Ini Mengapa Rumah dan Kantor Harus Rapi—dan Trik Mudah Melakukannya

Foto: www.gettyimages.com

Apakah kamu memiliki teman yang selalu marah atau mood-nya gelap gulita setiap saat? Atau jangan-jangan kamu sendiri yang mengalami gejala ini? Coba cek kamar atau ruangan di sekitarmu—mungkin inilah satu penyebabnya. Pasalnya, ruangan yang berantakan bisa berkontribusi membuatmu merasa lebih tertekan dan gampang emosi.

Sebuah studi dari 2010 dari University of California menemukan bahwa para perempuan yang menggambarkan rumah mereka dengan kata “berantakan”, memiliki level kortisol (hormon utama stres)—dan suasana hati depresi semakin parah. Kondisi sebaliknya—suasana hati semakin membaik dan level kortisol menurun—terjadi pada mereka yang memiliki rumah rapi.

Masih butuh diyakinkan kalau situasi rumah memiliki kaitan dengan suasana hati? Sebuah studi di tahun 2016 menyimpulkan bahwa ruangan yang berantakan juga bisa mempengaruhi kenyamanan dan kemampuanmu untuk berinteraksi dengan orang lain. Dan tahun lalu, para peneliti menyatakan bahwa mereka yang memiliki kantor berantakan bisa mengalami tekanan pekerjaan yang lebih intens, energi terkuras dan susah mengambil keputusan.

Oh, penjelasan di atas tidak bermaksud membuatmu semakin tertekan atau stres, ya. Berita bagusnya: ada banyak yang bisa dilakukan untuk membuat rumah, kamar dan ruangan kantormu menjadi lebih rapi. Dan satu lagi: terkadang proses beres-beres ini membutuhkan lebih dari satu hari dan kesabaran. Jadi, lakukan pelan-pelan dan tidak perlu merasa tertekan. Untuk membantumu, membereskan dan merapikan ruangan yang berantakan, berikut beberapa trik sederhana yang bisa kamu terapkan.

DI KANTOR

  • Kosongkan satu laci untuk menampung semua berkas sehingga menghindari tumpukan di atas meja. Cek semua berkas ini sekali seminggu.
  • Jika memungkinkan, buat sistem digital untuk semua file agar kamu tidak perlu tempat penyimpanan terlalu banyak.

DI KAMAR TIDUR

  • Bereskan tempat tidur setiap pagi.
  • Rapikan meja di kamarmu dengan: 1) singkirkan semua barang di atasnya; 2) lalu bersihkan dan lap; 3) singkirkan semua barang yang tidak relevan, kecuali kacamata, majalah/buku yang sedang kamu baca, atau pernik-pernik lain yang kamu gunakan sebelum tidur.

DI LEMARI BAJU

  • Seleksi baju-baju yang masih dipakai dan pas di badan. Selebihnya, pertimbangkan untuk mendonasikannya (sediakan satu keranjang untuk menyimpan barang donasi dan jika penuh, langsung donasikan).
  • Simpan sepatu formal di rak bagian paling tinggi. Sementara, sandal, flatshoes, dan sneakers bisa disusun di bagian bawah agar bisa diakses dengan mudah.

DI RUANG TAMU

  • Sesuaikan isi ruang tamu dengan fungsinya. Misalnya, jika ruangan ini digunakan untuk bersantai, membaca atau menonton televisi, pastikan ada bantal empuk, rak buku, dan tempat menyimpan remote. Pernak-pernik lainnya bisa direlokasikan ke ruangan lain.
  • Sediakan tempat penyimpanan cantik untuk menyimpan selimut, buku, mainan, dll.

DI SELURUH RUANGAN RUMAH

  • Sediakan satu tempat menggantung kunci di pintu depan, dan selalu gantungkan kuncimu di sini saat tiba di rumah.
  • Kumpulkan dan bahwa keluar sampah dan buanglah pada tempatnya setiap kali kamu keluar rumah. Jangan biarkan menumpuk.
  • Beli kotak pengatur kabel agar semua kabel rapi.
  • Sediakan satu sudut di rumah untuk mengisi ulang semua alat elektronik kamu. Dengan begini, kamu tidak perlu mencopot dan memasang charger setiap kali ponselmu butuh asupan energi.
  • Jika kamu memiliki anak, sortir semua mainan dan buku yang mereka miliki. Singkirkan semua yang sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Donasikan jika pernak-pernik tersebut masih layak pakai.

REKOMENDASI PERNAK-PERNIK RUMAH

@mommykean – Soft Grey Series Basket
ITO – Hanger Jilbab
Heim Studio – Kyoto Kabinet
Andoleto – Yolana Meja Kopi 1 Laci
Hias House – Table 1405
ROMMA – Kotak Pengatur Kabel dengan Penutup #Putih

Ingin mendekorasi kamar anak tahun ini? Baca dulu 7 prinsip ini.