Panduan Lengkap agar Outfit Hitam Favoritmu Tidak Terlihat Membosankan

Paduan warna hitam
Foto: www.gettyimages.com

Kamu mungkin sudah sadar bahwa dunia terobsesi dengan warna hitam, dan alasannya sangat masuk akal. Mencari paduan warna hitam sangat mudah dan selalu membuat penampilan rapi dan elegan. Belum lagi, warna hitam bisa membuatmu terlihat lebih tinggi dan ramping.

Tidak heran jika bisa dipastikan bahwa 99,9% penghuni Bumi ini memiliki sesuatu berwarna hitam di dalam lemarinya. Ini berlaku entah kamu penggemar militan hitam, atau pencinta warna-warna terang. 

Namun, ada sisi gelap lain dari warna hitam: Katanya warna ini bisa membuat kita terlihat lebih tua. Plus, warna ini bisa menonjolkan garis-garis dan kerutan halus, serta lingkaran gelap di bawah. Oh, tidaaak! Dan satu lagi: Hitam tidak selalu menjadi pilihan terbaik saat cuaca terik karena warna ini menyerap panas.

Tenang, untungnya ada banyak cara untuk membuat gaya monokromatik ini terlihat menarik dan tidak membosankan. Dan ada trik untuk membuat warna ini tetap trendi, apapun musim yag sedang melanda Bumi. Berikut beberapa inspirasi yang bisa kamu terapkan agar paduan warna hitam yang kamu pilih terkesan inovatif.

Jika Kamu Ingin Memakai Semua Hitam … 

Paduan warna hitam
Foto: www.gettyimages.com

Siapa di sini yang hampir setiap hari menjadikan kombinasi hitam-hitam sebagai gaya andalan? Tidak bisa dipungkiri jika pilihan ini memang super mudah, dan pastinya langsung membuat penampilan keren tanpa berusaha keras. 

Namun jika kamu agak khawatir jika penampilanmu terlihat membosankan (atau membuat orang berpikir kamu akan menghadiri pemakaman)—tenang dulu. Pasalnya, ada cara untuk mengubah gaya monokromatik tersebut menjadi lebih keren. 

Tambahkan Satu Corak Mencolok

Pakai hitam dari atas hingga ke bawah adalah kesempatan yang paling tepat untuk memamerkan aksesoris mencolok. Termasuk, leopard clutch atau statement bag yang selalu kamu ingin pamerkan.  

Kombinasikan dengan Warna Terang

Tas bukan satu-satunya aksesoris yang bisa membuat penampilan hitam-hitam kamu keren. Ada banyak aksesoris lain yang bisa kamu pakai, sebut saja scarf atau ikat pinggang dengan warna kuning. 

Pakai Ikat Pinggang

Seperti yang disebutkan di atas, ikat pinggang adalah aksesoris andalan yang bisa kamu pakai saat memakai baju hitam. Dan jangan lupa mengenakan ikat pinggang metalik atau berwarna karena: pertama, ini akan membuat penampilanmu semakin chic; dan kedua, memberikan kesan semakin ramping. 

Pastikan Sepatumu Heboh

Jika dari atas kepala sampai rok berwarna hitam, pastikan sepatumu berwarna mencolok atau statement shoes. Ohya, statement shoes tidak selalu berarti high heels. Sneakers andalanmu juga bisa kamu menjadi padu padan yang keren. 

Kombinasikan materi dan tekstur

Salah satu cara membuat penampilan hitam-hitam kamu terlihat dari level yang berbeda adalah dengan mengombinasikan materi dan tektur yang berbeda. Misalnya, sesekali padukan katun dengan kulit, suede atau bulu palsu. 

Perhatikan Unsur Proporsional

Di sini artinya: atasan bervolume dengan bawahan yang sedikit ketat. Atau celana lebar dengan blus pas badan. Ini merupakan salah satu prinsip jika kamu ingin bergaya monokromatik, yakni memastikan siluet seimbang. 

Tunjukkan Sesedikit Mungkin Kulit

Pakai hitam dari ubun-ubun sampai ujung jempol bisa menimbulkan kesan membosankan dan terlalu formal. Untuk memberikan sedikit kesan seksi, tunjukkan sedikit kulit. 

Jika yang Kamu Pakai Rok atau Gaun Mini… 

Sekali lagi ini tentang unsur proporsi: Jika kamu memakai rok atau gaun pendek, pastikan item lain yang dipakai memiliki kesan kasual. Ini untuk menghindari kesan ‘mau pergi ke klub’ (kecuali kamu memang mau pergi ke klub, ya).

Jika Kamu Ingin Memadukan Hitam dengan Warna Lain

Paduan warna hitam
Foto: www.gettyimages.com

Hei, bukan berarti ada yang salah dengan memakai ‘semua hitam dari ujung kepala sampai ujung kaki’. LIMONE adalah salah satu pecinta kombinasi tersebut. Namun, ada masanya ketika kamu ingin tampil sedikit berbeda—tapi tetap memakai warna hitam. Iya, ‘kan?

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan? Jika kamu tertarik ingin menambahkan sedikit warna ke dalam dandanan harianmu, berikut paduan warna hitam yang bisa kamu terapkan.

Padukan dengan Navy

Anggapan bahwa kombinasi hitam dan navy adalah sebuah hal yang tabu merupakan mitos. Saat dipadukan dua warna ini akan membuat penampilanmu lebih chic

Masih tidak yakin biru dan hitam adalah jodoh yang dipisahkan oleh anggapan yang salah? Tambahkan satu warna lain ke dalam padu padan ini, misalnya saja beige, camel, atau tan. Pokoknya sesuatu yang tidak terlalu kontras (seperti) yang membuat kombinasi hitam dan navy semakin menarik.

Hopeshow – Stripe Cuff Cardigan
TOPSHOP – PU Pleated Midi Skirt
Padukan dengan Putih

Oke, mungkin kamu adalah salah satu penganut teori ‘putih bukanlah sebuah warna’—tapi yang jelas putih adalah pasangan hidup-mati warna hitam. Untuk memastikan paduan warna hitam-putih ini tidak terlihat membosankan, coba kombinasikan dengan jaket atau blazer hitam.

ZARA – Gaun Midi dengan Sabuk Hias
& Other Stories – Velvet Gold Button Blazer
Padukan dengan Warna Netral

Jika kamu sudah bisa mengatasi ketakutan tentang hitam-dan-navy,  langkah selanjutnya adalah mencoba kombinasi ini: hitam dan warna netral. Di dalam hal ini termasuk warna pudar, abu-abu, atau camel. Paduan ini cocok untuk yang terlihat berbeda saat memakai hitam, tapi tidak ingin terlalu berlebihan.

Pull & Bear – Mickey Mouse Shoulder Pad Shirt
H&M – Tailored Trousers
Tambahkan Sepatu Mencolok

Warna-warna vibran dan mencolok akan melengkapi kostum hitam-hitam yang hampir setiap hari kamu pakai. Dan ini adalah momen yang tepat untuk memamerkan sepatu merah atau kuning mencolok yang selalu ingin kamu pamerkan.

Paduan warna hitam
Massimo Dutti – Limited Edition Jumpsuit with Criss-cross Straps
Vero Moda – Joy Leather Boots
Atau Pakai dengan Tas Heboh

Prinsip yang sama berlaku pada statement bag, yang secara instan akan menjadi fokus outfit kamu. 

Stella McCartney – Falabella Tote Bag
Mango – Waist Straight Slouchy Jeans

Rekomendasi Belanja Item Hitam

Cotton On – Woven Mary Strappy Mini Dress
WAREHOUSE – Midi Cargo Skirt
Paduan warna hitam
Burberry – Intarsia-logo Cardigan
Paduan warna hitam
Junya Watanabe – Shoulder Strap Midi Skirt
Paduan warna hitam
Shop At Velvet – Prana Dress in Black
Paduan warna hitam
Palm Angels – Bear Print Hoodie
Paduan warna hitam
Stradivarius – Balloon Fit Paperbag Trousers with Belt
Paduan warna hitam
ZARA – Kemeja Motif Hewan
Paduan warna hitam
H&M – Knitted Cardigan
Paduan warna hitam
Pull & Bear – Faded Black Doraemon T-shirt

Selanjutnya: Ini panduan lengkap padu padan warna kuning. Dan apakah kamu pecinta blazer? Tren blazer ini wajib kamu tahu. Oh, apakah kamu sedang ingin membeli jeans? Ini tren jeans yang bisa kmau coba.

podcast button