Bagaimana Mendeteksi Produk Kecantikan Palsu

Foto: www.gettyimages.com

Siapa di sini yang sering tergiur dan langsung ingin membeli saat melihat produk kecantikan bermerek dijual dengan harga super duper terjangkau? Pertama, selamat karena kamu berhasil mendapatkan harta karun. Kedua, hati-hati karena itu bisa jadi palsu! Yep, dalam sebuah episode docu-series Broken, diperlihatkan kelam dan peliknya industri produk kecantikan palsu.

Ini Bahaya Memakai Produk Kecantikan Palsu

Menurut sebuah data, secara global, nilai industri tersebut bernilai lebih dari setengah triliun dolar Amerika. Dan berkat internet, barang-barang palsu ini lebih mudah didapatkan dan bisa terlihat seperti “asli.”

Memang sih, harganya murah, tapi bahan-bahan di dalamnya sangat berbahaya.

“Produk-produk kecantikan palsu [bisa] mengandung bahan-bahan yang seharusnya tidak digunakan di dunia perawatan kulit, seperti lem super, dan biasanya mereka dibuat di laboratorium tidak higienis. Kamu bahkan bisa menemukan kandungan bahan-bahan super jahat yang akan ditempelkan ke wajah, yang bisa berupa urine dan tinja,” kata Whitney Bowe, MD, seorang dermatolog yang berbicara di video dokumenter itu. YIKES! Selain itu, produk palsu ini sering kali positif mengandung logam-logam keras seperti merkuri, karsinogen seperti arsenik, dan bakteri berbahaya.

Menurut Bowe, akibat pemakaian produk kecantikan/perawatan kulit palsu tidak hanya sebatas iritasi kulit, tapi juga sakit kepala, berbagai masalah kulit masalah (impetigo, cellulitis, boil, pink eye, dll) kesuburan, dan keguguran. Dengan kata lain, efek yang sangat tidak sebanding dengan harga murah yang kamu dapatkan.

Tips Mengenali Produk Kecantikan Palsu

Foto: www.shutterstock.com

Akan tetapi, seperti yang disampaikan oleh film tersebut, berkat kehadiran para influencer, kehadiran berbagai e-commerce, kultur FOMO (Fear of Missing Out), permintaan terhadap barang-barang ini semakin meningkat. Alhasil, keberadaannya ada di mana-mana. Oleh karena itu, ibarat siswa teladan, kamu mesti menguasai kemampuan ‘mendeteksi barang palsu’. Untuk lebih gampangnya, film tersebut memberikan beberapa cara jitu untuk mengenali produk-produk kecantikan palsu.

Perhatikan Harga

Jika harganya setengah dari harga resmi (cek di situs produk tersebut), ini adalah sebuah indikasi ada sesuatu yang ‘aneh’. Istilahnya, ketika melihat harganya dan kamu langsung berceletuk, ‘ah yang benar?’—mungkin memang itu tidak benar.

Beli di Tempat Terpercaya

Sebagian besar merek kecantikan biasanya hanya menjual produk-produk mereka lewat toko resmi mereka atau retail-retail besar. Jadi jika dijual di tempat lain, keasliannya patut dicurigai.

Amati Kemasan dengan Mata Elang

Kamu seorang ‘polisi gramatika’? Keahlianmu akan sangat berguna untuk mendeteksi barang-barang palsu. Pasalnya, kemasan produk palsu sering kali melalukan kesalahan ejaan. Begitu pula warna-warna yang dipakai di kemasan juga terlihat aneh bahkan jika dilihat oleh mata orang biasa.

Baca Review dengan Cermat

Berhubung ini adalah dunia daring, skeptis itu wajib, terutama saat membaca ulasan-ulasan produk. Perhatikan jika penjual berkali-kali mendapatkan ulasan negatif, atau kalimat ulasannya selalu sama—lebih baik urungkan niat membeli di tempat itu. Bahkan, jika harganya sangat menggiurkan! Mau menjadi Sherlock Holmes? Situs-situs seperti Reviewmeta atau Fakespot bisa membantumu mengidentifikasi ulasan palsu.

Tidak hanya barang palsu, kamu juga wajib tahu cara memilih dan memakai serum dari dua ahli kulit agar hasilnya maksimal.