Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan di Masa Pandemik? Lakukan Ini

mencari pekerjaan
Foto: www.gettyimages.com

Apakah kamu sedang mencari pekerjaan baru di saat pandemik ini? Yep, angka pengangguran memang meningkat, tapi ada baiknya kamu tidak terlalu terpaku dengan statistik itu saat mencari pekerjaan baru. Keadaan memang sulit, tapi kamu pasti bisa menemukan pekerjaan baru. Bagaimana caranya? Forbes menuliskan beberapa tips tentang bagaimana menemukan pekerjaan baru di masa krisis pandemik COVID-19.

Miliki Pikiran Terbuka untuk Berbagai Kemungkinan

Pikirkan kemungkinan menjadi pegawai kontrak, temporer, atau jam kerja yang fleksibel. Kepada Forbes, Brand Frattini, dari CareerBuilder, mengatakan agar para pencari kerja untuk melihat kesempatan di bisnis lain yang bidangnya masih sama dan sedang memiliki banyak permintaan. Atau jika memungkinkan coba magang atau menjadi sukarelawan untuk membuka kesempatan baru.

Jangan Putus Asa

Jangan menjadi putus asa dengan anggapan bahwa “pasti mustahil mendapatkan pekerjaan” di saat seperti ini. Memang sulit, tapi kamu pasti menemukannya dengan rasa sabar dan kerja keras. Dan sebaiknya tidak menerima pekerjaan karena putus asa, karena akibatnya bisa negatif baik untuk kesehatan mental dan apa yang kamu terima tidak sesuai dengan keahlianmu. Pastikan untuk tetap berhati-hati saat melakukan wawancara dan mengajukan pertanyaan secara spesifik. Ohya, sembari mencari pekerjaan baru, jangan lupa untuk tetap melakukan hal-hal yang membuat hati senang dan rileks.

Lengkapi Diri dengan Kemampuan Lain

Ada banyak kursus daring di luar sana, baik yang gratis dan berbayar, yang bisa menambah kemampuan dan pengetahuanmu. Coba cari yang sesuai dengan profesimu, atau malah yang sangat berbeda! Siapa tahu kemampuanmu itu berguna untuk pekerjaanmu berikutnya.

Optimalkan CV Kamu

“Para perekrut biasanya menerima sekitar 250 resume per posisi dan hanya menghabiskan 7,4 detik membacanya,” publikas Forbes menuliskan. Itulah sebabnya, dalam hal ini kualitas lebih penting dibandingkan kuantitas. Jadi, pastikan mengoptimalkan isi CV dan resume, serta sesuaikan dengan setiap jabatan yang kamu lamar. “Untuk melakukannya, gunakan selalu katu kunci yang digambarkan di lowongan kerja dan modifikasi sesuai resume kamu.”

Selanjutnya: Ini daftar kursus daring menarik yang bisa kamu ikuti.