Ini Krusial dan Wajib Kamu Lakukan untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Foto: www.unsplash.com

“Imunitas tubuh” mungkin adalah salah satu istilah yang sangat sering kamu dengar dalam tiga bulan belakangan (selain kata “pandemik“, “COVID-19“, dan “jumlah kasus”). Dan berdampingan dengan “imunitas tubuh” biasanya ada frase lain seperti “minum vitamin“, “minum jahe“, dll. Ini kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, terutama di masa pandemik ini. Bagaimana sebenarnya cara meningkatkan imunitas tubuh?

“Kombinasi kebiasaan gaya hidup yang sehat,” tulis Harvard Health Publishing.

“Meski kita belum memiliki bukti bahwa menjaga gaya hidup yang sehat bisa langsung meningkatkan sistem imunitas, kita tahu bahwa kebiasaan yang baik berkontribusi bagi kesehatan, membantu kemampuan kita untuk melawan kuman, bukan menghasilkan masalah baru,” lanjut publikasi tersebut. Oleh karena itu, kita harus memulainya dari sekarang.

Seperti apa gaya hidup yang sehat yang krusial dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh? Berikut beberapa hal yang wajib kamu terapkan setiap hari.

Tidur Lebih Banyak

meningkatkan imunitas tubuh
Foto: www.gettyimages.com

Seandainya kamu bertanya-tanya mengapa tidur sangat krusiasl, ini penjelasannya. “Tidur mengaktivasi sistem imunitas, yang berfungsi melawan infeksi dan memindai kanker atau tanda-tanda penyakit lainnya. Kurang tidur menurunkan sistem imunitas,” kata Dr. Lawrence Epstein, seorang ahli tidur dari Harvard.

Jadi, pastikan kamu tidur selama tujuh jam atau lebih, dan usahakan memiliki jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari. Hindari kafein setelah pukul 4 sore, hindari alkohol atau makan beberapa jam sebelum tidur agar lebih nyenyak.

Tingkatkan Kuantitas Bergerak

meningkatkan imunitas tubuh
Foto: www.gettyimages.com

Olahraga: menurunkan tekanan darah, kolesterol, risiko penyakit jantung, diabetes, depresi, dan masih banyak lagi. Selain itu, olahraga: meningkatkan peredaran darah ke otak, kemampuan berpikir, kekuatan tulang, jumlah perilisan hormon-hormon yang membuatmu bahagia.

Idealnya, olahraga moderat selama 150 menit per minggu. “Namun, bahkan olahraga selama beberapa menit setiap hari yang bisa membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih berat tetap ada manfaatnya,” jelas Dr. Suzanne Salamon, seorang gerontologi dari Harvard. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara berjalan di rumah, menari, atau melompat-lompat saat menonton atau menelepon.

Kurangi Stres

Foto: www.rawpixel.com

Stres kronis sangat mempengaruhi kesehatan dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Salahkan senyawa kimia tubuh, salah satunya kortisol yang dilepaskan oleh tubuh saat sedang berada dalam mode ‘fight or flight‘. “Level tinggi kortisol bisa menurunkan respons imunitas, terutama menghambat sel-sel darah putih yang disebut limfosit, yang membantu memerangi infeksi,” kata Dr. Beth Frates, direktur Stroke Research and Recovery Institute di Spaulding Rehabilitation Hospital. 

Untuk mengendalikan stres, Frates menyarankan untuk mempraktikkan “tarik nafas dalam” karena bisa membantu menghentikan respons ‘fight or flight‘ dan membuat tubuh lebih rileks.

Konsumsi Makanan Sehat

meningkatkan imunitas tubuh
Foto: www.gettyimages.com

“Serat akan memberikan positif bagi mikroba usus yang membantu imunitas. Nutrisi dari buah dan sayuran menyediakan vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu fungsi imun,” kata Debbie Krivitsky, seorang ahli gizi dari Massachusetts General Hospital.

Jadi, pastikan kamu mengonsumsi sayuran dan buah yang memiliki warna bervariasi agar asupan antioksidan yang berbeda tercukupi. Oh, jangan lupa juga menikmati tumbuhan polong, gandum utuh, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Selain itu semua, untuk meningkatkan imunitas tubuh, pastikan kamu menghindari rokok, minum alkohol dalam jumlah moderat, menjaga berat badan sehat, dan berkonsultasi dengan dokter jika sakit.

Selanjutnya: Jika kemungkinan keluar rumah setelah social distancing berakhir membuatmu khawatir dan stres, coba baca tips dari psikolog ini.