Tanya Seksolog: Bagaimana Cara Mengetahui Posisi Seks yang Tepat dan Nikmat?

posisi seks
Foto: www.gettyimages.com

Seks merupakan kegiatan yang dapat yang dapat dilakukan untuk bersenang-senang, menjaga kualitas hubungan, atau menghilangkan stres. Namun ketika bercinta salah satu yang penting adalah mencari posisi seks yang dapat memberikan kenikmatan serta memunculkan memori yang indah sehingga menciptakan kebahagiaan.

Untuk mengetahui posisi seks yang sesuai denganmu atau pasangan, maka diperlukan adanya eksplorasi. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kriteria yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mencari posisi seks yang sesuai, LIMONE menghubungi Zoya Amirin, M.Psi., FIAS seorang seksolog klinis dari H Clinic Hang Lekir.

Mengapa Penting Mengetahui Posisi Seks yang Tepat Sebelum Melakukan Seks?

Foto: www.freepik.com

Untuk mengetahui posisi seks tersebut akan tepat atau tidaknya, hal ini dapat diketahui ketika sudah terjadi kontak seksual. Untuk itu ketika melakukan hubungan seks maka yang penting adalah perlu menikmati hubungan seksual yang sedang berlangsung.

Menurut Zoya mencari posisi yang terbaik tentunya perlu dicari, baik laki-laki maupun perempuan keduanya harus memiliki upaya untuk mencari tahu posisi apa dan bagaimana cara menggerakan bagian tubuh sehingga terasa nikmat.

“Jadi apakah sambil menyentuh klitoris, kena G-spot, atau posisi yang membuat connection yang bisa berupa lihat-lihatan mata. Namun, ada juga orang yang pokoknya benar-benar yang terasa kulitnya. Itu benar-benar harus berproses, tergantung pada bagaimana seseorang itu merasakan nikmatnya pada saat melakukan hubungan seks. Jadi, sebenarnya posisi hubungan seks yang paling tepat adalah posisi yang paling merangsang, membahagiakan, dan posisi yang paling nikmat buat keduanya,” ungkapnya.

Zoya juga menambahkan bahwa mungkin saja posisi yang lebih nikmat bagi sisi perempuan ataupun laki-lakinya berbeda. Jadi, untuk menentukan posisi apa dan cara melakukannya dapat tergantung pada bagaimana pasangan memiliki memori-memori ketika sedang bercinta. 

Baca Juga :  Tanya Psikolog: Bagaimana Mengenali Tanda Pasangan yang Siap Nikah?

Apa Saja Posisi Seks?

posisi seks
Foto: www.freepik.com

Terdapat beragam posisi seks yang bisa diketahui dengan berselancar di internet maupun membaca dari sebuah buku. Namun Zoya menegaskan bahwa idealnya posisi seks akan bergantung pada suasana dan tempat ketika sedang bercinta. Karena tidak bisa menggunakan posisi yang sama ketika bercinta di sofa, di dapur, di kamar mandi, atau di tempat tidur. 

“Jadi, tempat dan sedang apa nih, hubungan seksnya, dari pemanasan atau mau quickly seks saja. Yang paling penting, setiap bulannya si pasangan ini harus mencoba posisi baru. Jadi setiap mereka bercinta, mereka bisa bercinta biasa dengan sebanyak satu hingga tiga posisi andalan. Namun yang penting adalah mereka mencoba dan mencari gaya baru, dengan melihat di internet atau di toko buku,” ujarnya.

Selain itu dari posisi seks itu tersendiri akan bergantung pada suasana, tempat, serta tubuh kedua pasangan. Karena setiap orang memiliki tubuh yang berbeda-beda, ada yang tinggi, pendek, kurus, dan gemuk, maka posisi ini akan bergantung pada kondisi tubuh masing-masing.

“Macam-macam posisi ini sangat banyak sekali, posisi saat hamil berbeda, posisi hubungan seksual yang dilakukan pada pengantin baru juga berbeda dengan mereka yang sedang quickie sex. Mereka yang sedang ingin bercinta di mobil, di kolam renang, di pantai itu macem-macem. Artinya sangat tergantung pada tempat dan tubuh dari masing-masing pasangan,” paparnya.

Bagaimana Cara Mengetahui Posisi Berhubungan Intim yang Sesuai?

Foto: www.freepik.com

Untuk mengetahui posisi seks yang cocok denganmu atau dengan pasanganmu, maka perlu dilakukan eksplorasi. Semakin individu mempu mengeksplorasi maka ia akan semakin mengetahui posisi yang sesuai. Zoya menyarankan untuk bereksplorasi sebelum bercinta.

“Kalau saya sih, sebenarnya menyarankan sekali-kali eksplorasi saja berdua, kalau akhirnya ujung-ujungnya bercinta ya nggak apa-apa. Tapi jangan ‘aduh bercinta yuk, tapi eksplorasi yuk, terus bercinta yuk’, wah itu biasanya ribet, tuh. Kalau aku sih, usulnya coba aja bercinta misalnya eksplorasi dengan cara mengetahui zona-zona erotis,” sarannya.

Baca Juga :  Tanya Seksolog: Apakah Rahasia Gaya Bercinta agar Cepat Hamil?

Zona erotis bagi setiap orang akan beragam, baik itu di telinga, leher, tulang belikat, sekitar payudara, perut, dan daerah ketiak. Untuk itu penting melakukan eksplorasi, karena dengan mengetahui zona erotis maka akan membantu mengetahui posisi mana yang benar-benar secara signifikan mampu membuat orgasme.

“Tapi ya, proses untuk bisa mencapai orgasme dan dalam bercinta juga nggak hanya tentang kita, tapi juga pasangan. Bagaimana dua-duanya bekerja sama untuk memberikan rasa nikmat itu secara timbal balik,” tambahnya.

Bagaimana dengan Posisi Saat Sedang Hamil?

posisi seks
Foto: www.freepik.com

Namun perlu diperhatikan bahwa ada beberapa posisi seks yang berbahaya untuk dilakukan. Meski bersifat relatif dan tidak berlaku bagi semua orang, salah satu posisi yang sering disebut oleh perempuan sebagai posisi yang paling membuat mereka mudah mendapatkan orgasme yakni posisi woman on top dan doggy style.

“Nah, posisi ini bisa berbahaya ketika sedang hamil, kalau misalnya tidak hati-hati. Bisa berbahaya kalau laki-laki misalnya di atas. Jadi, jika tidak bisa pakai posisi biasa ketika sedang hamil, coba spooning, atau yang kaya orang cuddling dari belakang atau scissors seperti dua buah gunting menjadi satu," anjurnya.

“Posisi woman on top bisa berbahaya karena ada beberapa orang yang ketika melakukan posisi itu, si perempuannya di atas dan si perempuannya naik turun, bukan sliding kaya maju mundur. Karena seharusnya maju mundur-maju mundur, pinggul dan panggulnya perempuan harusnya bergerak memutar atau ke depan, ke belakang bukan naik turun, kalau naik turun bisa jadi akan cedera pada penis,” lanjutnya.

Selain itu, posisi yang relatif berbahaya jika bercinta di bathub atau kamar mandi. Hal ini karena dinding atau lantai dari kamar mandi yang licin, hingga akan memunculkan risiko. Meski pada beberapa film posisi bercinta di bathub atau kamar mandi ini akan memberikan kesan yang keren, namun pada kenyataannya posisi ini perlu dipertimbangkan. Selain itu, posisi-posisi rumit yang dapat menimbulkan risiko juga perlu dipertimbangkan untuk melakukannya.

Baca Juga :  Apakah Normal Masturbasi Sendirian Saat Sudah Memiliki Pasangan?

Apakah Pemilihan Posisi Seks Sesuai dengan Kepribadian Seseorang?

posisi seks
Foto: www.freepik.com

Nggak, tapi gini menurut Berry McCarthy  dalam bukunya Sexual Desire, bahwa setiap individu itu memiliki gaya relationship seksualnya di ranjang dan ini berbeda dengan gaya relationship-nya di luar ranjang. Jadi itu bukan faktor kepribadian tapi, faktor dinamis dari dua individu yang ketika menyatu di ranjang dan ketika dua individu menjadi couples di luar ranjang,” jawabnya

Zoya juga memberikan gambaran bahwa terdapat sebagian orang yang merasa cocok di ranjang, tetapi mereka justru perlu berusaha untuk menjalani hubungan sebagai pasangan di luar kegiatan seksual.

Sementara sebagian lain ada beberapa orang yang akan merasa nyaman untuk membicarakan apa pun, namun ketika bercinta justru mereka akan berbeda. 

“Karena cara orang membina sexual relationship dan cara membina relationship yang non-seksual itu sangat, sangat dipengaruhi oleh banyak hal dan akan berbeda. Jadi, bukan mencerminkan kepribadian, tapi justru posisi seks dan eksplorasi itu mencerminkan mengenai dinamika dari si pasangannya itu sendiri. Pasangan yang dinamis, mau coba saling memahami dan mau eksplorasi akan lebih berbahagia dibandingkan pasangan yang tidak mau eskplorasi, tidak mau bertukar cerita, tidak mau berbagi," tegasnya.

Selanjutnya: Panduan Lengkap Memilih Sex Toys.