6 Cara Mudah Mengolah Mie Instan Agar Lebih Sehat

olahan mie instan
Foto: www.freepik.com

Sebuah pertanyaan: apakah mie instan merupakan salah satu makanan favoritmu? Berkat rasanya yang gurih dan lezat, serta mudah untuk dimasak, membuat makanan yang satu ini digemari oleh banyak orang. Selain itu, olahan mie instan juga bisa bermacam-macam.

Namun, seperti yang kita tahu menu makanan ini tidak termasuk dalam kategori “super sehat” dan direkomendasikan untuk mengonsumsinya secara terbatas. Tidak kalah penting adalah kalori makanan olahan ini tidak kecil, lho.

“Jika kemasan cup yang berukuran kecil, biasanya mengandung kalori di bawah 200. Akan tetapi kalau mie instan yang bungkusnya jumbo, itu bisa sampai 500 kalori,” ungkap dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci (Hons), MGizi, Sp.GK-FINEM.

Supaya tidak bosan dan olahan mie instan pun lebih sehat untuk dikonsumsi, kamu bisa memasaknya dengan cara yang berbeda. Jika tertarik untuk mencobanya, berikut olahan mie instan yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Cara Mengolah Mie Instan yang Sehat

olahan mie instan
Foto: www.freepik.com

Ingin membuat olahan mie instan yang sehat? Ini tipsnya.

Jangan gunakan bumbu penyedap

Disarankan untuk tidak menggunakan bumbu penyedap yang telah disediakan, sehingga kamu perlu membuat kaldu sendiri sesuai dengan selera.

Pasalnya, bumbu yang telah disediakan mengandung monosodium glutamate (MSG) yang tinggi. Kandungan yang tinggi ini sering kali melebihi kebutuhan natrium harian, sehingga terkadang menyebabkan hipertensi.

Kamu bisa menggunakan kaldu rasa sayuran atau ayam yang dibuat sendiri. Tidak hanya terasa lebih nikmat, ini juga menjadi salah satu cara untukmu mengontrol asupan garam di dalam tubuh.

Tambahkan aroma segar

Menambahkan bumbu dapur segar ke dalam kuah mie instan akan terasa sangat lezat. Mulai dari bawang putih segar, jahe, dan daun bawang, bahan-bahan ini dapat membuat kualitas sup menjadi lebih sehat.

Cobalah untuk mencincang bawang putih dan memarut jahe, kemudian tumis keduanya dengan sedikit minyak selama satu menit. Setelahnya tambahkan ke dalam kaldu, dan letakkan daun bawang di atas olahan mie instan.

Buat saus sendiri

Untuk membuat rasa kaldu semakin lezat, kamu bisa menambahkan saus sambal, cabai, bawang putih, saus tiram, kecap ikan, gochujang, kecap, atau saus lainnya ke dalam kuah. Selain itu, saus ini bisa kamu tambahkan ke mangkuk yang telah disiapkan.

Biasanya, dengan menambahkan saus maka garam yang ada di dalamnya juga bertambah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untukmu membuat kaldu dengan setengah air, supaya nantinya kandungan garam yang ada di dalam olahan mie instan tidak berlebihan.

Tambahkan sayuran

Untuk membuat olahan mie instan menjadi lebih sehat, maka tambahkan beberapa sayuran ke dalamnya. Baik itu wortel, paprika, jamur, kol, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan beberapa sayuran lain, seperti brokoli, kacang polong, atau jagung.

Baca Juga :  10 Sumber Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Masukkan protein

Tak ketinggalan protein juga menjadi salah satu asupan yang penting untuk ditambahkan ke dalam olahan mie instan. Mulai dari telur rebus, tahu, tempe, ayam, babi giling, edamame, udang, atau apa pun sumber protein yang kamu sukai.

Selain itu kamu juga bisa memecahkan telur mentah secara langsung ke dalam kaldu yang mendidih. Setelahnya biarkan matang selama enam menit. Namun pastikan kaldu tidak mendidih dengan kuat, karena nantinya telur akan pecah.

Tambahkan makanan lain

Lengkapi olahan mie instan kamu dengan makanan lain yang dapat menambah rasa, warna, dan tekstur. Seperti misalnya biji wijen, nori atau rumput laut kering, cabai yang dihancurkan, daging cincang, rempah-rempah segar, bahkan kimchi.

Inspirasi Mengolah Mie Instan

Foto: www.canva.com

Berikut inspirasi olahan mie instan yang bisa kamu coba sesuai dengan selera.

Burger mie instan

Jika biasanya burger dilengkapi dengan roti di bagian atas dan bawahnya, maka saat ini kamu bisa menyajikan sesuatu yang beda. Yakni mengganti roti tersebut dengan menggunakan mie instan.

Caranya sangat mudah yakni:

  • Masak mie seperti biasanya. Setelah matang, tambahkan bumbu serta telur  ke dalamnya kemudian aduk hingga rata
  • Setelahnya kamu bisa memanaskan wajan dan menambahkan sedikit minyak di atasnya
  • Tuang mie dan masak dengan api kecil. Jangan lupa untuk membuatnya menjadi bulat seperti bentuk roti
  • Setelah matang, letakkan di piring dan tambahkan isiannya seperti daun selada, telur, daging, bawang, tomat, dan saus
  • Burger mie pun siap untuk dihidangkan

Nugget mie

Suka makan nugget? Ini saat yang tepat untuk membuat olahan mie instan menjadi makanan pratis yang satu ini. berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  • Hancurkan mie instan terlebih dahulu sebelum merebusnya.
  • Sambil menunggu matang, kamu bisa mengocok telur dan menambahkan sedikit garam.
  • Di wadah lain, tambahkan dua sendok tepung terigu lalu campurkan dengan bumbu mie instan yang telah disediakan. Aduk hingga rata.
  • Setelah mie matang, ambil satu sendok mie dan masukkan ke dalam tepung terigu. Jangan lupa untuk menggulungnya hingga berbentuk bulat.
  • Kemudian masukkan ke dalam kocokan telur dan masukkan kembali ke tepung terigu, hingga adonan menjadi tebal dan menempel pada mie.
  • Setelah semua mie terbalut tepung, kamu hanya perlu menggorengnya dengan menggunakan minyak panas.

Mie tek-tek

Siapa yang rindu dengan mie tek-tek? Ternyata olahan mie yang satu ini bisa kamu buat sendiri di rumah, lho.

Dan yang paling penting, caranya juga sangat mudah untuk dilakukan, karena kamu hanya perlu menyiapkan beberapa sayuran seperti kol, sawi, cabai rawit, dan bawang putih. Berikut cara membuatnya:

  • Panaskan minyak, kemudian tumis cabai dan bawang putih hingga muncul aroma yang harum.
  • Setelahnya tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih.
  • Tambahkan sayuran dan mie instan ke dalamnya.
  • Kemudian tambahkan bubu mie instan, garam, dan gula, serta aduk hingga rata.
  • Mie tek-tek buatan sendiri pun siap untuk disajikan.
Baca Juga :  Bagaimana Mengetahui Makanan Mengandung Rendah Kalori?

Perkedel mie

Jika kamu sangat menyukai perkedel, maka cobalah untuk mengkreasikannya dengan menggunakan mie. Berikut cara membuatnya:

  • Siapkan telur, mie telur, ayam giling, wortel, daun bawang, seledri, bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan merica.
  • Kocok telur dan masukkan semua bahan-bahan yang telah disediakan.
  • Setelah tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulat pipih dengan menggunakan sendok.
  • Goreng adonan hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan.
  • Perkedel mie telah siap untuk disajikan, jangan lupa untuk menambahkan saus sambal ke sebagai pelengkap.

Schotel mie

Umumnya, kamu biasa menemukan macaroni schotel. Namun kali ini, macaroni tersebut diganti dengan olahan mie instan.

Penasaran dan ingin mencoba membuatnya? Ini langkah-langkah yang bisa kamu tiru:

  • Panaskan margarin dan tumis bawang bombai hingga harum. Kemudian masukkan sosis dan kornet, aduk hingga rata.
  • Tuang susu cair dan tambahkan keju, garam, sejumput lada bubuk, gula, kaldu, dan oregano hingga mengental.
  • Tambahkan mie yang sudah direbus ke dalamnya.
  • Matikan api dan masukkan kocokan telur, kemudian aduk hingga rata. Tuan schotel ke dalam Loyang alumunium.
  • Tambahkan taburan keju dan parsley, dan panggang selama 15-20 menit.

Kesimpulan

Mie instan itu enak, ya? Namun berhubung termasuk dalam kategori makanan olahan, sebaiknya konsumsi sesekali saja. Dan saat menikmatinya…

“Akan lebih ideal kalau mie instan itu dikonsumsi bersamaan dengan sayuran dan sumber protein, misalnya telur. Bukan ditambah dengan karbohidrat lagi seperti nasi,” saran Dokter Kristina.