Rahasia Pernikahan Bahagia dan Tahan Lama dari Pasangan Tertua di Dunia

rahasia pernikahan bahagia dan tahan lama
Foto: www.shutterstock.com

Jika dalam perulangtahunan “umur hanyalah angka”, tapi dalam usia pernikahan dengan angka dua digit sepertinya wajar apabila kita memasang telinga tajam saat pasangan tersebut membocorkan sebuah rahasia. Yep, rahasia pernikahan bahagia dan tahan lama. Dari pasangan tertua di dunia.

Charlotte dan John Henderson sudah menikah selama 80 tahun, bertemu di tahun 1943 saat masih berstatus mahasiswa di University of Texas, Austin. Dan 22 Desember ini, mereka akan merayakan ulang tahun emas, perak, perunggu oak setelah menikah selama delapan dekade. Dalam sebuah wawancara dengan Washington Post, Charlotte (105 tahun) dan John (106 tahun) membagikan rahasia pernikahan bahagia, sehat dan tahan lama.

Menurut John, mereka adalah pasangan yang menjadikan ‘jangan pernah tidur dalam keadaan marah’ sebagai motto hidup mereka. Semua pertengkaran dan cekcok harus sudah terpecahkan sebelum hari berakhir! Ah, tidur berkualitas sepertinya juga menjadi faktor yang membuat kehidupan pernikahan bahagia dan tahan lama.

Tidak hanya itu. Selain meminimalkan cekcok dan adu mulut, gaya hidup aktif juga menjadi rahasia pernikahan bahagia mereka. Pasangan Henderson ini senantiasa memasukkan masakan-masakan bergizi (yep, brokoli—sayuran—apel—buah-buahan—gandum utuh dan protein tak berlemak) ke dalam menu harian mereka. Alkohol? Sesekali masih dinikmati. Oh oh, John juga masih sering ke gim! Wow.

Dan satu hal lagi yang mungkin memberikan kontribusi pernikahan tahan lama: pasangan ini tidak pernah punya anak. “Beberapa orang mengatakan bahwa itulah alasan mengapa kami bisa berumur panjang,” kata John. Hmm…

Pssst… meski mereka sudah menikah selama 80 tahun, keduanya sudah menjalin hubungan selama 85 tahun. “[Charlotte] butuh waktu lima tahun untuk memutuskan apakah dia ingin menikah,” jelas John. Pesan moral: jadi, jangan buru-buru!

Sementara itu, rahasia perempuan-perempuan di Jepang memiliki umur panjang adalah karena mengonsumsi ini.