Kebiasaan Ini Membuat Kehidupan Seks Lebih Baik

Sudahkah kamu melakukannya?
Foto: www.istockphoto.com

Sudah belajar bagaimana cara bersyukur? Jika belum, sekarang adalah saat yang tepat. Pasalnya, tidak hanya baik untuk kesehatan mental, studi baru menunjukkan bahwa rasa syukur membuat kehidupan seks dengan pasangan lebih baik.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa semakin orang mengalami dan menerima rasa terima kasih dalam hubungan mereka, semakin mereka ingin memberikan kepuasaan seksual kepada pasangannya. Akibatnya, tercipta kepuasaan seksual yang dirasakan kedua belah pihak.

Apa yang Dilakukan Penelitian Ini?

Para peneliti ingin melihat apakah gratitude bisa meningkatkan sesuatu yang disebut sexual communal strength. Yakni, level di mana seseorang termotivasi untuk memenuhi kebutuhan seks pasangannya. Biasanya, mereka yang memiliki rasa ini dalam level tinggi cenderung lebih peduli kepada pasangannya.

Plus, penelitian sebelumnya memperlihatkan mereka dengan sexual communal strength yang lebih tinggi cenderung memiliki hubungan yang lebih bahagia dan lebih puas secara seksual. Bahkan sejumlah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki sexual communal strength lebih tinggi cenderung memiliki hasrat seksual lebih tinggi dan mudah terangsang.

Dengan merujuk pada beberapa hal tersebut, para ilmuwan berteori bahwa semakin tinggi rasa bersyukur maka semakin berkualitas sexual communal strength. Untuk mendapatkan kesimpulannya, ilmuwan menguji teori tersebut dalam tiga studi terpisah.

Apa Kaitan Rasa Bersyukur dengan Kepuasan Seksual?

Dari studi pertama yang melibatkan 185 orang, terlihat bahwa mereka yang lebih bersyukur di dalam hubungan (baik menerima dan memberikan) cenderung memiliki sexual communal strength yang lebih tinggi.

Sementara di studi kedua, setelah mengamati 118 pasangan selama tiga bulan, mereka menemukan bahwa pasangan yang menerima dan memberi ungkapan syukur berkaitan dengan sexual communal strength yang lebih tinggi semakin bertambahnya usia hubungan.

Lalu dari studi ketiga, para peneliti ingin mengetahui apakah rasa syukur bisa menyebabkan peningkatan sexual communal strength (bukan hanya berkaitan). Mereka meminta 203 partisipan untuk membuat jurnal. Hasilnya, mereka yang menuliskan tentang pengalaman rasa syukur (baik menerima atau memberikan) melaporkan mengalami sexual communal strength yang lebih tinggi.

"Rasa syukur secara positif menyeimbangkan emosi yang muncul karena menyadari bahwa pihak lain memiliki peran atau nilai terhadap mereka," tulis Ashlyn Brady, salah seorang peneliti.

"Rasa bersyukur berfungsi memotivasi orang-orang untuk menjaga hubungan dengan orang yang berharga," jelasnya, dan efeknya hingga "memotivasi orang untuk memenuhi kebutuhan seksual pasangannya."

Kesimpulannya, belajar dan mempraktikkan rasa syukur bisa meningkatkan kehidupan seks kamu dan pasangan. Namun, tentunya rasa syukur tersebut haruslah tulus dan tidak memiliki agenda tersembunyi.