Rekomendasi: 10 Film Horor Non-Hollywood Wajib Tonton

Foto: www.freepik.com

Film horor terbaik itu tidak hanya membuatmu menjerit, tapi juga menjadikanmu sedikit parno. Di kamar tidur. Di kamar mandi. Di kantor. Bahkan lama setelah kamu selesai menonton filmnya. Iya ‘kan? Dan jika kamu malas berdandan hantu-hantuan, cara terbaik untuk merayakan Halloween adalah menonton film yang membuatmu menjerit, ketakutan dan tertawa—setelahnya, di depan cermin kamar mandi. Sendirian. Dan 10 film horor non-Hollywood di bawah ini dijamin akan membuatmu merasakan efek-efek di atas. Jadi, jangan lupa sebarkan garam, letakkan kitab suci dan baca-baca doa sebelum menontonnya.

Previous
Next

Funny Games (Austria)

Foto: www.imdb.com

Peringatan: setelah menonton film ini, kamu tidak akan menjadi orang yang sama lagi. Sekali menonton, tidak ada istilah ‘rewind‘. Jadi, tanggung sendiri konsekuensinya.

Film yang dirilis pada tahun 1997 dan disutradarai Michael Haneke ini berkisah tentang dua orang psikopat yang menyendera dan menyiksa sebuah keluarga yang sedang berlibur. Fakta bahwa latar belakang tempatnya sangat eksotis, membuat film ini makin seram. Tidak hanya unsur horor yang menjadikan film ini wajib tonton, tapi juga isu-isu kultural yang membuatmu akan lebih merenung.

A Girl Walks Home Alone at Night (Amerika Serikat)

Foto: www.imdb.com

Judulnya saja sudah bikin deg-degan, apalagi menontonnya. Film berbahasa Persia ini bercerita tentang vampir kesepian di sebuah kota bernama Bad City. Seperti namanya, kota ini bau busuk—sepertinya berasal dari bangkai-bangkai mayat yang bertebaran di sudut-sudut kota. Horor? Sudah pasti. Akan tetapi, topik tentang kekuasaan dan ketidaksetaraan gender membuat narasi film ini sangat spesial. Pokoknya sangat menghibur, pintar dan nyeni banget.

Goodnight Mommy (Jerman)

Foto: www.imdb.com

Entah kenapa, alih-alih ‘oh, so sweet‘ judulnya saja sudah bisa membuat bulu kuduk merinding. Ceritanya, dua anak laki-laki penasaran tentang identitas asli sang ibu. Bagaimana tidak, tiba-tiba pulang ke rumah dengan wajah dibedong dengan perban! Pssst… harus agak sabar sih, menonton film ini karena memang alurnya dibangun dengan perlahan. Akan tetapi jika kamu tetap melanjutkannya sampai akhir, penantian dan waktu yang sudah kamu habiskan untuk duduk dan menyimak—tidak akan sia-sia. Ohya, selalu ada banyak kejutan, jadi jangan heran jika setelah menonton ini suaramu serak.

Raw (Belgia)

Foto: www.imdb.com

Apa yang terjadi jika seorang vegetarian sejati dipaksa makan daging? Nuh-uh, bukannya dimuntahin, cewek tersebut malah ketagihan rasa daging segar. Dan semakin rasa laparnya terhadap daging tidak terbendung, keinginannya untuk mendapatkan daging pun mulai bervariasi. Wedew! Pastikan jantungmu sehat sebelum menonton film ini.

The Devil’s Backbone (Spanyol)

Foto: www.imdb.com

Mungkin ada banyak film horor yang menjadikan panti asuhan, anak yatim menjadi latar belakang cerita, tetapi yang satu ini sangat berbeda. Ketika ayahnya mati di medan perang, seorang anak laki-laki berusia 12 tahun dikirim ke sebuah panti asuhan. Yep, tebakanmu benar: panti tersebut memang berhantu! Akan tetapi tidak hanya tentang itu, anak kecil tersebut mengalami penglihatan-penglihatan penuh misteri. Film ini seram banget dan menceritakan sisi lain menjadi seorang anak kecil saat dunia dilanda perang. Ohya, film ini disutradarai Guillermo Del Toro (Pan’s Labyrinth, The Shape of Water).

Let the Right One In (Swedia)

Foto: www.imdb.com

Daftar ini tidak akan lengkap tanpa film legendaris satu ini. Seorang anak laki-laki korban bully, berteman dengan seorang tetangga baru yang hanya keluar rumah pada malam hari. Hubungan mereka pelan-pelan berkembang sebelum akhirnya dia tahu kebiasaan aneh tetangga baru tersebut. Brrr… menuliskan ini saja membuat nyali ciut (sambil melirik ke belakang), apalagi menontonnya. Kalau bisa ajak teman yang lain ya, saat menyaksikan film ini.

One Cut of the Dead (Jepang)

Foto: www.imdb.com

Horor? √. Komedi? √√. Jadi, jangan langsung berhenti ketika melihat gambarnya, karena film ini sangat jenius dan super lucu! Mencarikan tentang sebuah tim yang membuat film zombie. Oleh karena jika diceriakn lebih lanjut akan membocorkan jalan cerita, maka cukup ini saja: pecinta horor akan jatuh cinta setengah mati dengan film ini.

Tigers Are Not Afraid (Meksiko)

Foto: www.imdb.com

Salah satu film terbaik horor fantasi terbaik tahun ini. Film ini menceritakan tentang dampak kartel narkoba dari sudut pandang lima anak tuna wisma. Tidak hanya dikejar-kejar gembong narkoba, kelima anak yatim piatu tersebut juga diincar oleh hantu. Sedikit mirip seperti The Devil’s Backbone, tapi tetap memiliki ide cerita dan narasi yang sedih dan cerdas.

Pengabdi Setan (Indonesia)

Foto: www.imdb.com

Rasanya akan jadi penonton durhaka jika melupakan dan tidak memasukkan film ini ke dalam daftar ini. Bercerita tentang seorang ibu yang sakit-sakitan dan akhirnya meninggal. Misteri dan peristiwa menakutkan satu-satu bermunculan setelah kematiannya. Tidak tanggung-tanggung, ibu ini bahkan menghantui anak-anaknya sendiri. Jika kamu belum pernah menontonnya, Halloween ini adalah kesempatan yang tepat banget. Sudah melihatnya di bioskop? Tonton lagi, aja!

The Wailing (Korea Selatan)

Foto: www.imdb.com

Sukses banget di Korea dan dipuji oleh banyak kritikus film. Ceritanya, seorang pendatang Jepang tiba di sebuah desa kecil di Korea Selatan, dan mendadak penyakit aneh menjangkiti warga. Seorang polisi, demi menyelamatkan anak perempuannya, mau tidak mau harus memecahkan misteri ini. Film ini memang cukup panjang (156 menit), tapi pecinta film Korea harus nonton, begitu pula penggemar setia film horor!

Itu dia rekomendasi film horor terkeren! Apa film horor favoritmu? Dan jika pikiran ‘pergi liburan bersama teman’ adalah sesuatu yang horor—jangan takut. Tips ini akan membuat pertemananmu akan tetap baik-baik saja setelah traveling.