Rambut Kering dan Rusak? Resep Rumahan Ini akan Membuatnya Sehat

rambut kering
Foto: www.gettyimages.com

Pagi ini kamu histeris. Pasalnya, saat bercermin kamu baru menyadari betapa kusam dan keringnya rambutmu. Eits, untuk kondisi ini ada cara mengatasinya di rumah; jadi saat salon tutup pun—bukanlah masalah. Berikut beberapa trik rumahan untuk mengatasi rambut kering dan rusak.

Gunakan Minyak Kelapa Sebelum Keramas

Jika rambutmu terlihat kering dan kusam, mungkin helai-helainya membutuhkan pelembap. Dan tadaaa… silakan memakai minyak kelapa. Ketika diaplikasikan sebelum keramas, minyak kelapa akan mencegah rambut menyerap terlalu banyak air. Tidak hanya menjauhkan unsur kering, hal ini akan membantu helai-helai rambut membengkak yang pada akhirnya bisa membahayakan kutikula.

Lakukan ini: aplikasikan ke rambut dan diamkan selama 20 sampai 30 menit sebelum keramas. Lalu, bersihkan sampai tidak ada tertinggal; lanjutkan memakai sampo dan kondisioner seperti biasa.

Utama Spice – Virgin Coconut Oil

Keramas dengan Air Dingin

Percaya atau tidak, air dingin merupakan salah satu bahan utama untuk menghentikan rambut rusak. Pasalnya, air dingin membersihkan dan merapatkan kulit kepala dan kutikula rambut, yang akhirnya membuat rambut lebih kuat. Hanya pastikan kamu membilas rambut dengan sempurna, karena satu studi menemukan mereka yang keramas dengan air dingin cenderung meninggalkan residu.

Briogeo – Scalp Revival Charcoal+Coconut Oil Micro – Exfoliating Shampoo

Pakai Extra-Virgin Olive Oil

Seandainya kamu belum tahu, minyak zaitun penuh dengan bahan anti-inflamasi yang membantu menyehatkan kulit kepala dan folikel rambut. Pastikan kamu menggunakan Extra-virgin olive oil (EVOO) berkualitas tinggi agar semakiin banyak nutrisi alami dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Silakan memakainya sebagai bagian dari campuran masker, atau hanya minyak saja.  

Wardah – Pure Olive Oil

Pakai Aloe Vera

Ah, aloe vera. Tanaman bersahaja ini memiliki manfaat yang tidak ada habisnya. Ketika dipakai untuk rambut rusak dan kering, kamu bisa menggunakannya sebagai kondisioner atau masker DIY. Formula yang wajib kamu coba: gel aloe vera, madu dan minyak kelapa. Campurkan semua bahan ini dan aplikasikan ke rambut sebelum keramas. Diamkan selama 30 menit .

rambut kering
Sensatia Botanicals – Aloe Vera Botanical Gel

Buat Masker DIY Panas

Bahan kamu butuhkan hanya satu: minyak sebanyak ½ atau ¾ gelas. Entah itu minyak jojoba, almond, kelapa, atau castor. Lalu masukkan ke dalam microwave atau hangatkan di atas kompor; pastikan minyak tidak mendidih. Saat minyak sudah hangat dan bisa disentuh, aplikasikan ke seluruh rambut dan diamkan selama 30 menit sampai satu jam. Untuk lebih aman, bungkus rambut dengan handuk hangat atau shower cap. Bilas dan keramas seperti biasa.

rambut kering
Sephora Collection – Multipurpose Oil

Pakai Masker Telur

Kamu pasti tahu kalau telor sangat baik untuk rambut berkat kandungan protein dan vitamin di dalamnya. Belum lagi asam amino yang membantu melembutkan, menutrisi dan menjaga rambut dari kerusakan akan polusi dan paparan sinar matahari. Untuk rambut kering, ada baiknya menggunakan kuning dan putih telur, untuk menghidrasi dan menguatkan rambut. Untuk rambut pendek, satu telur sudah cukup, dan untuk rambut panjang, coba kocok dua telur atau sampai seluruh bagian rambut tertutupi. Diamkan selama 20 sampai 30 menit dan bersihkan dengan air dingin sebelum keramas. Lakukan ini sekali atau dua kali sebulan. (Protein terlalu banyak juga merusak rambut.)

rambut kering
OUAI – Smooth Shampoo

Gunakan Yogurt

Ada banyak hal yang membuat rambut kering, mulai dari cuaca sampai penggunaan produk yang keras. Untuk mengatasi ini, coba manfaatkan yogurt. Kandungan lactic acid di dalmnya akan berganti sebagai humectant, yang membantu memperlambat kehilangan kelembapan di rambut. Caranya mudah banget: aplikasikan yogurt biasa ke seluruh rambut dan diamkan selama 20 menit. Lalu, keramaslah seperti biasa.

rambut kering
Sachajuan – Hair Repair

Selanjutnya: Ini cara memotong rambut sendiri dan anak di rumah. Dan ini penyebab rambut berminyak dan lepek.