Bernyanyi untuk Bayi Prematur selama Metode Perawatan Kanguru, Bisa Mengurangi Kecemasan Ibu

Perawatan metode kanguru
Foto: www.gettyimages.com

Berbagai penelitian sudah membuktikan manfaat perawatan metode kanguru (kangaroo care). Dan sebuah penelitian terbaru dari Universitas Helsinki menunjukkan bahwa bernyanyi saat melakukan perawatan metode kanguru pada bayi prematur, bisa meningkatkan kesehatan mental dan hubungan ibu-bayi setelah lahir.

Apa yang Dilakukan Penelitian Ini?

Penelitian ini menekankan bahwa ketika anak lahir sebelum waktunya, ibu dan bayi harus terpisah secara fisik karena bayi membutuhkan perawatan khusus. Alhasil, para ibu merasa stres dan khawatir, yang meningkatkan risiko mengalami anxiety dan depresi, terutama jika bayi lahir dengan berat badan sangat kurang. Gejala stres dan depresif ini bisa memberikan efek negatif bagi perkembangan bayi.

Dalam studi ini , para ilmuwan meneliti 24 ibu yang bernyanyi atau bersenandung selama menjalani perawatan metode kanguru kepada bayi prematur mereka selama periode minggu 33 hingga 40 masa kehamilan. Peneliti membagi partisipan menjadi dua kelompok.

FYI, di dalam metode perawatan ini, bayi prematur diletakkan di dada orang tua untuk menjalin kontak kulit-ke-kulit. Biasanya hal ini dilakukan saat ibu masih di dalam ruangan intensive care, setelah kondisi fisik memungkinkan.

Untuk grup intervensi, seorang terapis musik membimbing orang tua untuk menyanyikan lagu yang sesuai dengan umur dan menyediakan materi lagunya.

Sementara di grup kontrol, 12 orang ibu melakukan perawatan metode kanguru hingga minggu 40 tanpa didorong untuk bernyanyi kepada bayi. Anxiety yang dirasakan ibu diukur pada awal dan akhir intervensi. Dan setelah periode bernyanyi, ibu di dalam grup bernyanyi akan melengkapi sebuah kuesioner tentang pengalaman mereka.

Ibu di dalam kedua kelompok ini memiliki sebuah jurnal di mana mereka merekam durasi intervensi harian yang mereka lakukan. Bedanya, ibu dalam kontrol grup juga merekam informasi tentang suara bernyanyi yang mereka lakukan.

Baca Juga :  Apa yang Harus Dipersiapkan Jika Ibu Hamil akan Menjalani Operasi Caesar?

Apa Manfaat Perawatan Metode Kanguru?

Hasilnya? Anxiety menurun secara drastis pada grup ibu bernyanyi setelah periode intervensi. Hal ini dibandingkan dengan ibu yang tidak bernyanyi selama melakukan perawatan metode kanguru.

Hasil kuesioner juga memperlihatkan bernyanyi membuat mood ibu lebih baik (85% peserta), dan menolong mereka menghadapi situasi sulit (67%)

Selain itu, ibu merasa bahwa bernyanyi juga menenangkan diri mereka dan bayi, dan juga membantu menjalin hubungan ibu-bayi. Selama intervensi, ibu yang lebih banyak bernyanyi, tapi 16 orang ibu melaporkan juga melibatkan pasangannya.

"Hasil ini menunjukkan bahwa bernyanyi saat perawatan metode kanguru setelah kelahiran prematur bisa mendukung kesehatan dan hubungan ibu-anak dengan menciptakan situasi dan mendorong koneksi emosi," kata Kaisamari Kostilainen, salah satu peneliti.

"Meski begitu, ibu tetap butuh dukungan, bimbingan dan privasi saat bernyanyi. Menurut penemuan kami, ibu mungkin terbantu dari dukungan dan bimbingan musik terapis," katanya.

Selanjutnya: Kesehatan Mental Ayah Lebih Terjaga Ketika Melakukan Ini.