Cantik dan Nyaman Digunakan

sandal jepit
Foto: www.unsplash.com

Baik musim hujan atau musim panas, rasanya penggunaan sandal jepit akan tetapi digemari oleh kebanyakan orang. Pasalnya, alas kaki yang mudah untuk dikenakan ini memiliki berbagai variasi warna dan model, sehingga akan menarik perhatian.

Namun ternyata, kamu juga perlu berhati-hati ketika menggunakan sandal jepit. Karena ternyata alas kaki yang satu ini dapat membahayakan kesehatan kakimu. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena LIMONE  telah merangkum cara menggunakan dan memilih sandal yang aman dan nyaman.

Mengapa Sandal Jepit Berbahaya?

Foto: www.unsplash.com

Karena praktis dan bisa dipakai untuk menghindari penggunaan high heels, sandal jepit pun menjadi alas kaki yang dipilih oleh kebanyakan orang. Apalagi kini telah hadir dengan berbagai warna dan model. Namun ternyata, alas kaki yang satu ini juga dapat berbahaya bagi kesehatan kaki.

Dengan bentuk alas yang cenderung rata dan tidak memiliki bantalan pada tumit, hal ini dapat membuat kaki harus berusaha untuk membuat gerakan mencengkram agar sandal tetap pada tempatnya. Selain itu, bagian tumit juga akan terangkat bebas dan ibu jari akan bekerja lebih keras untuk memegang sandal supaya tidak terlepas.

Sehingga membuat plantar facia atau jaringan ikat yang melapisi telapak kaki akan meregang. Dan jika terjadi secara terus-menerus maka akan menyebabkan kaki menjadi lelah dan nyeri. Berikut cara menggunakan sandal yang aman:

  • Memiliki tali pada bagian belakang.
  • Pastikan ada bantalan sol yang tebal.
  • Dapat melindungi dari benturan.
  • Sol tumit yang cukup dalam.
  • Hindari alas kaki yang mudah menekuk ke belakang..
  • Perhatikan bahan alas kaki, pilihlah bahan kulit yang lembut
  • Ganti sandal jepit setiap tiga bulan sekali, terutama jika telah muncul retakan pada bagian telapak.
  • Hindari menggunakan sandal dalam keadaan basah dan penggunaan yang lama.

Cara Memilih Sandal Jepit yang Nyaman

Foto: www.unsplash.com

Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, maka berikut cara memilih sandal jepit yang aman dan nyaman

Pastikan ukurannya sesuai

Ketika pertama kali memilih sandal jepit, maka kamu perlu memastikan bahwa ukuran kakimu sesuai dengan produk yang akan dibeli. Hindari menggunakan sandal yang berukuran terlalu kecil atau terlalu besar.

Ketika kamu memakai sandal yang terlalu besar, maka hal ini dapat berisiko membuatmu mudah untuk tersandung. Sementara alas kaki yang terlalu kecil bisa membuatmu mengalami perubahan bentuk pada kaki, serta berisiko mengalami kaki yang lecet atau terluka.

Pilih bahan yang nyaman

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kenyamanan saat mengenakan sandal jepit adalah bahan yang digunakan. Terdapat tiga jenis bahan yang sering dipakai untuk membuat alas kaki yang satu ini, mulai dari karet, EVA (ethylene vinyl acetate), dan kulit.

Sandal yang dibuat dari bahan karet atau rubber cenderung lebih elastis sehingga cocok digunakan untukmu yang bergerak aktif. Karakteristik dari bahan yang satu ini juga mudah kering ketika terkena air, sehingga mencegahmu untuk tergelincir dan sangat mudah untuk dibersihkan.

Hampir mirip dengan bahan rubber, EVA memiliki karakteristik yang ringan, fleksibel, dan tahan terhadap air. Biasanya bahan sandal yang satu ini banyak digemari terutama bagi mereka yang senang melakukan aktivitas outdoor.

Leather atau kulit menjadi bahan sandal yang paling aman untuk digunakan karena memiliki tekstur lembut dan tahan lama. Apalagi ketika kamu memilih jenis kulit asli yang memiliki kualitas tinggi.

Sesuaikan dengan kegiatan

Menyesuaikan sandal jepit dengan kegiatan yang akan dilakukan merupakan hal paling penting yang tidak boleh terlewatkan. Kamu juga bisa memadukannya dengan pakaian serta suasana, sehingga penampilanmu akan terasa lebih menarik dan elegan.

Untukmu yang ingin tampil glamor meski menggunakan sandal, maka cobalah memilih alas kaki yang dilengkapi dengan detail-detail mewah. Seperti taburan manik-manik dengan efek kilau yang akan membuatmu tampak lebih berkelas.

Namun jika kamu membutuhkan sandal untuk hang out bersama teman, maka pilihlah model sandal jepit dengan strap tambahan. Pasalnya tali pada bagian belakang dapat membuat kakimu tetap aman selama menggunakan sandal.

Jika kamu ingin keluar rumah dengan jangka waktu sebentar, maka alas kaki minimalis merupakan pilihan yang tepat. Pilih sandal polos atau bermotif agar tidak terkesan membosankan.

Beri jeda

Meski sandal jepit terlihat menarik dan paling pas untuk dipilih ketika ingin bergaya santai, namun kamu perlu memberi jeda untuk menggunakan alas kaki yang satu ini. Pasalnya, penggunaan sandal jepit yang terlalu lama dan terlalu sering dapat menimbulkan masalah pada kaki.

Untuk itu, kamu bisa menggunakannya secara bergantian dengan sepatu. Apalagi jika kamu akan melakukan perjalanan yang memakan banyak waktu, maka disarankan untuk tidak menggunakan sandal jepit karena dapat berisiko membuat kakimu menjadi terkilir.

Terlalu sering menggunakan sandal jepit juga berisiko membuat kaki mudah untuk terkena jamur. Hal ini disebabkan karena kaki tidak terlindungi secara menyeluruh, sehingga kotoran seperti debu, genangan air, tanah, dan sebagainya dapat menempel pada kaki. Paparan sinar matahari juga bisa membuat kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

Rekomendasi Produk

Zara Sandal Rata Setik Balik Ujung Persegi

sandal jepit

Sandal jenis ini memiliki bentuk yang rata dengan sol setinggi 0,7 cm, sehingga sangat cocok digunakan ketika kamu sedang menghindari penggunaan high heels. Dengan tambahan pita dan detail jahitan yang menarik, serta warnanya yang netral, membuatmu menjadi mudah untuk memadukannya dengan pakaian yang akan digunakan.

Crocs Crocband Flip Unisex Sandal

Dengan model sporty dan ringan, sandal ini merupakan pilihan yang pas untuk dikenakan ketika kamu ingin menampilkan gaya yang santai. Alas kaki ini terbuat dari bahan croslite yang mudah dibersihkan sehingga cocok dipakai ke pantai. Menariknya, sandal jepit ini tahan terhadap air dan memiliki bantalan yang ringan, sehingga kamu dapat bebas melangkah dengan nyaman.

Havaianas Luna 5282

sandal jepit

Sandal berkualitas tinggi ini memiliki tali tambahan yang dapat melindungi bagian kaki belakangmu. Dengan outsole dan insole yang terbuat dari bahan karet, maka hal ini dapat membuat kakimu terasa nyaman meski harus digunakan untuk beraktivitas. Namun pastikan kamu tidak menggunakannya seharian penuh untuk menjaga kesehatan kaki.

Mango Platform Quilted Sandals

Sandal jepit ini memiliki tali yang berlapis besar dengan outsole yang terbuat dari karet. Dengan bantalannya yang empuk dan bagian atas yang terbuat dari poliamida, menjadikanmu dapat dengan nyaman ketika berjalan.

New Balance 24 Sandals

sandal jepit

Ingin tampil santai namun tetap mengedepankan gaya? Cobalah untuk menggunakan sandal yang satu ini. Sandal jepit dengan dua warna ini akan memuat penampilan kakimu terlihat lebih menarik. Dengan lengkungan yang akan membuat kaki terasa nyaman, hal ini dapat menjadikanmu merasa aman ketika melangkahkan kaki.

Zara Sandal Datar Berlapis

sandal jepit

Jika kamu sedang mencari sandal yang empuk yang bertujuan untuk membuat telapak kaki terasa nyaman, maka cobalah menggunakan alas kaki yang satu ini. Pasalnya, sandal jepit ini memiliki lapisan luar dan tali yang sangat empuk. Dengan sol setinggi 1,2 cm dan warna yang netral, maka penampilanmu pun akan terkesan santai namun tetap elegan.

Havaianas Slim Harry Potter 1440 Red

Penggemar serial Harry Potter rasanya jangan sampai ketinggalan untuk menggunakan produk yang satu ini. Sandal jepit ini memiliki desain yang akan mengobati rasa rindumu pada sekolah sihir. Dirancang dengan bahan karet berkualitas tinggi, kamu bisa dengan berjalan dengan nyaman ketika menggunakan alas kaki ini.  

Rubi The Rubi Flip Flop

sandal jepit

Memasuki musim panas, memang sandal jepit pun menjadi alas kaki yang digemari oleh banyak orang. Dengan tali halus dan fleksibel, serta sol yang lembut, sandal jepit dari Rubi ini akan sangat nyaman untuk digunakan. Apalagi memiliki banyak variasi warna dan model yang bisa kamu sesuaikan dengan penampilan.