Banyak Pikiran dan Ingin Lebih Tenang? Coba Yoga Ini

Sahaja Yoga
Foto: www.xframe.io

Ah, otak yang sepertinya penuh dengan pikiran dan tidak mau berhenti bekerja memang bikin sulit. Nah, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Frontiers, ada tipe meditasi tertentu yang bisa membantu lebih fokus dan terkendali. Namanya Sahaja Yoga.

Bukanlah sesuatu yang baru jika dikatakan bahwa meditasi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan otak. Namun kali ini, tim peneliti dari Amerika Serikat, Spanyol, dan Inggris khususnya menginvestigasi manfaat struktural dan fungsional dari Sahaja Yoga.

Untuk yang baru mendengar yoga jenis ini, Sahaja Yoga adalah jenis meditasi yang membantu orang mencapai ketenangan mental atau "tidak berpikir". Yoga ini kerap dikaitkan dengan energi Kundalini, realisasi diri, dan chakra.

Saat melakukan meditasi yoga ini, latihannya termasuk mengulang pernyataan afirmasi dan meletakkan tangan pada pusat energi yang berbeda di tubuh.

Bagaimana peneliti melakukan studinya? Mereka membandingkan kondisi fungsional dan otak dan kemampuan mengendalikan diri dan impulsivitas dari 23 ahli Sahaja Yoga. Kemudian, membandingkan hasilnya dengan 23 partisipan lain yang tidak memiliki pengalaman meditasi.

Hasilnya? Studi ini menunjukkan mempraktikkan meditasi yoga ini dalam jangka lama bisa memberikan pengaruh positif terhadap struktur otak dan tingkah laku.

Penulisnya mengatakan bahwa jika dilakukan dalam jangka akan "meningkatkan konektivitas fungsional langsung antara wilayah dorsal frontal dan ventral di dalam otak yang berkaitan dengan pengendalian konsentrasi dan kognitif."

Ini artinya, studi ini menemukan bahwa meditasi ini bisa meningkatkan koneksi antara area otak yang berkaitan dengan atensi dan pengendalian dan membuat area yang berhubungan pikiran berlarut-larut melemah. Para partisipan yang melakukannya juga memiliki skor yang lebih baik dalam hal impulsivitas dan pengendalian diri.

Baca Juga :  Studi Baru: Terpapar TV dari Kecil Tidak Membuat Anak Memiliki Masalah Atensi

Bermanfaat banget ya, buat kesehatan. Pastinya hasil ini memang hanya masih terbatas dibuktikan oleh satu studi, tapi ini menegaskan kembali manfaat baik meditasi bagi kesehatan otak dan mental.

Apakah pikiranmu sekarang sedang penuh, terbang dan berlarut-larut ke mana-mana? Mungkin sudah saatnya mencoba yoga ini agar lebih tenang.