Ingin Lebih Bahagia di 2021? Pastikan Tiga Hal Ini Masuk ke dalam Resolusi Tahun Barumu

resolusi tahun baru
Foto: www.shutterstock.com

Ah, resolusi tahun baru—sesuatu yang mungkin sedang dipikirkan oleh banyak orang di saat ini (apakah kamu termasuk di antaranya?). Oh, apa resolusi tahun 2021 kamu? Ingin menjadi lebih, sukses, berat badan menyusut? Apa pun itu, satu yang pasti resolusi tahun baru, ehem, sering kali sulit dilakukan.

Menurut Richard Ryan, seorang profesor emeritus psikologi di Universitas Rochester, bukan hanya orang biasa yang merasa “ambivalen” terhadap resolusi tahun baru, tapi juga peneliti motivasi. Ah. Terlebih, “bukti menunjukkan bahwa mayoritas tidak sukses melakukannya,” katanya dalam sebuah siaran pers.

Namun, jangan putus asa dulu. Pasalnya, menurut Ryan resolusi tahun baru merupakan kesempatan baik yang bisa digunakan untuk merefleksikan hidup dan melakukan kebaikan, terutama saat pandemi. Banyak orang kesulitan, dan ini adalah saat yang tepat membantu mereka.

Sarannya ini berdasarkan penelitian yang dilakukannya selama bertahun-tahun, yang menghasilkan selfdetermination theory (SDT). Ini adalah sebuah framework dengan cakupan luas untuk studi yang mempelajari motivasi dan personalitas manusia.

Dikembangkan bersama peneliti lain bernama Edward Deci, teori yang sudah berusia hampir 40 tahun ini menjadi salah satu framework yang diakui oleh banyak ilmuwan tingkah laku. Fokus utama SDT ini adalah ide bahwa semua manusia memiliki kecenderungan alami—atau intrinsik—untuk bertingkah laku efektif dan sehat.

Apa hubungannya teori tersebut dengan New Year’s resolution? Menurutnya, memasukkan tiga kebutuhan psikologis yang terdapat dalam penelitian SDT akan membuatmu lebih puas dan bahagia. Tiga hal itu adalah:

  • Otonomi (autonomy): kamu terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan kemauanmu dan yang membantu menemukan nilai-nilai personal
  • Kompetensi (competence): merasa efektif dan mencapai sesuatu
  • Keterkaitan (relatedness): bekerja dan merasa terkoneksi dengan orang lain.
Baca Juga :  11 Inspirasi Rambut Pirang yang Bisa Kamu Coba di 2021

“Jika kamu ingin membuat sebuah resolusi tahun baru yang benar-benar membuatmu bahagia, coba pikirkan bagaimana caranya kamu bisa berkontribusi untuk dunia,” kata Ryan. “Ketiga kebutuhan dasar tersebut harus terpenuhi. Penelitian menunjukkan hal tersebut tidak hanya baik untuk dunia, tapi untukmu juga.”

Selanjutnya: Tren Warna 2021.