Suka Cerita Romantis? Ini 12 Novel Dengan Kisah Cinta Terbaik Yang Wajib Dibaca

rekomendasi 12 novel cinta
Foto: Istimewa

Cerita romantis memang sering membuat pembaca merasa baper, sehingga tak heran jika novel cinta diminati oleh banyak orang. Apalagi jika kisah-kisahnya dibuat dengan sangat manis hingga bisa membuat beberapa orang merasa tersentuh.

Jika kamu senang dengan genre romantis, maka berikut 12 novel cinta dengan kisah yang tak terlupakan.

Jane Eyre | Charlotte Bronte

rekomendasi 12 novel cinta
Foto: www.goodreads.com

Eyre memutuskan untuk memulai kehidupan baru dengan menjadi guru pribadi dari seorang anak di Thornfield. Meski rumahnya terlihat seram, namun Eyre merasa nyaman karena semua orang memperlakukannya dengan baik.

Namun ada satu hal yang mengganggunya, yakni Mr. Rochester yang misterius dan sering memanggil Eyre untuk menemaninya mengobrol. Lambat laun, gadis ini akhirnya mulai semakin mengenal kehidupan Mr. Rochester.

The Notebook | Nicholas Sparks

rekomendasi 12 novel cinta
Foto: www.goodreads.com

Meski hubungan antara Noah dan Allie telah berakhir sejak lama, namun Noah Calhoun masih tidak bisa melupakan gadis cantik yang telah dikenalnya sejak lama. Tidak disangka, Allie ternyata kembali ke kota untuk menemuinya.

Sesungguhnya Allie sudah bertunangan dengan pria lain, akan tetapi ia menyadari bahwa cintanya pada Noah tidak pernah pudar. Saat ia memutuskan untuk menemui Noah, ternyata bibit-bibit cinta di antara keduanya belum berakhir.

Romeo and Juliet | William Shakespeare

rekomendasi 12 novel cinta
Foto: www.kobo.com

Pertemuan antara Romeo dan Juliet terjadi ketika pesta dansa. Meski kedua keluarga mereka sangat bermusuhan, namun mereka berdua tidak memedulikan hal tersebut.

Dengan bantuan Pendeta Laurence, Romeo dan Juliet menikah secara diam-diam. Pendeta pun berharap bahwa pernikahan ini dapat menghentikan permusuhan antar keluarga.

Namun sayang, perang antara kedua keluarga justru semakin panas. Bahkan Romeo telah diusir oleh Pangeran Verona, dan di saat yang bersamaan kedua orang tua Juliet menerima pinangan Count Paris untuk dijodohkan dengan anaknya.

Gone with the Wind | Margaret Mitchell

Gone with the Wind Margaret Mitchell | | Suka Cerita Romantis? Ini 12 Novel Dengan Kisah Cinta Terbaik Yang Wajib Dibaca
Foto: www.amazon.com

Seperti Romeo and Juliet, Mitchell menuliskan kisah romantis dari kehidupan gadis bernama Scarlett O’Hara.

Sejak kecil, Scarlett cenderung bersikap tomboy, egois, dan keras kepala, dan beranjak remaja ia terobsesi kepada seorang pria bernama Ashley Wilkes.

Sayangnya, pria tersebut memilih untuk menikah dengan seorang gadis yang sifatnya berbeda jauh dengannya. Karena merasa patah hati, di usia mudanya Scarlett telah menikah beberapa kali.

Namun ada satu orang yang menjadi lawan tangguhnya, yakni Rhett Buttler, yang sama-sama keras kepala sepertinya. Pria ini sejak awal telah tertarik dengan Scarlett, namun gadis tersebut sangat membencinya. 

Wuthering Heights | Emily Bronte

rekomendasi 12 novel cinta
Foto: www.goodreads.com

Novel ini menceritakan tentang seorang pria bernama Heathcliff yang diadopsi oleh Mr. Earnshaw. Sayangnya, banyak anggota keluarga yang tidak setuju dengan keputusan tersebut, mengingat asal usul anak ini tidak jelas.

Meski begitu, namun Mr. Earnshaw sangat ingin membesarkan Heathcliff. Karena sikap dan perhatian yang diberikan oleh Mr. Earnshaw, hal ini membuat anak-anaknya merasa cemburu.

Bahkan Hindley yang merupakan anak tertua mulai menyerang Heathcliff secara fisik dan verbal.

Walau tidak pernah membalasnya secara langsung, namun Heathcliff justru memanfaatkan kasih sayang Mr. Earnshaw agar bisa membalaskan perbuatan yang dilakukan oleh Hindley.

A Walk to Remember | Nicholas Sparks

rekomendasi 12 novel cinta
Foto: www.goodreads.com

Saat berusia 17 tahun, Landon bertemu dengan gadis bernama Jamie Sullivan, salah satu teman sekolah yang merupakan putri dari seorang pendeta.

Jamie sering kali dianggap aneh oleh teman-temannya, karena selalu mengenakan kardigan dan membawa alkitab kemana pun ia pergi.

Meski begitu, Jamie tetap berhati baik, ia selalu tersenyum dan tidak pernah ragu untuk menolong orang lain.

Tidak ada yang menyangka bahwa Landon akan menjadi semakin dekat dengan Jamie, bahkan ia sering mengantar Jamie pulang setelah latihan drama.

The Princess Bride | William Goldman

The Princess Bride William Goldman | | Suka Cerita Romantis? Ini 12 Novel Dengan Kisah Cinta Terbaik Yang Wajib Dibaca
Foto: www.kobo.com

Buttercup adalah gadis tercantik di dunia, namun gadis ini baru menyadari bahwa ia telah jatuh cinta terhadap seorang pemuda bernama Westley.

Untuk mencari uang, Westley pun memutuskan untuk mengembara ke Amerika dan berniat menikahi Buttercup saat ia sudah sukses.

Sayangnya, Westley dikabarkan tidak selamat saat berlayar ke Amerika, sebab ia ditangkap dan dibunuh oleh bajak laut yang kejam. Merasa patah hati, Buttercup pun memutuskan untuk tidak akan jatuh cinta lagi.

Saat seorang pangeran bernama Humperdinck melamarnya, Buttercup pun menerimanya demi alasan praktis, dan pastinya tidak didasari oleh rasa cinta. Namun menjelang pernikahannya, gadis ini diculik oleh tiga orang misterius.

North and South | Elizabeth Gaskell

North and South Elizabeth Gaskell | | Suka Cerita Romantis? Ini 12 Novel Dengan Kisah Cinta Terbaik Yang Wajib Dibaca
Foto: www.kobo.com

North and South menceritakan tentang era industri di bagian Utara Inggris, tepatnya di kota Milton-Northern.

Margaret Hale yang merupakan tokoh utama dalam novel cinta ini terpaksa harus pindah ke North dan mengalami culture shock, karena kota ini berbeda dengan tempat tinggalnya dulu, South.

Perempuan ini mengalami kesulitan untuk memahami budaya dan cara pandang orang-orang Milton. Apalagi ia juga berburuk sangka terhadap Mr. Thornton, seorang pria dingin, arogan, serta sangat kasar.

Sebaliknya, Mr. Thornton juga menilai Margaret sebagai sosok yang angkuh. Meski hubungan keduanya sangat rumit, namun ternyata mulai timbul rasa cinta dan kekaguman yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

The Fault in Our Star | John Green

The Fault in Our Star John Green | | Suka Cerita Romantis? Ini 12 Novel Dengan Kisah Cinta Terbaik Yang Wajib Dibaca
Foto: www.goodreads.com

Sebagai pengidap kanker tiroid, Hazel dipaksa ibunya untuk menjalani kehidupan seperti remaja pada umumnya.

Mulai dari bersosialisasi di lingkungan hingga bergabung dengan kelompok pendukung yang beranggotakan anak-anak pengidap kanker. Di sana ia bertemu dengan Augustus Waters yang menderita kanker tulang.

Semenjak pertemuan itu, kehidupan Hazel mulai berubah dan menjadi lebih ceria, sebab Augustus sering mengajaknya untuk melakukan kegiatan yang belum pernah ia lakukan sebelumnya.

Anna Karenina | Leo Tolstoy

Anna Karenina Leo Tolstoy | | Suka Cerita Romantis? Ini 12 Novel Dengan Kisah Cinta Terbaik Yang Wajib Dibaca
Foto: www.goodreads.com

Anna Karenina adalah seorang wanita sosialita yang sudah menikah dengan Alexei Alexandrovich, bangsawan kaya dan ternama. Suatu ketika ia bertemu dengan laki-laki muda bernama Vronsky.

Vronsky sangat memuja Anna, hingga akhirnya perempuan ini merasa tertarik dan tidak bisa menghentikan perasaannya. Mereka pun mulai mencuri kesempatan untuk bertemu.

Akhirnya gosip kedekatan mereka pun mulai menyebar, hingga suami Anna mengetahui perselingkuhan yang dilakukan oleh istrinya. Akan tetapi Alex lebih memilih untuk bersikap seolah tidak terjadi apa pun.

The Giving Tree | Shel Silverstein

The Giving Tree Shel Silverstein | | Suka Cerita Romantis? Ini 12 Novel Dengan Kisah Cinta Terbaik Yang Wajib Dibaca
Foto: www.amazon.co.uk

Tidak hanya persahabatan dengan sesama manusia, ternyata ada seorang anak laki-laki yang bersahabat dengan sebatang pohon. Mereka sering bermain bersama sepanjang waktu, hingga akhirnya saling menyayangi dan bahagia.

Namun seiring berjalannya waktu dan anak laki-laki itu beranjak dewasa sehingga tidak mau bermain bersama, dan sang pohon sering merasa kesepian.

Anak tersebut hanya datang ketika ia sedang mengalami kesulitan, namun sang pohon tetap membantunya dengan tulus.

P.S. I Love You | Cecelia Ahern

rekomendasi 12 novel cinta
Foto: www.goodreads.com

Novel cinta pertama karya Cecilia Ahern ini mengisahkan tentang keseharian Holly Kennedy setelah ditinggal mati oleh suaminya. Menurut Holly, kehidupannya juga akan berakhir seiring dengan kepergian sang suami sebab ia merasa sangat hancur.

Namun untungnya Holly tidak sendiri, ia memiliki keluarga dan sahabatnya yang mendukungnya untuk kembali bangkit dari keterpurukan ini.

Apalagi mengingat bahwa Gerry telah meninggalkan setumpuk surat yang harus dibuka setiap bulan selama setahun.