12 Makanan Internasional Yang Wajib Dicoba Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir

rekomendasi 12 makanan internasional
Foto: www.freepik.com

Selain mencicipi makanan khas Indonesia, kamu juga bisa mencoba berbagai makanan internasional yang telah populer dan digemari oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.

Uniknya, setiap negara memiliki hidangan dengan cita rasa yang khas, sehingga terlalu sayang untuk melewatkannya. Apalagi jika kamu hobi melakukan travelling ke berbagai penjuru dunia.

Itulah sebabnya sangat disarankan untuk mencicipi makanan khas dari masing-masing negara yang dikunjungi. Berikut 12 rekomendasi makanan internasional yang enak dan populer di dunia.

Sushi

rekomendasi 12 makanan internasional
Foto: www.pinterest.com/Refinery29

Selain terkenal di negara asalnya, Jepang, sushi juga digemari oleh banyak orang di dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

Terbuat dari beras Jepang yang dimasak menjadi nasi dan diisi dengan ikan mentah yang segar, menjadikannya makanan internasional ini memiliki rasa yang lezat.

Tak hanya ikan mentah, saat ini juga telah hadir sushi yang isiannya telah dimasak terlebih dahulu. Selain itu, beberapa juga menambahkan sayuran dan buah ke dalam makanan khas Jepang ini.

Karena menggunakan beras Jepang, tekstur dari sushi terasa sangat lembut dan sedikit masam. Ini berkat campuran bahan cuka beras, garam, dan gula.

Hamburger

rekomendasi 12 makanan internasional
Foto: www.pinterest.com/Kitchen Sanctuary

Kebanyakan dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan asal Jerman yang satu ini. Kombinasi antara dua potongan roti yang berbentuk bulat dengan isian daging, selada, keju, tomat, dan bawang bombay, menjadi hidangan yang sangat populer di dunia.

Biasanya isian dari hamburger akan dibuat bermacam-macam, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan selera. Saat dihidangkan, makanan ini akan dilengkapi dengan saus tomat, saus cabai, atau mayones.

Di Eropa, makanan ini biasanya masuk ke dalam daftar menu sarapan dan makan siang. Kamu bisa menemukan makanan ini di berbagai restoran cepat saji.

Penang Assam Laksa

penang assam laksa | | 12 Makanan Internasional Yang Wajib Dicoba Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir
Foto: www.canva.com

Salah satu makanan internasional yang memiliki rasa lezat adalah penang assam kuah laksa yang berasal dari Malaysia.

Terbuat dari ikan makarel rebus, asam jawa, cabai, mint, sereh, bawang, dan nanas, membuat hidangan ini memiliki cita rasa yang beragam.

Akan tetapi yang paling khas adalah kaldu ikan yang memiliki rasa asam pedas, di mana bisa membuatmu ketagihan saat menyantapnya.

Selain berisi ikan dan rempah, makanan ini juga disajikan bersama mie dan jahe, yang kemudian disiram dengan kuah lezat.

Berkat perpaduan ini, penang assam laksa menghadirkan rasa yang luar biasa, dan pastinya sangat menggugah selera, apalagi jika kamu menyukai kuliner yang pedas.

Tom Yum Goong

tom yum goong | | 12 Makanan Internasional Yang Wajib Dicoba Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir
Foto: www.pinterest.com/Bee | Rasa Malaysia

Sup ala Thailand ini terbuat dari ayam, udang, ikan, jamur, dan makanan laut lainnya yang disiram dengan kuah khas dengan rasa yang gurih, asam, asin, manis, dan pedas.

Tom yum sendiri terdiri dari dua jenis, yakni berkuah bening tanpa santan atau dengan kuah yang bersantan.

Selain bahan-bahan tersebut, biasanya makanan ini juga ditambahkan dengan beberapa bahan segar lainnya. Mulai dari daun jeruk, sereh, lengkuas, kecap ikan, bubuk cabai, dan jeruk nipis.

Disajikan dengan hangat, menjadikan hidangan ini terasa sangat lezat, apalagi jika disantap saat cuaca dingin.

Kimchi

rekomendasi 12 makanan internasional
Foto: www.pinterest.com/Korean Bapsang

Asinan sayur berisi lobak dan sawi yang difermentasi dan ditambahkan dengan bumbu pedas ini menjadi makanan yang identik dengan Korea Selatan.

Untuk bumbu yang digunakan, biasanya terbuat dari campuran bubuk cabai merah, bawang putih, jahe, udang krill, dan kecap ikan.

Bukan sebagai makanan utama, kimchi merupakan makanan pendamping yang dikonsumsi bersamaan dengan hidangan lain. Atau bahkan beberapa orang mencampurkan kimchi langsung ke dalam masakan, seperti memasaknya dengan nasi goreng.

Makanan ini juga semakin populer seiring dengan banyaknya orang yang menonton drama Korea. Sebab kimchi sering kali dimunculkan dalam adegan film atau drama negara ini.

Lasagna

rekomendasi 12 makanan internasional
Foto: www.canva.com

Makanan internasional selanjutnya yang populer adalah lasagna yang berasal dari Italia. Olahan pasta yang diisi dengan makanan laut, daging, atau sayuran ini biasanya dipanggang di dalam oven.

Adonan kulit dari lasagna ini terbuat dari tepung terigu yang akan terasa nikmat jika disantap selagi hangat. Yang menarik dan menjadi ciri khas dari hidangan ini adalah kulit yang disusun secara berlapis-lapis dan dibuat dengan sangat tebal.

Umumnya, makanan ini akan dihidangkan bersama saus dan taburan keju yang akan membuat rasanya menjadi semakin lezat.

Peking Duck

rekomendasi 12 makanan internasional
Foto: www.pinterest.com/The Woks of Life

Bebek peking merupakan salah satu makanan tradisional dari Tiongkok yang saat ini banyak dinikmati oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia.

Uniknya, hidangan ini dibuat menggunakan daging bebek yang memang khusus diternakkan untuk diolah menjadi makanan ini.

Dalam proses pembuatannya, bebek akan dimarinasi dan digantung hingga semalaman. Kemudian dilapisi dengan sirup manis dan rempah-rempah.

Kemudian bebek akan dibakar menggunakan kayu khusus sehingga bisa menambah aroma yang harum dan khas dari makanan ini.

Proses pemanggangan sendiri ini berlangsung selama 40-45 menit, maka tak heran jika nantinya daging dari ini terasa sangat lembut dan pastinya sangat lezat.

Massaman Curry

massaman curry | | 12 Makanan Internasional Yang Wajib Dicoba Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir
Foto: www.pinterest.com/El Mundo Eats

Sesuai dengan namanya, kari ini menggunakan massaman curry paste yang terbuat dari rempah-rempah. Mulai dari kapulaga, kayu manis, bawang putih, kacang tanah, kecap ikan, terasi, gula merah, dan pala, yang membuatnya memiliki rasa khas.

Akan tetapi, hampir semua rempah yang digunakan pada kari tersebut biasanya disangrai terlebih dahulu. Sehingga menghasilkan rasa yang luar biasa dan mengguggah selera.

Selain bahan tersebut, makanan ini juga dilengkapi dengan santan serta beberapa protein hewani atau nabati, seperti daging sapi, ayam, domba, tahu, atau tempe.

Kemudian, hidangan khas Thailand ini biasanya akan disajikan bersama nasi jasmine dan pakcoy.

Pho

pho | | 12 Makanan Internasional Yang Wajib Dicoba Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir
Foto: www.pinterest.com/Delightful Plate

Makanan ini merupakan sup berisi kaldu yang berasal dari tulang sapi, bumbu dan rempah, serta mie yang dilengkapi dengan daging sapi atau ayam yang dicincang.

Bagi masyarakat Vietnam, pho merupakan makanan pokok yang sering dijadikan sebagai menu sarapan.

Biasanya selederi, tauge, irisan daun bawang, serta tumis sayuran juga ditambahkan ke dalam hidangan tersebut, sehingga dapat menambah cita rasanya menjadi lebih lezat.

Karena isinya yang beragam, menjadikan makanan internasional ini sangat cocok untuk disantap ketika perut kosong.

Croissant

croissant | | 12 Makanan Internasional Yang Wajib Dicoba Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir
Foto: www.pinterest.com/Oscar Acuña

Roti dari Prancis ini menjadi makanan yang populer hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak heran jika banyak orang yang mengonsumsinya sebagai menu sarapan atau untuk menahan lapar.

Croissant sendiri memiliki arti bulan sabit, sesuai dengan bentuknya. Biasanya aroma dan rasa mentega dari makanan ini terasa sangat kuat.

Cita rasa dari roti ini juga dibuat sangat bervariasi, mulai dari keju, cokelat, atau almond. Kamu bisa menyantapnya dengan segelas kopi atau teh ketika bersantai.

Tacos

tacos | | 12 Makanan Internasional Yang Wajib Dicoba Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir
Foto: www.pinterest.com/Damn Delicious® | Quick and Easy Family-Friendly Meals

Tacos menjadi salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Hidangan asal Meksiko ini terbuat dari gulungan tortilla dengan isian sayuran, daging, serta saus di dalamnya.

Tortilla sendiri merupakan roti yang berbahan dasar jagung atau terigu yang dibuat tanpa ragi. Selain itu, bentuk dari roti ini juga sengaja dibuat menyerupai lingkaran pipih dengan tekstur yang empuk.

Berkat perpaduan dari isian dan kulit tortilla, menjadikan makanan ini terasa sangat gurih sekaligus lezat.

Chili Crab

rekomendasi 12 makanan internasional
Foto: www.pinterest.com/TUTTOFOOD

Seperti namanya, makanan asal Singapura ini terdiri dari kepiting yang dibalur dengan saus yang pedas yang terdiri dari sambal tomat, sambal cabai, dan telur kocok.

Daging kepiting dari hidangan ini biasanya terasa sangat lunak dengan bumbu yang dibuat sangat meresap dengan rasa manis, gurih, dan agak pedas.

Ketika membuka cangkang kepiting, maka dijamin sausnya akan berlumuran pada jarimu. Agar lebih nikmat, biasanya hidangan ini akan disajikan dengan roti mantao yang digoreng atau dikukus.

Kamu bisa mencelupkan roti tersebut ke dalam sausnya. Dijamin, makanan ini akan membuatmu ketagihan.