5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 4 Desember 2019

sambil menunggu
Foto: www.canva.com

Ada wacana baru nih, tentang pengurangan hari kerja untuk pegawai instansi pemerintah. Jika berbicara dari data, sejumlah perusahaan besar (Microsoft misalnya) pernah melakukannya—dan hasilnya positif. Bagaimana jika diterapkan di Indonesia? Kita tunggu saja. Dan sambil menunggu, mari membaca lima hal ini sebelum memulai aktivitas hari ini.

Ada wacana PNS libur hari Jumat.

Akan tetapi, program percontohan ini akan dilakukan ini hanya akan berlaku bagi PNS dengan kinerja paling baik. Rencana tersebut disampaikan oleh Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Waluyo Martowiyoto terkait konsep Flexible Working Arrangement. Pemerintah berharap peraturan ini akan mendongkrak kinerja PNS. Belum ada kepastian jelas kapan rencana ini akan dilaksanakan. Baca berita lengkapnya di sini.

Garuda Indonesia menepis tudingan penyelundupan onderdil Harley Davidson.

Sebuah pesawat Garuda Indonesia mengangkut komponen bekas motor mewah itu pertengahan November lalu. Atas kejadian ini, maskapai plat merah itu diduga melakukan penyundupan. Akan tetapi, tuduhan tersebut disanggah dan pihak GA mengatakan bahwa barang-barang tersebut adalah miliki salah satu karyawan dalam pesawat dan tidak diperjualbelikan. Terlebih, Garuda juga sudah menyampaikan surat pemberitahuan dan permohonan izin kepada otoritas bandara dan Garuda Maintenance Facility (GMF) selaku kawasan berikat. Untuk keputusan akhirnya, pihak maskapai ini menyerahkan sepenuhnya kepada Bea Cukai. Baca berita lengkapnya di sini.

Hari ini Elon Musk dijadwalkan untuk menghadiri sebuah pengadilan atas dugaan pencemaran nama baik.

Untuk yang lupa, kasus ini bermula ketika CEO Tesla tersebut menuliskan sejumlah tweet pada pertengahan Juli 2018. Cuitan tersebut ditujukan kepada Vernon Unsworth, seorang peselam yang berperan penting dalam menyelamatkan 12 anak laki-laki dan pelatih mereka dari gua Tham Luang Nang Non, Thailand, Juli 2018. Musk menawarkan bantuan, tapi Unsworth menyatakan tawaran tersebut hanya sebuah “PR stunt” dalam sebuah wawancara dengan CNN. Dua hari kemudian, Musk menuliskan tweet, termasuk satu yang menyebut Unsworth sebagai “pedo guy.” Musk meminta maaf tapi, Unsworth mengatakan Musk sudah mencemari nama baiknya dan harus mendapatkan hukuman. Pengadilan ini dijadwalkan berlangsung selama lima hari di Los Angeles. Baca berita lengkapnya di sini.

Dictionary.com memilih ‘existential‘ sebagai ‘word of the year’.

Menurut situs tersebut, alasannya: karena kata tersebut menggambarkan kondisi dunia yang sekarang sedang susah, dan seperti berjuang bertahan hidup. Misalnya saja dari isu perubahan iklim, bencana alam dan terorisme. Tahun lalu situs tersebut memilih kata ‘misinformation‘ sebagai ‘word of the year‘ dan ‘complicit‘ di tahun 2017 serta ‘xenophobia‘ di tahun 2016. Baca berita lengkapnya di sini.

Anak sekolah di Cina adalah anak-anak terpintar di dunia.

Kepintaran para pelajar di empat provinsi di Cina (Beijing, Shanghai, Jiangsu, dan Zhezjiang) disimpulkan jauh melampaui negara lain. Paling tidak dalam hal membaca, matematika dan sains. Ini merupakan hasil penelitian tiga tahunan yang dilakukan oleh The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Tidak hanya pelajar dari ekonomi menengah ke atas yang pintar, tapi juga mereka yang berasal dari keluarga menengah ke bawah. Laporan ini juga menggambarkan dispariti pendidikan di berbagai negara di dunia. Menurut laporan tersebut, di beberapa negara latar belakang seorang siswa masih menjadi faktor penentu utama prestasinya di sekolah, bahkan ketika pemerintah sudah mengeluarkan dana pendidikan yang cukup besar. Baca berita lengkapnya di sini.

Dan sambil menunggu, jangan lupa membaca etiket ini jika kamu datang ke acara pemakaman.

podcast button