Berminat Memiliki Rambut Bob? Ini 3 Pilihan Potongan Terbaik Untukmu

rambut bob
Foto: www.rawpixel.com

Ketika memutuskan untuk memotong rambut saat cuaca semakin panas, rambut bob merupakan pilihan yang tepat. Berbeda dengan rambut panjang yang akan cenderung membuatmu merasa gerah, potongan bob kemungkinan besar tidak akan mengganggu aktivitasmu,. Selain itu rambut bob juga dapat membuat penampilanmu terlihat simpel dan lebih segar. 

Tak hanya itu, potongan rambut ini juga cocok untuk semua orang karena dapat disesuaikan dengan bentuk dan tekstur wajah. Dan yang paling penting, model ini juga dapat diterapkan dalam berbagai jenis rambut, baik lurus maupun keriting. Jika kamu tertarik untuk memotong rambut dengan model ini, berikut variasi rambut bob yang dapat menjadi inspirasimu. 

Variasi Model Rambut Bob

rambut bob
Foto: www.rawpixel.com

Potongan rambut ini juga memiliki model yang berbeda-beda, pastikan kamu mengetahuinya sebelum mengambil keputusan untuk memotong rambut.

1. Model rambut bob

Foto: www.pinterest.com

Model bob biasanya merupakan potongan dengan bentuk yang segaris dengan rahang. Potongan ini dibuat lebih bertekstur yang memiliki beberapa level lapisan. Karena lapisan ini akan memberikan rambutmu terlihat lebih berdimensi dan bervolume. 

2. Model rambut lob

Foto: www.pinterest.com

Sejatinya kata lob merupakan singkatan dari long bob. Seperti namanya, model ini merupakan potongan bob dengan versi yang lebih panjang dari biasanya. Kamu bisa memilih lob dengan potongan di atas bahu, setara dengan bahu, bahkan di bawah bahu. Jika kamu telah terlanjur memiliki rambut bob pendek dan ingin memiliki potongan lob, kamu hanya perlu membiarkan rambut tersebut untuk tumbuh lebih panjang. 

3. Model rambut blunt bob

rambut bob
Foto: www.pinterest.com

Model blunt bob memiki variasi paling berbeda dibanding rambut bob pada umumnya, hal ini karena potongan bagian bawah yang dibuat rata. Sehingga jika ingin tampil edgy, kamu dapat memilih potongan blunt bob. Pastikan kamu mendapatkan potongan yang benar-benar rata, karena jika tidak akan membuat rambutmu terlihat berantakan. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Rambut Bob

rambut bob
Foto: www.unsplash.com

Setelah memilih model variasi bob, kamu tetap perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum benar-benar memotongnya. Kamu bisa mencocokkannya mulai dari bentuk wajah hingga cara perawatannya. 

Sesuaikan bentuk wajah

Jika kamu memiliki wajah bulat, kamu dapat memilih bob dengan ujung yang lebih dekat dengan tulang selangka, karena ini akan membuat wajahmu terlihat lebih panjang. Sedangkan jika kamu memiliki wajah dengan bentuk hati, cobalah potongan bob pendek yang akan menonjolkan garis rahang dan tulang pipimu. Sementara untuk wajah persegi, pilihlah potongan rambut yang berada di bawah rahang sehingga membuat pinggiran tulangmu lebih menonjol. Dan untuk kamu pemilik wajah oval, kamu dapat memilih potongan bob apa pun sesuai yang kamu inginkan. 

Perhatikan bentuk leher

Kamu juga perlu memikirkan tentang bentuk leher sebelum menentukan potongan bob. Jika kamu memiliki leher yang panjang, pilihlah potongan bob panjang. Namun jika memiliki leher yang pendek, maka kamu dapat memilih potongan pendek, yang dapat memperlihatkan bentuk lehermu.

Pertimbangkan jenis rambut

Pemilik rambut tebal dapat meminta hair stylist untuk tidak memotongnya secara berlapis. Sementara jika kamu memiliki rambut tipis dan lurus, kamu dapat meminta potongan rambut yang lebih tinggi dari tengkukmu. Dan untuk pemilik rambut ikal, mintalah rambutmu dipotong dengan berlapis, karena akan membuat rambut ikal terlihat mengembang saat kering. 

Ingat untuk selalu melakukan perawatan 

Mengeringkan rambut bob membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding rambut yang lebih panjang. Untuk itu ada baiknya untuk mengganti kondisioner dengan masker yang kaya akan vitamin. Hal ini bertujuan untuk mencegah rambut menjadi kering. Untuk membuat potongan rambutmu terlihat segar, kamu juga bisa memilih produk seperti bedak dan semprotan bertekstur.

Selanjutnya: 10 Dry Shampoo Terbaik agar Rambut Tidak Lepek