Diet Ini Bisa Membantu Mengurangi Berat Badan dan Melancarkan Metabolisme

plant-based diet adalah
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Apa yang kamu tahu tentang manfaat plant-based diet? Uh-uh, diet ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, dan sebuah studi baru mengatakan bahwa diet ini juga bisa membantu metabolisme.

Para peneliti dari Physicians Committee for Responsible Medicine menemukan bukti bahwa plant-based diet bisa mendorong proses pembakaran setelah makan. Hasilnya? Uh-uh, bisa mengurangi berat badan.

Ilmuwan menemukan kesimpulan ini setelah melibatkan 244 partisipan yang setengah dipilih secara acak untuk mengikuti diet rendah lemak, plant-based diet selama 16 minggu. Sementara setengah partisipan lagi merupakan grup yang dikontrol.

Peneliti meminta partisipan untuk fokus pada konsumsi buah, sayur, gandum utuh, dan legume tanpa pembatasan kalori. Sementara kontrol grup tidak memiliki perubahan pola makan apa pun. Dan kedua grup tidak mengubah pola olahraga dan rutinitas obat-obatan, terkecuali diminta dokter pribadi mereka.

Hasilnya? Grup yang mengadopsi plant-based diet memperlihatkan peningkatan pembakaran kalori setelah makan hingga 16% dan mengalami penurunan berat badan hingga 6 kg. Sementara itu, grup yang dikontrol tidak memperlihatkan perubahan apa pun dalam rentang waktu yang sama.

Oh, jika kamu penasaran, partisipan juga mengalami pengurangan lemak di liver dan sel-sel otot, yang menyebabkan penurunan resistensi insulin di organ-organ tersebut. Tidak hanya itu, terjadi juga penurunan kolesterol LDL. Ini artinya, metabolisme tubuh dalam kondisi sehat.

"Selama bertahun-tahun dan berdekade, pembakaran lebih banyak kalori setelah setiap makan bisa membantu pengaturan berat badan secara signifikan," kata Hana Kahleova, M.D., Ph.D., salah satu peneliti. "Tidak hanya berat badan berkurang, tapi plant-based group juga mengalami peningkatan kardiometabolik yang mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan isu kesehatan lainnya."

Baca Juga :  Gizi Buruk: Mengenali Tanda dan Cara Mengatasinya

Kesimpulannya, studi ini mengonfirmasi kehebatan plant-based diet yang selama ini sudah dilakukan oleh berbagai penelitian lain. Satu yang istimewa adalah penelitian ini menunjukkan bahwa diet ini bisa membantu fungsi tubuh lebih optimal, dengan membantu metabolisme dan mengatur gula darah.

Selanjutnya: Cara mendeteksi gula darah rendah dan mengatasinya lewat makanan.