10 Tips Menata Ruang Tamu Minimalis Menjadi Lebih Estetik

ruang tamu minimalis
Foto: www.unsplash.com

Memiliki ruang tamu minimalis tentunya perlu trik yang tepat untuk menatanya. Selain enak dipandang, dengan menata barang yang rapi juga akan membuat ruang tamu menjadi tampak luas.

Namun, sebelum menata ruangan, kamu perlu memperhatikan terlebih dahulu ukuran barang agar sesuai dengan ukuran ruang tamu. Jika mempunyai ruang tamu minimalis, disarankan untuk tidak memilih barang yang terlalu besar.

Jika kamu masih bingung menata ruang tamu minimalis, berikut sederet inspirasi yang dapat kamu coba.

Perhatikan Jenis Sofa

Perhatikan Jenis Sofa | | 10 Tips Menata Ruang Tamu Minimalis Menjadi Lebih Estetik
Foto: www.brosa.com.au

Sofa merupakan barang terpenting yang akan memengaruhi kondisi ruang tamu. Jika kamu memiliki ruang tamu yang tidak terlalu luas, maka perlu memilih jenis sofa yang tepat agar ruang tamu kamu tampak luas.

Kamu dapat menggunakan jenis sofa lawson, sofa bed, sofa settee, maupun sofa bridgewater.

Selain memilih sofa, kamu juga harus memperhatikan area untuk meletakkan sofa, apakah di pojok ruangan atau di tengah ruangan.

Jangan Salah Pilih Warna Cat Dinding

Jangan Salah Pilih Warna Cat Dinding | | 10 Tips Menata Ruang Tamu Minimalis Menjadi Lebih Estetik
Foto: www.pinterest.com/Linhuiqi

Selain sofa, hal penting lain yang dapat memengaruhi ruang tamu kamu adalah warna cat. Selain itu, warna cat juga akan membuat suasana menjadi nyaman dan memberikan kesan luas pada ruang tamu.

Untuk itu, kamu dapat memilih warna cat sesuai dengan tema rumah kamu. Jika ingin lebih feminin, maka dapat menggunakan warna peach atau soft pink.

Jika ingin warna netral, kamu dapat mencobanya dengan warna putih, krem, atau abu-abu.

Namun, jika kamu ingin ruang tamu lebih cerah, dapat mencoba dengan warna lemon, oranye, atau biru.

Gunakan Karpet

ruang tamu minimalis
Foto: www.pinterest.com/House Beautiful

Cara lain untuk menata ruang tamu minimalis adalah dengan menggunakan karpet. Kamu bisa memilih karpet motif maupun polos.

Di atas karpet, kamu dapat menaruh meja kecil sesuai dengan sofa.

Dengan adanya karpet, juga akan memberikan kesan hangat dan nyaman karena jika tidak ingin bersantai di sofa, juga bisa rebahan di atas karpet.

Jangan Terlalu Banyak Barang

ruang tamu minimalis
Foto: www.pinterest.com/Rea Royer

Ketika memiliki ruang tamu minimalis tetapi ada banyak barang, itu akan membuat rumah menjadi sumpek dan ruang gerak terbatas.

Untuk menyiasatinya, kamu tidak perlu menaruh semua barang di ruang tamu. Cukup sofa beserta bantal, televisi, karpet, beberapa pajangan atau foto, dan tanaman.

Selain itu, agar membuatnya lebih rapi, kamu dapat meletakkan rak untuk menaruh barang-barang kecil.

Hiasi Ruang Tamu dengan Tanaman

ruang tamu minimalis
Foto: www.pinterest.com/The Spruce

Tanaman tidak hanya ditaruh di teras rumah, melainkan juga bisa diletakkan di ruang tamu. Pilihlah tanaman yang tidak terlalu besar, bisa pohon ataupun bunga.

Untuk area peletakannya, kamu dapat menaruhnya di pojok ruangan. Namun, jika tanaman berukuran kecil, kamu bisa menaruhnya di atas meja.

Gunakan Lampu Gantung

Gunakan Lampu Gantung | | 10 Tips Menata Ruang Tamu Minimalis Menjadi Lebih Estetik
Foto: www.pinterest.com/Hunker

Agar membuat ruang tamu tidak membosankan, maka kamu dapat mencari solusi dengan cara menggunakan lampu gantung.

Pilihlah lampu gantung yang tidak terlalu besar dan sesuai dengan dekorasi atau tema ruang tamu, seperti lampu yang ada kurungannya, lampu gantung model ranting, atau model rotan.

Dengan begitu, ini akan membuat ruang tamu kamu terlihat cantik dan estetik.

Letakkan Kaca di Ruang Tamu

Letakkan Kaca di Ruang Tamu | | 10 Tips Menata Ruang Tamu Minimalis Menjadi Lebih Estetik
Foto: www.pinterest.com/V68_Home

Kaca menjadi salah satu barang yang dapat menjadi dekorasi untuk ruang tamu minimalis. Kaca dinding memiliki banyak model unik yang akan membuat ruang tamu kamu terlihat estetik dan terkesan mewah.

Pilihlah kaca yang ukurannya tidak terlalu besar. Untuk peletakannya, kamu dapat menaruhnya di atas sofa.

Ruang Tamu Tanpa Sofa

Ruang Tamu Tanpa Sofa | | 10 Tips Menata Ruang Tamu Minimalis Menjadi Lebih Estetik
Foto: www.pinterest.com/Archilovers

Memiliki ruang tamu minimalis tidak harus melulu ada sofa. Kamu dapat mencari ide lain dengan cara menggunakan bean bag sebagai pengganti sofa.

Namun, jika kamu tidak mempunyai ada bean bag, kamu juga bisa menaruh beberapa bantal di atas karpet. Dengan begitu, kamu bisa menonton televisi sambil tidur-tiduran santai.

Teras Rumah untuk Ruang Tamu

ruang tamu minimalis
Foto: www.pinterest.com/Emily Henderson

Pernah kepikiran menjadikan teras rumah sebagai ruang tamu? Ini akan menjadi ide yang unik jika diterapkan.

Kamu dapat menaruh sofa, meja kecil, maupun karpet di teras. Untuk membuatnya lebih ‘hidup’, bisa menaruh tanaman di samping sofa, seperti kaktus ataupun bunga.

Menata ruang tamu di ruangan terbuka dapat membuat kamu dan tamu mengobrol dengan nyaman sambil menikmati udara segar. Selain itu, ruangan yang ada di dalam rumah bisa dijadikan ruang keluarga.

Ruang Tamu Berjendela

Ruang Tamu Berjendela | | 10 Tips Menata Ruang Tamu Minimalis Menjadi Lebih Estetik
Foto: www.pinterest.com/Homes To Love AU

Setiap rumah tentunya memerlukan sirkulasi udara dengan baik. Jika tidak ada ventilasi, akan menimbulkan masalah pada kesehatan.

Oleh karena itu, buatlah jendela yang sesuai dengan ukuran ruangan. Jika kamu memiliki ruang tamu yang minimalis, maka bisa menggunakan jendela yang tidak terlalu besar.

Ada beberapa tipe gorden yang bisa menjadi pilihan untuk ruang tamu minimalis, seperti tipe rod pocket, tiers, atau sheer.

Agar membuatnya lebih sempurna, kamu dapat meletakkan sofa di samping jendela. Sehingga ketika sedang duduk, akan mendapat udara dengan baik.