10 Inspirasi Lantai Untuk Membuat Dapur Semakin Estetik

lantai dapur
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Selain untuk estetika, pemilihan lantai dapur juga menjadi penting untuk diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan. Soalnya, penggunaan keramik yang tepat akan memberikan kesan pada ruangan tersebut.

Perlu diingat, area memasak ini akan berisiko terkena cipratan minyak, tepung, serta bahan lainnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih lantai dapur yang tidak terlalu mengilap. Tak ketinggalan, dianjurkan untuk mengukur terlebih dahulu luas dari ruangan, kemudian pilihlah ukuran keramik, baik itu yang kecil atau yang besar.

Nantinya ini dapat berpengaruh terhadap visualisasi dapur. Berikut 10 inspirasi lantai dapur yang bisa mempercantik ruangan.

Keramik Lantai Dapur Abu-abu

Keramik Abu Abu | | 10 Inspirasi Lantai Untuk Membuat Dapur Semakin Estetik
Foto: www.pinterest.com/Houzz

Punya hunian yang kental dengan nuansa kontemporer?  Ini merupakan pilihan yang tepat untuk menyempurnakan ruangan memasak.

Keramik dapur abu-abu yang berukuran besar ini akan menciptakan kesan ruangan yang elegan. Supaya semakin estetik, maka padukan dengan elemen kayu atau beberapa perabotan berwarna putih.

Baik untuk dapur yang berada di luar rumah atau di dalam rumah, keduanya akan terlihat cocok dengan motif lantai yang satu ini.

Keramik Warna Terracotta

lantai dapur
Foto: www.pinterest.com/Ashley Winn Design

Terracotta merupakan warna hangat dan lembut yang dapat membuatmu ruangan terasa lebih nyaman. Oleh karena itu, pemilihan warna oranye kecokelatan ini menjadi opsi terbaik untuk diaplikasikan pada ruangan dapur.

Sebab, warba merah bata ini akan memberikan kontras pada ruangan dan menjadikannya semakin estetik. Apalagi jika dipadukan dengan perabotan berwarna netral.

Keramik Marmer Putih

lantai dapur
Foto: www.pinterest.com/Rachel Lauren Interiors

Cara terbaik untuk memberikan nuansa yang simpel namun tetap elegan adalah dengan mengaplikasikan keramik model marmer pada lantai dapur. Motif garis-garis yang halus ini juga akan menambah kesan estetik pada hunianmu.

Selain itu, model keramik yang satu ini juga dapat membuat ruangan tidak terasa membosankan.

Agar semakin menarik, tambahkan kursi bar dengan warna yang serupa. Serta letakkan juga tanaman hijau indoor yang dapat menambah suasana menjadi lebih segar.  

Keramik Motif Bunga

Keramik Motif Bunga | | 10 Inspirasi Lantai Untuk Membuat Dapur Semakin Estetik
Foto: www.pinterest.com/quadrostyle

Lantai dapur motif bunga biasanya menjadi salah satu model yang paling banyak digemari.

Sebab, ini akan membuat hunianmu tampak lebih natural, cantik, dan pastinya betah berlama-lama di ruangan tersebut. Tak jarang, ini juga dapat meningkatkan energimu untuk memasak.

Untungnya, saat ini telah hadir berbagai motif bunga dengan beragam ukuran. Sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan selera. Keramik yang satu ini akan sangat cocok ketika dipadukan dengan perabotan berwarna putih.

Keramik Warna Hitam

Keramik Warna Hitam | | 10 Inspirasi Lantai Untuk Membuat Dapur Semakin Estetik
Foto: www.pinterest.com/Decoist

Untuk membuat ruangan terkesan modern, tidak ada salahnya mencoba untuk menerapkan keramik motif hitam putih.

Layaknya papan catur, model yang satu ini merupakan ide yang paling menarik untuk dicoba. Apalagi jika kamu termasuk orang yang tidak tahan dengan nuansa yang polos dan membosankan.

Supaya gradasi warnanya tampak lebih seimbang, maka jangan lupa untuk menggunakan furnitur berwarna putih yang kental dengan nuansa minimalis.

Keramik Motif Kayu

Keramik Motif Kayu | | 10 Inspirasi Lantai Untuk Membuat Dapur Semakin Estetik
Foto: www.pinterest.com/helencollins

Pecinta suasana alam yang menenangkan dan hangat rasanya tidak boleh terlewat untuk menggunakan motif kayu sebagai lantai dapur.

Model keramik yang satu ini merupakan pilihan yang sangat menarik untuk dicoba. Terlebih jika kamu kurang suka dengan keramik dapur yang motifnya sering digunakan oleh banyak orang.

Kombinasikanlah nuansa kayu ini dengan beberapa perabotan berwarna putih dan hitam. Ini bisa menjadi salah satu inspirasi terbaik yang patut untuk dicoba.

Keramik Batu Alam

lantai dapur
Foto: www.pinterest.com/Mandarin Stone

Siapa yang tidak senang dengan nuansa ruangan yang indah dan natural? Jika kamu sangat amat menyukai suasana tersebut, maka lantai dapur dengan motif batu alam merupakan pilihan terbaik untuk dipasangkan.

Selain dapat membuat ruangan menjadi lebih estetik, model keramik ini juga akan cocok untuk dipasangkan dengan berbagai macam kitchen set.

Namun jika ingin terlihat lebih hangat dan nyaman, tidak ada salahnya untuk memadukannya dengan furnitur dari kayu.

Keramik Tanpa Motif

Keramik Tanpa Motif | | 10 Inspirasi Lantai Untuk Membuat Dapur Semakin Estetik
Foto: www.pinterest.com/Looks Like Lonnie

Tak jarang, beberapa orang yang justru sangat senang dengan lantai dapur dengan motif polos. Terutama bagi mereka yang menyukai nuansa dekorasi yang sederhana namun tetap elegan.

Pemilihan  keramik ini juga sering kali hadir pada desain dapur minimalis. Dengan diaplikasikannya keramik tanpa motif, biasanya area dapur akan selalu terlihat bersih dan mewah.

Namun pastikan kamu selalu merapikan perabotan setelah menggunakannya. Jika tidak ingin terkesan membosankan, tambahkan beberapa elemen ke dalamnya, seperti hiasan dinding atau tanaman hijau.

Keramik Multicolor

lantai dapur
Foto: www.pinterest.com/FRUGAL LIVING

Untuk membuat ruangan memasak menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan energi, maka sangat disarankan agar memilih keramik dengan model multicolor.

Di mana kamu bisa memasangkan berbagai warna, mulai dari kuning, abu-abu, hitam, atau merah. Ini semua bisa tergantung dengan selera.

Namun supaya lebih cantik, maka pilihlah warna yang masih ada dalam satu keluarga, supaya gradasinya terlihat lebih menarik.  

Keramik Biru Tua

lantai dapur
Foto: www.pinterest.com/Architectural Digest

Bosan dengan keramik berwarna putih, hitam, dan abu-abu? Jangan khawatir, karena kamu bisa memilih lantai dapur berwarna biru tua dengan tambahan motif di dalamnya.

Ini menjadi opsi terbaik untuk menciptakan kesan kontras antara lantai dengan dinding serta kitchen set. Supaya terlihat lebih serasi, kamu bisa memasang keramik ini hingga area ruang makan.