Pecinta Solo Traveling Harus Mengunduh 8 Aplikasi Ini

Foto: www.shutterstock.com

Solo traveling itu… bikin deg-degan (baca: senang) dan deg-degan lagi (baca: takut). Apalagi jika bepergian ke destinasi dengan bahasa dan budaya yang hanya kita tahu dari panduan mbah Google. Akan tetapi untuk yang sudah pernah melakukannya, pasti tahu nikmatnya! Dan untuk membuat agenda solo traveling semakin mulus dan menyenangkan, pastikan mengunduh delapan aplikasi ini sebelum checkin. Ohya, jangan lupa pastikan baterai ponselmu penuh—karena aplikasi ini tidak ada artinya tanpa status, 100% charged.

Google Maps

Foto: www.shutterstock.com

Semua smartphone mungkin sudah dilengkapi fitur Google Maps. Nah, bagi kamu yang belum memilikinya, kamu wajib pasang aplikasi ini. Fungsinya tak hanya sebagai navigasi jalan, tapi juga menyediakan berbagai infromasi. Hal ini akan memudahkan kita menemukan SPBU, restoran dan destinasi ingin dituju. Tak hanya untuk berkeliling kota atau antar pulau, aplikasi ini berguna ke belahan dunia manapun kamu melancong. Hebatnya lagi ini aplikasi ini bisa digunakan pada mode offline dan mode online.

Moovit

solo traveling
Foto: www.shutterstock.com

Berikutnya aplikasi Moovit. Untuk yang ingin jalan-jalan sembari berhemat, solusinya adalah menggunakan transportasi umum. Aplikasi ini akan memudahkanmu menemukan arah dan informasi transportasi umum yang tersedia di kota tersebut. Bisa dipergunakan di mana pun, lho.

TripAdvisor

solo traveling
Foto: www.shutterstock.com

Mau mencari restoran terdekat dan enak? Akomodasi murah dan terletak di tempat strategis? Pasti kamu sudah tahu, bahwa aplikasi ini bisa melakukan itu semua. Ohya, jika kamu mencari tiket maskapai penerbangan, kamu juga bisa mengaksesnya dari TripAdvisor.

Google Translate

Foto: www.unsplash.com

Ah, siapa sih, yang tidak membutuhkan aplikasi ini. Entah di kantor, di rumah, sampai ketika kencan pertama! Dan saat liburan sendiri pun, aplikasi ini sangat membantu terutama jika kamu pergi berwisata ke luar negeri. Hebatnya lagi, aplikasi google translate ternyata bisa diakses tanpa kuota atau secara offline baik dari Android maupun iOs. Walaupun kuota sedang habis, kamu masih dapat menerjemahkan kata atau kalimat yang ingin kamu sampaikan.

XE Currency

solo traveling
Foto: www.unsplash.com

Aplikasi ini sangat dibutuhkan ketika bepergian ke luar negeri, khususnya yang ingin berbelanja atau pergi menukar mata uang ke money changer. Tenang saja, aplikasi ini telah tersedia untuk platform Android dan iOs. Hebatnya lagi, kamu bisa mengaksesnya secara offline. Dan tersedia juga versi Pro untuk mengetahui mata uang yang lainnya.

TripIt

solo traveling
Foto: www.unsplash.com

Dengan mengunduh aplikasi ini kamu dapat mencatat dan menjadwalkan seluruh kegiatan liburanmu. Mirip seperti asisten pribadi. Semua rencana perjalananmu akan terjadwal secara lengkap dengan detail transportasi perjalanan hingga sampai ke lokasi tujuan.

Tak hanya itu saja, TripIt juga dapat menyinkronkan rencana perjalanan kamu dengan berbagai aplikasi. Salah satunya aplikasi E-mail dan Google Kalender. Aplikasi ini akan memberitahukan kapan harus check in, boarding dan nomor gate. Jadi, ketika penerbanganmu mengalami perubahan jadwal, kamu akan mendapatkan notifikasi langsung dari aplikasi ini.

Skout

Foto: www.shutterstock.com

Mau bertemu dengan orang lain yang juga sedang melakuan solo traveling? Unduh Skout sebelum berangkat dan aplikasi ini akan menghubungkanmu dengan jutaan orang di dunia. Aplikasi ini terutama sangat berguna saat kamu ada di belahan dunia lain dan tidak mengerti bahasanya.

Bumble BFF

Foto: www.shutterstock.com

Aplikasi ini memiliki dua pilihan: mencari pasangan kencan atau teman baik (BFF). Nah, untuk para solo traveller yang ingin berbagi cerita dengan para solois lainnya di tempat yang sama, pergunakan kecanggihan aplikasi ini. Pssst… kamu juga bisa kenalan dengan orang lokal untuk bertanya-tanya tentang lingkungan sekitar.

Dari aplikasi di atas, mana yang sudah kamu miliki? Dan mana nih, yang akan kamu unduh untuk agenda solo traveling berikutnya? Oh, kamu belum tahu mau jalan-jalan ke mana? Destinasi tenang dan damai ini mungkin bisa dijadikan pilihan.

podcast button