6 Rekomendasi Masker Tepung Beras Terbaik Yang Pernah Ada

masker tepung beras
Foto: www.freepik.com

Ketika sedang berselancar di YouTube beauty vlogger, mungkin kamu akan menemukan rekomendasi membuat masker tepung beras. Yang mana bahan ini dipercaya dapat mencerahkan kulit dan melindunginya terhadap sinar matahari.

Karena bahannya yang mudah ditemukan dan hampir ada di setiap rumah, beberapa orang memutuskan untuk membuat masker tepung beras sendiri.

Namun jika tidak ingin repot, maka kamu bisa membeli produk perawatan wajah yang mengandung beras di dalamnya.

Apa Itu Tepung Beras?

masker tepung beras
Foto: www.canva.com

Tepung beras dibuat dari butiran beras yang digiling hingga menjadi bubuk. Kamu perlu memisahkan beras dari kulitnya, kemudian menggilingnya secara halus.

Hasil gilingan tersebut nantinya bisa diproses hingga akhirnya menjadi masker yang diaplikasikan pada kulit.

Beras yang telah dihaluskan ini dipercaya dapat mengeksfoliasi kulit, sehingga membuatnya terasa lebih lembut dan menghilangkan kusam pada wajah.

Manfaat Masker Tepung Beras

Foto: www.xframe.io

Masker tepung beras ini telah dianggap sebagai salah satu bahan yang memang bisa dijadikan sebagai masker wajah. Katanya produk ini dapat menutrisi, mencerahkan, sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Melindungi kulit

Beberapa influencer kecantikan mengklaim bahwa tepung beras dapat membantu kulit agar terlindungi dari paparan matahari. Ini berkat kandungan asam ferulat dan PABA yang ada di dalamnya.

Menurut sebuah penelitian, bahan yang satu ini mengandung para-aminobenzoic (PABA) yang dapat merangsang pertumbuhan sel. Selain itu, PABA juga telah terbukti dapat melindungi kulit dari sinar UV.

Namun sayangnya karena menyebabkan reaksi alergi, maka bahan tersebut tidak bisa ditambahkan ke dalam tabir surya.

Sementara asam ferulat mengandung sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba di dalamnya. Senyawa ini bisa diperoleh ketika mengekstraksi dedak padi.

Asam ferulat juga dipercaya dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV, apalagi jika dikombinasikan dengan vitamin C dan E. Bahkan kandungan antioksidan ini sering ditemukan dalam produk perawatan kulit.

Perawatan jerawat

Beberapa orang juga mengatakan bahwa tepung beras dapat membantu mengatasi jerawat. Hal ini berkat kandungan asam fitat yang diperoleh ketika mengekstraksi beras.

Asam fitat sendiri merupakan jenis asam alfa hidroksi antioksidan (AHA) yang bisa diekstraksi dari banyak tanaman. Menurut sebuah penelitian, asam fitat akan sama efektifnya untuk mengobati jerawat dan hiperpigmentasi, layaknya seperti asam glikolat dan asam salisilat.

Sebab, senyawa yang satu ini dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati, sehingga bisa membantu meminimalkan tanda-tanda penuaan.

Membantu menyerap minyak

Manfaat utama dari penggunaan tepung beras adalah kemampuannya untuk menyerap minyak berlebih yang ada di kulit. Oleh karena itu, banyak produk perawatan yang mengandung tepung beras di dalamnya.

Baca Juga :  Ini 11 Rekomendasi Maskara Waterproof Terbaik

Mulai dari menyerap minyak, mengontrol kilau, hingga meminimalkan tampilan pori-pori, terdapat banyak manfaat dari bahan alami yang satu ini.

Kekurangan Tepung Beras

Foto: www.canva.com

Meski memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, namun bisa saja bahan alami ini tidak bisa memberikan manfaat yang efektif. Ini sangat bergantung dengan pengolahan tepung beras yang dijadikan sebagai masker.

Apalagi jika kamu membuatnya sendiri di rumah, maka tidak diketahui pasti berapa banyak asam fitat yang diperoleh. Jika ragu, cobalah untuk menggunakan produk kecantikan yang dijual secara bebas di pasaran.

Cara Menggunakan Masker Beras secara Efektif

Foto: www.freepik.com

Jika kamu memang berniat untuk membuat masker sendiri di rumah, maka hal ini bisa dilakukan dengan mudah.

Sangat disarankan agar menambahkan beberapa bahan lembut ke dalamnya, mulai dari air mawar, minyak zaitun, atau susu yang memiliki manfaat baik untuk kulit.

Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Tepung beras sebanyak satu sendok makan
  • Oats sebanyak satu sendok teh
  • Susu sebanyak satu sendok teh
  • Madu sebanyak satu sendok teh

Setelah bahan tersebut siap, maka campurkan seluruhnya dan aduk hingga rata. Kemudian kamu bisa mengoleskan masker ke seluruh wajah.

Jangan lupa untuk mendiamkannya selama 10-15 menit dan terakhir bilas masker hingga bersih. Masker buatan sendiri ini bisa kamu aplikasikan secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu.

Akan tetapi pastikan bahwa kamu memiliki kulit yang sehat dan tidak alergi terhadap bahan-bahan di atas. Jika kamu mengalami beberapa reaksi alergi seperti gatal dan muncul tanda kemerahan, maka sebaiknya berhenti menggunakan masker wajah ini.

Kesimpulan

masker tepung beras
Foto: www.canva.com

Tepung beras memang menjadi bahan yang umum untuk digunakan sebagai masker rumahan. Sebab, bahan alami ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

Mulai dari kemampuannya untuk meluruhkan sel-sel kulit mati, hingga menghilangkan wajah yang kusam. Hal ini berkat kandungan bahan-bahan aktif yang ada di dalamnya, seperti ekstrak asam fitat.

Jika kamu ingin membuat masker tepung beras sendiri di rumah, maka dianjurkan untuk menambahkan beberapa bahan yang dapat membuatnya bekerja dengan maksimal. Seperti menambahkan susu atau madu misalnya.

Namun pastikan kulit wajah tidak mengalami alergi. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan uji tempel terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada wajah.

Rekomendasi Produk Masker Beras

Cosrx Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask

Produk multifungsi ini bisa digunakan dalam berbagai cara. Mulai dari masker bilas, overnight mask, hingga krim pagi hari.

Karena mengandung beras dan niacinamide, membuat tekstur dari produk ini terasa ringan dan mudah terserap. Sehingga mampu mencerakan, menutrisi, sekaligus memberikan kelembapan yang maksimal.

Skinfood Rice Mask Wash Off

Innisfree It’s Real Squeeze Mask Rice

Sheet mask dari Innisfree diperkaya dengan kandungan beras yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah. Produk ini mengekstraksi beras secara perlahan pada suhu yang rendah, sehingga membuat nutrisi yang ada di dalamnya tetap terjaga.

Untungnya, masker ini sangat mudah untuk digunakan karena kamu hanya perlu menempelkannya pada wajah. Nantinya kulit pun akan menyerap nutrisi-nutrisi secara maksimal.

The Body Shop Chinese Ginseng & Rice Clarifying Polishing Mask

Diformulasikan dengan ekstrak ginseng, beras, dan minyak biji wijen, membuat produk ini mampu menghaluskan, mencerahhkan, sekaligus merevitalisasi kulit. Apalagi jika kamu menggunakannya setelah beraktivitas seharian.

Gunakanlah secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

I’m From Rice Mask

Masker asal Korea ini dibuat dari beras organik yang tumbuh di wilayah Yeoju, Korea. Selain mengandung beras, ternyata terdapat vitamin B1 dan B2 yang dapat mengembalikan elastitistas kulit.

Dengan butiran scrub yang ada di dalamnya, kamu bisa mengeksfoliasi wajah dan meluruhkan sel-sel kulit mati. Nantinya wajah pun akan terlihat lebih bercahaya dan lembap.

Keana Nadeshiko Rice Mask

Setiap lembar dari masker ini mengandung empat jenis serum yang diolah dari beras asli yang berasal dari Jepang. Serum ini berfungsi untuk melembapkan, memperbaiki tekstur kulit, sekaligus menjaga elastisitasnya.

Menariknya, tekstur dari masker ini akan terasa cukup tebal dan kamu bisa menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya dengan baik.