Ingin Terlihat Anggun Saat Ke Pesta? Ini 8 Model Sanggul Modern Yang Cantik

model sanggul modern
Foto: www.canva.com

Penggunaan sanggul pada momen-momen tertentu seperti pernikahan, pesta, bahkan wisuda, memang dapat membuat penampilan menjadi lebih cantik, anggun, dan sopan. Berbeda dengan zaman dahulu, saat ini model sanggul modern bisa diaplikasikan dengan rambut asli milikmu sendiri.

Tak perlu lagi bingung mencari model sanggul modern untuk digunakan ke acara yang formal, karena kamu bisa melakukannya dengan banyak cara.

Terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan delapan inspirasi rambut sanggul yang menarik dan cocok untukmu. 

Chignon

model sanggul modern
Foto: www.pinterest.com/Bridal hairstyles

Tatanan klasik yang satu ini terinspirasi dari model rambut para putri di negeri dongeng. Kabar baiknya, terdapat berbagai jenis sanggul chignon yang bisa kamu aplikasikan dan sesuaikan dengan panjang rambut.

Jika kamu memiliki rambut panjang, maka disarankan untuk menggunakan model croissant chignon.

Sementara untuk mendapatkan rambut yang terlihat lebih bervolume, maka kamu bisa memilih gaya loose chignon dengan hasil sanggul yang ditarik ke luar.

Low Updo

Foto: www.pinterest.com/Wedding Forward | Inspirations Ideas Planning

Sesuai dengan namanya, model sanggul modern low updo ini ditata persis di bawah rambut. Kebanyakan sanggul ini diaplikasikan pada wajah bulat atau pemilik pipi chubby.

Gaya rambut yang satu ini sangat minimalis dan tidak akan mendominasi penampilan. Sehingga ini menjadi alternatif yang cocok untukmu yang tidak suka dengan model rambut sasak.

Jika kamu memiliki rambut yang cukup panjang, maka tidak ada salahnya untuk mencoba gaya twisted updo yang merupakan kombinasi antara low updo dan chignon.

Penataan rambut yang satu ini sangat cocok untukmu yang senang dengan nuansa sederhana.

Twisted

Foto: www.pinterest.com/Molle Bridals in Palm Beach Gardens, FL

Baru mendapatkan undangan untuk ke pesta? Jangan khawatir karena kamu bisa mengaplikasikan model sanggul modern gaya twisted. Biasanya model ini dibentuk dengan gaya kepang atau cepol dengan menggunakan donut bun.

Untukmu yang mulai tertarik untuk mencobanya, maka cukup kombinasikan gaya kepang twisted dengan cepol.

Selain itu, bisa juga mencoba sanggul ala chignon dan menambahkan donut bun, sehingga nantinya rambut akan terjalin hingga membentuk sanggul.

Jika kamu pemilik rambut tipis, ini bisa menjadi tatanan rambut yang paling cocok untuk digunakan. Selain digunakan untuk kepesta, kamu juga bisa menerapkan gaya ini ketika menjadi pengantin atau bridesmaid.

Low Bun Long Bangs

model sanggul modern
Foto: www.pinterest.com/Doctissimo

Salah satu cara untuk membuat tampilan lebih tirus adalah dengan memilih model rambut yang satu ini. Di mana gaya rambut dibuat lebih bergelombang dengan tambahan poni dan helaian rambut di bagian sisi kanan dan kiri rambut.

Nantinya rambut di sisi wajah ini akan menutupi sebagian lebar wajahmu, Selain itu, penataan rambut yang dibuat sejajar dengan leher juga dapat mengalihkan perhatian dari bentuk wajah yang lebar.

Tata rambut yang satu ini pun dapat membuat penampilan terkesan classy sekaligus feminin. Jangan lupa untuk memilih gaun yang mewah untuk melengkapi outfit-mu. 

Donut Bun

Foto: www.pinterest.com/rockmamanyc.com

Jika kamu ingin menggunakan model sanggul modern namun memiliki rambut yang pendek, jangan sedih, karena terdapat beberapa penataan rambut yang bisa dicoba.

Gaya rambut pendek yang bisa dibentuk sanggul adalah bob panjang, bob sebahu, hingga bob pendek.

Caranya sangat mudah, yakni kamu hanya perlu menggunakan bantuan donut bun untuk membuatnya lebih bervolume. Ikatlah rambut menjadi ponytail, kemudian pasangkan donut bun di pangkal ikatan ponytail.

Pastikan kamu telah memilih donut bun yang sesuai dengan panjang dan ketebalan rambut. Setelahnya, lingkarkan rambut ke sekeliling donut bun hingga menutupi seluruh bagiannya dan jepit menggunakan penjepit rambut agar tidak terurai.

Kemudian longgarkan sanggul dengan menariknya secara perlahan, hingga kamu bisa mendapatkan volume rambut seperti yang diinginkan.

Side Bun

model sanggul modern
Foto: www.pinterest.com/weddingbucketlist.com

Model rambut sanggul ini dijamin akan membuatmu sangat berbeda dibanding penampilan biasanya. Sebab sanggul yang dibuat menyamping ini memang bisa membuatmu terlihat lebih anggun dan elegan.

Untuk membuatnya lebih bervolume, maka cepol rambutmu dengan hair donut ke arah samping. Meski caranya sangat sederhana, namun gaya rambut yang satu ini sering digunakan oleh banyak orang, mulai dari pesta pernikahan hingga acara runaway.

Tak perlu ragu lagi untuk menggunakan gaya rambut side bun, dan kamu bisa menggunakan gaun warna emas untuk membuatnya semakin terlihat sempurna.

Space Buns

model sanggul modern
Foto: www.pinterest.com/Short Hair Styles: Trending Haircuts & Ideas

Mendapatkan undangan untuk hadir ke pesta kostum? Tenang, kamu bisa menggunakan gaya rambut space buns yang identik dengan gaya Sailor Moon.

Gaya cepol dua ini memiliki bentuk yang unik dan pastinya mudah untuk dibuat. Kamu hanya perlu membagi rambut menjadi dua bagian dengan bentuk zig-zag, kemudian ikat kedua bagian rambut menjadi dua high ponytail.

Selanjutnya, buat satu kepang kecil di masing-masing bagian rambut. Disarankan untuk mengepangnya pada bagian atas atau terluar dari ponytail.

Agar lebih bervolume, kamu bisa menyasak rambut secara perlahan, mulai dari bawah hingga ke tengah.

Lalu gulung kedua ponytail menjadi sanggul dan jepit dengan rapi, kemudian lingkarkan kepang ke sekeliling cepol dan jepit bagian ujungnya agar tidak mudah lepas.

French Twist

Foto: www.pinterest.com/Lulus

Inspirasi model sanggul modern untuk menghadiri pesta adalah French twist yang klasik. Meski gaya rambut ini terkenal di tahun 50-an, namun masih bisa menggunakannya hingga saat ini.

Cobalah untuk menyasak rambut terlebih dahulu dengan mengambil sedikit rambut di bagian tengah atas, lalu sasak bagian dalamnya. Mulailah menyasak dari bagian tengah ke bawah, lalu dari dekat ujung rambut ke bagian tengah.

Selanjutnya sisir rambut di sekelilingnya dan ikat menjadi low ponytail, dan turunkan karet rambut hingga setengah dari pangkal rambut. Kemudian twist ponytail secara vertikal ke arah dalam hingga membentuk sanggul.

Lalu rapikan ujung rambut yang masih tersisa dengan memasukkannya ke dalam sanggul dan gunakan penjepit rambut untuk membuatnya tidak mudah terlepas.