Gim Tutup? Kamu Hanya Perlu 2 Alat Olahraga Ini agar Tetap Fit Saat di Rumah

olahraga di rumah
Foto: www.freepik.com

Sudah seberapa kangen kamu pergi ke gim dan berkeringat serta merasa lebih baik setelah menggunakan berbagai mesin dan peralatan di sana? Well, oleh karena anjuran pemerintah adalah agar sebisa mungkin tetap di rumah, salah satu cara untuk tetap fit dan terasa seperti berada di gim adalah dengan olahraga di rumah dengan alat-alat yang mirip seperti ada di gim.

Haruskah memborong, membeli dan memasukkan semua alat gim ke dalam rumah? Meski barbel dengan berbagai variasi berat sangat baik untuk menjaga kesehatan, ada dua alat lain yang membuat bisa lebih bugar.

Denise Frost, seorang terapis fisik dari organisasi kesehatan Harvard, Spaulding Outpatient Center Brighton, mengatakan ada dua alat yang bisa meningkatkan kualitas olahraga di rumah. Yakni, stability half-ball dan resistance bands. Menurutnya, dua alat ini “sangat bisa mereplika mayoritas mesin atau gerakan alat beban tangan,” seperti yang terdapat di gim.

Selain itu, Frost menyebutkan kehebatan lain dua alat ini: bisa melatih tubuh dan otak pada saat yang bersamaan.

Jika kamu belum terbiasa menggunakan alat-alat ini, berikut panduan singkatnya.

Stability Half-ball

Seperti namanya, alat ini berbentuk seperti bola stabilitas tapi hanya setengah bagian. Teksturnya lembut dan permukaannya yang tidak stabil menantang kita dalam menjaga koordinasi dan kekuatan. Bola ini sangat cocok untuk latihan seperti push-ups, step lunges, squats dan sit-ups. Alat ini juga membantu kamu lebih nyaman saat melakukan gerakan sehari-hari seperti membungkuk, jongkok atau memutar badan.

Resistance Bands

Alat ini tersedia dalam berbagai ketebalan dan panjang serta bentuk; pilih yang paling membuatmu nyaman. Menurut Frost, alat ini memiliki fungsi yang mirip dengan mesin-mesin angkat beban di gim, yakni meningkatkan kekuatan dan gerakan.

Jika kamu memiliki pelatih atau fitness coach, jangan lupa berkonsultasi dan mencari tahu bagaimana kamu bisa mengorporasikan alat-alat ini ke dalam rutinitas olahraga di rumah.

Selanjutnya: Wajib lakukan ini sebelum olahraga apapun—dan di manapun agar olahraga maksimal dan tidak cedera.

podcast button