Jangan Lupakan Sejarah, Ini 13 Rekomendasi Novel Yang Menarik Untuk Dibaca

novel sejarah
Foto: Istimewa

Seperti kata pepatah, kita memang tidak dianjurkan untuk melupakan sejarah, sebab ini bisa membuat dan mengubah siapa diri kita. Dengan membaca novel sejarah dan mengetahui kisah masa lalu, ini juga bisa menjadi salah satu pembelajaran diri untuk menatap masa depan.

Berikut 13 rekomendasi novel sejarah baik dari dalam maupun luar negeri yang bisa kamu pelajari dengan menarik.

Max Havelaar | Multatuli

novel sejarah
Foto: www.goodreads.com

Dalam bukunya kali ini, Douwes Dekker menggunakan nama samaran sebagai Multatuli, dan mengisahkan tentang Batavus Droogstoppel, seorang makelar kopi yang hidup di Amsterdam.

Suatu hari, ia bertemu dengan Sjaalman, seorang penulis yang sering membahas tentang kopi dan ide-ide yang radikal.

Di antara kertas-kertas itu, juga terdapat sebuah kisah yang menarik sekaligus kejam, yang berisikan tentang penjajahan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial.

Entrok | Okky Madasari

novel sejarah
Foto: www.goodreads.com

Novel sejarah ini mengikuti kehidupan seorang perempuan bernama Marni.

Gadis ini adalah pemuja leluhur yang sangat bekerja keras untuk meraih apa pun yang diinginkan olehnya.

Ketika remaja, ia sangat ingin memiliki entrok atau pakaian dalam perempuan. Sayang, keinginannya ini tidak bisa terwujud karena ia terlahir sebagai keluarga miskin.

Tidak mau menyerah, ia pun rela menjadi kuli angkut di pasar agar bisa mendapatkan uang untuk membeli entrok.

Hal ini membuat Marni menjadi seorang perempuan yang terus bekerja keras dan tidak ingin menyerah dengan segala keterbatasannya.

The Diary of a Young Girl | Anne Frank

novel sejarah
Foto: www.amazon.com

Selama 25 bulan Anne tinggal di loteng tanpa boleh keluar. Sebab keadaan di luar sangat mencekam, di mana serangan udara dan suara tembakan selalu terdengar sepanjang waktu.

Selama melakukan persembunyian, Anne diberikan buku harian oleh ayahnya. Ia pun dengan setia selalu menuliskan berbagai kejadian yang dialami olehnya secara detail.

Bahkan saking dekatnya dengan buku harian tersebut, ia memanggilnya dengan sebutan Kitty. Hingga saat ini, buku hadian Anee telah diterbitkan ke dalam berbagai bahasa.

Laut Bercerita | Leila S. Chudori

Laut Bercerita Leila S. Chudori | | Jangan Lupakan Sejarah, Ini 13 Rekomendasi Novel Yang Menarik Untuk Dibaca
Foto: www.gramedia.com

Meski merupakan cerita fiksi, namun novel sejarah ini menunjukkan bahwa negeri kita pernah mengalami masa pemerintahan yang kelam.

Terbagi menjadi dua bagian, Laut Bercerita mengisahkan tentang sosok Laut Biru, aktivis kritis yang mengalami ketakutan dan dihukum secara fisik maupun mental.

Sementara pada bagian kedua bercerita tentang sosok keluarga yang kehilangan saudaranya setelah beberapa tahun.

Hingga akhirnya mereka menemukan tulang belulang manusia di Kepulauan Seribu, yang masih belum diketahui pemiliknya.

A People’s History of the United States | Howard Zinn

A Peoples History of the United States Howard Zinn | | Jangan Lupakan Sejarah, Ini 13 Rekomendasi Novel Yang Menarik Untuk Dibaca
Foto: www.goodreads.com

Dalam bukunya, Zinn menyajikan sisi sejarah yang berbeda sangat berbeda.

Penulis menggambarkan kehidupan Amerika yang sebagian besar dilihat sebagai eksploitasi dan manipulasi yang dibuat oleh sistem yang tidak adil, namun sangat menguntungkan bagi para penguasa elit.

Buku berjudul A People’s History of the United States ini pun menjadi bacaan yang dapat mengubah sudut pandang mereka karena memuat cerita-cerita yang sebelumnya terabaikan. 

Segala yang Diisap Langit | Pinto Anugrah

Segala yang Diisap Langit Pinto Anugrah | | Jangan Lupakan Sejarah, Ini 13 Rekomendasi Novel Yang Menarik Untuk Dibaca
Foto: www.mojokstore.com

Selama ini, mitos tentang garis keturunan keluarga bangsawan Minangkabau akan putus pada generasi ketujuh, masih dipercayai oleh banyak orang.

Namun Rabiah ingin mematahkan anggapan tersebut.

Apa pun akan ia lakukan agar bisa mendapatkan anak perempuan untuk membawa nama keluarga, termasuk jika harus menjadi istri kelima dari seorang laki-laki.

Namun tidak disangka, ternyata rencananya harus digagalkan oleh kakak kesayangannya, Magek.

Magek justru mengacungkan pedangnya ke arah Rabiah, disertai dengan keinginannya untuk menghancurkan apa yang selama ini dimiliki oleh adiknya itu. 

A Short History of Nearly Everything | Bill Bryson

A Short History of Nearly Everything Bill Bryson | | Jangan Lupakan Sejarah, Ini 13 Rekomendasi Novel Yang Menarik Untuk Dibaca
Foto: www.amazon.co.uk

Buku ini menceritakan tentang terbentuknya alam semesta dari awal hingga saat ini. Yang lebih menarik, penulis juga menyajikan fakta-fakta yang cukup akurat dan detail.

Mulai dari atom, matahari, bumi, dinosaurus, banyak bahasan menarik dan bisa membuatmu tercengang.

Jika biasanya buku sejarah dianggap membosankan, namun Bill Bryson menuliskannya dengan apik sehingga kamu akan terus penasaran dan ingin membuka halamannya sampai habis.

Night | Elie Wiesel

Night Elie Wiesel | | Jangan Lupakan Sejarah, Ini 13 Rekomendasi Novel Yang Menarik Untuk Dibaca
Foto: www.barnesandnoble.com

Autobiografi dari Elie Wiesel ini mengisahkan tentang perjuangan Elie muda yang ditahan di kamp pada masa Perang Dunia II.

Karena merupakan keturunan Yahudi, ia terpaksa harus menderita dan terpisah dengan ibu, kakak perempuan, dan adik bungsunya.

Setelah mengubah umurnya, Elie dan sang ayah berhasil lolos dari kamp tersebut dan bekerja sebagai buruh paksa. Mereka harus terus bekerja tanpa mendapatkan kehidupan yang layak.

Seolah penderitaannya tak kunjung habis, Elie juga harus berpindah-pindah tempat. Bahkan kehilangan ayah yang menjadi harapan terakhirnya untuk bertahan hidup.

Tetralogi Buru | Pramoedya Ananta Toer

novel sejarah
Foto: www.goodreads.com

Tetralogi Buru terdiri dari empat buku yang diawali dengan cerita Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.

Di dalamnya menjelaskan diskriminasi yang dilakukan oleh Hindia Belanda pada pribumi.

Pembaca akan mengikuti kisah Minke yang berjuang lewat tulisan serta pikirannya. Serta sederet kisah percintaannya dengan para perempuan.

Minke berusaha untuk melawan tradisi penjajahan colonial dan menjadi pencetus dari pers pribumi serta pergerakan nasional.

Orang-orang Proyek | Ahmad Tohari

Orang orang Proyek Ahmad Tohari | | Jangan Lupakan Sejarah, Ini 13 Rekomendasi Novel Yang Menarik Untuk Dibaca
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Bagi Kabul, biaya yang terus ditekan karena kepentingan pundi-pundi pribadi dapat membuat menurunnya kualitas dan standar mutu dari jembatan.

Sebab, jika jembatan hanya dijadikan sekadar untuk mengejar target, pastinya tidak akan tahan lama dan proyek ini terasa sia-sia.

Suatu hari, ia meminta kepada bosnya agar pemasangan jembatan harus menggunakan besi baru, pasir yang bermutu, dan penyelesaiannya tidak dipaksakan.

Namun sang bos tidak menerima tuntutan tersebut, hingga akhirnya Kabul memilih untuk mengundurkan diri.

Karena menurutnya, lebih baik tidak menyelesaikan sisa proyek yang dikelilingi oleh para koruptor.

Amba | Laksmi Pamuntjak

novel sejarah
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Di tahun 2006, Amba pergi ke Pulau Buru untuk mencari kekasihnya, Bhisma yang hilang karena ditangkap pemerintah Orde Baru.

Namun sayang, ia juga tidak berhasil menemukan kekasihnya itu.

Pencarian yang dilakukan selama ini terasa sangat menarik namun melelahkan.

Sebab Amba bertemu dengan orang-orang yang mengenal Bhisma, dan mereka selalu menceritakan tentang kehidupan dari kekasihnya ini.

Selain itu, ia juga terkejut saat menemukan surat-surat yang ditulis oleh Bhisma dan dikubur di bawah pohon Meranti.

Gadis Kretek | Ratih Kumala

novel sejarah
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Lebas, Karim, dan Tegar berniat untuk pergi ke pelosok Jawa demi menemukan perempuan bernama Jeng Yah yang selalu disebut oleh ayahnya.

Sebab sang ayah, Pak Radja tengah sekarat, dan justru menyebutkan nama perempuan yang bukan istrinya.

Mereka bertiga pun melakukan perjalanan panjang, ditambah dengan mengetahui rahasia keluarga yang selama ini disembunyikan secara rapat-rapat.

Teh dan Pengkhianat | Iksaka Banu

Teh dan Pengkhianat Iksaka Banu | | Jangan Lupakan Sejarah, Ini 13 Rekomendasi Novel Yang Menarik Untuk Dibaca
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Kumpulan cerita pendek ini dijadikan sebuah buku yang berfokus pada kehidupan kolonial.

Ketika membaca buku ini, kita akan diajak untuk bernostalgia ke masa lampau, di mana sepeda yang mulai digunakan di Hindia Belanda, wabah cacar yang mengancam, hingga transportasi yang sangat terbatas.

Tak jarang, beberapa cerita yang ditulis juga berkaitan dengan kehidupan saat ini. Seperti pada cerita Tegak Dunia yang bertema fanatisme buta.