Suka Film Cowboy? Ini 12 Rekomendasi Film Seru Yang Wajib Ditonton

film cowboy
Foto: Istimewa

Film dengan tema koboi atau yang biasa disebut dengan western merupakan genre yang seru untuk diikuti. Apalagi dengan adegan kejar-kejaran sambil menunggangi kuda, membuat film cowboy semakin menegangkan.

Selain itu, latar kota yang berada di daerah tandus dengan adegan tembak menembak juga menjadi ciri khas yang membuat jalan ceritanya menjadi semakin menantang. Berikut 12 rekomendasi film cowboy yang bisa kamu tonton.

Once Upon A Time in the West (1986)

film cowboy
Foto: www.imdb.com

Disutradarai oleh Sergio Leone, film cowboy ini mengisahkan tentang seorang pria yang dijuluki dengan sebutan “Harmonika” (Charles Bronson), yang ingin membalas dendam terhadap penjahat yang bernama Frank (Henry Fonda).

Setibanya di stasiun, Harmonika membunuh tiga pria yang berusaha untuk menyergapnya. Ketika berusaha untuk mengejar Frank, Harmonika malah bertemu dengan Cheyenne (Jason Robards) yang juga merupakan penjahat.

Meski awalnya mereka berdua saling menyerang, namun akhirnya Harmonika dan Cheyenne mulai bekerja sama demi membalaskan dendam kepada Frank.

News of the World (2020)

film cowboy
Foto: www.imdb.com

Dibintangi oleh Tom Hanks, film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Paulette Jiles. Berlatar tahun 1870, Kapten Jefferson Kyle Kidd (Tom Hanks) beralih profesi menjadi seorang pembaca berita.

Suatu hari ia menemukan seorang anak perempuan berusia 10 tahun bernama Johanna (Helena Zengel) yang terpisah dari keluarganya. Ayah, ibu, dan saudaranya telah meninggal, sehingga gadis ini menjadi sebatang kara.

Akhirnya, Kidd pun membantu Johanna untuk mencari paman dan bibinya yang tinggal di Castroville. Keduanya melalui perjalananan yang sangat berat, mulai dari kehilangan kereta kuda, hingga baku tembak dengan sekelompok gangster.

Bone Tomahawk (2015)

film cowboy
Foto: www.imdb.com

Film cowboy yang satu ini mengisahkan tentang Sheriff Franklin Hunt (Kurt Russel) yang tidak segan untuk menembak siapa pun yang dianggap berbahaya. Termasuk ketika ia menembak kaki salah satu bandit yang tengah melakukan perbuatan mencurigakan.

Samantha (Lili Simmons) yang memiliki keahlian medis pun diminta untuk merawat sang bandit di dalam penjara. Keesokan paginya, mereka berdua tiba-tiba menghilang dari penjara dan meninggalkan barang bukti berupa panah.

Dibantu dengan Arthur (Patrick Wilson), Chicory (Richard Jenkins), dan John Brooder (Matthew Fox), Sheriff Hunt melakukan perjalanan untuk menyelamatkan Samantha.

The Hateful Eight (2015)

The Hateful Eight 2015 | | Suka Film Cowboy? Ini 12 Rekomendasi Film Seru Yang Wajib Ditonton
Foto: www.imdb.com

Major Warren (Samuel L. Jackson) baru saja mendapatkan pesanan untuk mengantarkan mayat. Setelah mengantarkan tiga mayat, pembunuh bayaran ini berencana untuk menuju ke sebuah tempat yang bernama Red Rock.

Setibanya di sana, ia bertemu dengan John Ruth (Kurt Russell) yang memiliki profesi serupa dengannya dan tengah membawa Daisy Domergue (Jennifer Jason Leigh) yang merupakan tahanannya.

Ruth pun mulai curiga dan merasa bahwa Warren akan membunuhnya dan merampas Daisy.

Namun mereka berdua akhirnya sepakat untuk melakukan perjalanan bersama. Sayangnya, perjalanan ini harus terhenti ketika munculnya badai yang cukup besar.

Django Unchained (2012)

Django Unchained 2012 | | Suka Film Cowboy? Ini 12 Rekomendasi Film Seru Yang Wajib Ditonton
Foto: www.imdb.com

Django (Jamie Foxx) dan sang istri, Broomhilda von Shaft (Kerry Washington), dijual untuk menjadi budak. Namun dalam perjalanannya, tiba-tiba Dr. King Schultz (Christoph Waltz) mencoba untuk menawar Django dengan harga yang cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan Django pernah bekerja untuk Brittle bersaudara yang merupakan buronan Schlutz. Dengan menjadikan Django sebagai budaknya, pria ini yakin bahwa dirinya dapat membunuh para pelanggar hukum tersebut.

Setelah terus bernegosiasi, akhirnya Schultz akhirnya berhasil menjadikan Django sebagai budaknya, mereka pun langsung menjalankan misi untuk menemukan keberadaan Brittle bersaudara.

Hidalgo (2004)

Hidalgo 2004 | | Suka Film Cowboy? Ini 12 Rekomendasi Film Seru Yang Wajib Ditonton
Foto: www.imdb.com

Frank T. Hopkins (Mortensen) adalah seorang koboi sekaligus kurir di Kavaleri AS. Ia diundang untuk mengikuti lomba balap kuda oleh Sheikh Riyadh kaya raya (Omar Sharif).

Tujuan Sheikh mengundang Hopkins adalah ingin menunjukkan bahwa kuda-kuda Arab dan penunggangnya merupakan petarung yang hebat, dan tidak sebanding dengan kuda milik Hopkins.

Sheikh pun melakukan segala cara agar seluruh kuda dan penunggangnya bisa memenangkan balapan tersebut. Karena ia sangat ingin menjatuhkan Hopkins.

Bagi Hopkins, balapan kuda ini menjadi ajang untuk membuktikan harga diri dan perjuangan hidup mati bersama kuda kesayangannya.

Cowboys & Aliens (2011)

film cowboy
Foto: www.imdb.com

Seorang penjahat buronan (Daniel Craig) baru saja kehilangan ingatan dan terbangun dengan penuh luka di padang pasir. Anehnya, di tangannya terdapat sebuah gelang logam aneh yang tidak bisa dilepas.

Tak lama kemudian, datang tiga orang berkuda dan mencoba merampas harta milik buronan. Namun buronan ini berhasil melawan dan mengalahkan mereka, hingga akhirnya ia pun mengambil pakaian, senjata, dan kuda.

Ia pergi ke Absolution untuk mendapatkan perawatan, dan akhirnya bertemu dengan Meacham (Clancy Brown, yang membantunya untuk merawat luka-luka tersebut.

The Assassination of Jesse James (2007)

film cowboy
Foto: www.imdb.com

Seperti judulnya, film ini mengangkat kisah tentang pembunuhan yang dilakukan oleh Robert Ford pada Jesse James.

Jalan cerita ini dimulai dengan sebuah kelompok perampok yang dipimpin oleh Jesse James (Brad Pitt) dan kakaknya, Frank James (Sam Shepard).

Mereka berencana untuk merampok sebuah kereta di daerah Blue Cut. Dalam kelompok tersebut, terdapat seorang pemuda berusia 19 tahun yang bernama Robert Ford (Casey Affleck) yang sangat mengidolakan Jesse James.

Bagi Robert, bergabung degan kelompok perampok merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan perhatian dari idolanya.

Namun sayang, ekspektasi Robert tidak sesuai degan kenyataan yang ia dapatkan, sebab Jesse dan anggota kelompok lain justru meremehkannya.

The Proposition (2005)

The Proposition 2005 | | Suka Film Cowboy? Ini 12 Rekomendasi Film Seru Yang Wajib Ditonton
Foto: www.imdb.com

Karena kejahatan yang dilakukannya, Burns bersaudara menjadi incaran dari polisi dan masyarakat. Berjumlah empat orang, dua orang dari Burns bersaudara yakni Mickey (Richard Wilson) dan Charlie (Guy Pearce) telah tertangkap.

Sebagai seorang polisi, Kapten Morris Stanley (Ray Winstone) memberi Charlie sebuah saran untuk membunuh kakak tertuanya yang bernama Arthur (Danny Huston). Hal ini demi menyelamatkan Mickey yang tidak bersalah.

The Magnificent 7 (2016)

The Magnificent 7 2016 | | Suka Film Cowboy? Ini 12 Rekomendasi Film Seru Yang Wajib Ditonton
Foto: www.imdb.com

Film ini mengisahkan tujuh koboi yang berusaha untuk melawan penguasa bernama Barholomew Bogue (Peter Sarsgaard).

Karena Bogue dan komplotannya tengah menguasai kota yang memiliki tambang emas, dan mereka selalu menggunakan kekerasan kepada warga setempat.

Mendengar hal ini, Emma Culle (Haley Bennet) berusaha untuk meningkatkan semangat warga kota agar mau melawan. Emma pun meminta bantuan kepada Sam Chilsom (Denzel Washington) untuk melawan Bogue.

Karena merasa tidak mampu untuk melawan kelompok Bogue, akhirnya Sam pun meminta bantuan Josh Faraday (Chris Pratt), Goodnight Robcheaux (Ethan Hawke), Jack Horne (Vincent D’Onofrio), Billy Rocks (Byung Hun Lee), Vasques (Manuel Garcia-Ruflo), dan Red Harvest (Martin Sensmeier).

Lucky Luke (2009)

film cowboy
Foto: www.imdb.com

Sebagai seorang koboi, Lucky (Dujardin) harus bertemu dengan para bandit. Ketika ia kembali ke kampung halamannya, Lucky telah bersumpah untuk tidak membunuh orang.

Namun sayang, pertemuannya dengan Billy The Kid, Calamity Jane, dan Jesse James memaksanya untuk melanggar sumpah yang telah diutarakan.

Laki-laki ini pun melakukan tembakan secara beruntun selama satu jam, yang mana membuat semua orang merasa takjub.

Kemampuan menembaknya ini lebih cepat dari bayangannya sendiri. Apalagi kuda putih miliknya  yang sangat cerdik, selalu membantu Lucky untuk menjalankan misinya.

Cowboy Bebop (2021)

Cowboy Bebop 2021 | | Suka Film Cowboy? Ini 12 Rekomendasi Film Seru Yang Wajib Ditonton
Foto: www.imdb.com

Film cowboy ini merupakan adaptasi dari anime Jepang dengan judul serupa, yang menceritakan tentang sekelompok pemburu yang berusaha untuk mendapatkan imbalan.

Terdiri dari Spike Spiegel (John Cho) yang merupakan seorang pemimpin, Faye Valentine (Daniella Pineda) anggota, dan Jet Black (Mustafa Shakir) pilot pesawat, mereka bertiga melakukan perjalanan menyusuri galaksi untuk memburu penjahat dengan tembusan yang tinggi.

Mereka berkelana dari satu planet ke planet lain untuk memburu target demi mendapatkan imbalan. Dalam perjalanannya, mereka bertemu dengan beberapa musuh, mulai dari penyelundup narkoba hingga istri seorang penjahat.