Lupakan Hygge, Lakukan Niksen agar Lebih Bahagia

Foto: www.shutterstock.com

Jika tahun sebelumnya ada hygge dan lagom, maka sekarang ada niksen. Niksen adalah tren gaya hidup asal Belanda yang intinya adalah ‘seni tidak melakukan apa pun’. Ah, jadi ingat Winnie the Pooh.

Apa itu Niksen?

Jika diterjemahkan secara harfiah, niksen artinya bermalas atau santai. Dalam praktiknya, ini merupakan teknik mengurangi stres. Caranya? Tidak melakukan apa pun demi mengurangi burnout dan kerja berlebihan. Ah ini sih, persis seperti yang dilakukan LIMONE setiap akhir pekan!

Doreen Dodgen-Magee, seorang psikolog yang belajar tentang kebosanan dan menuliskan buku berjudul Deviced! Balancing Life and Technology in a Digital World, mengatakan kepada The New York Times bahwa niksen itu ibarat sebuah mobil yang mesinnya nyala tapi tidak bergerak. “Menurut saya kebosanan itu adalah sebuah momen tanpa ada rencana, pokoknya hanya menikmati waktu itu.”

Samakah niksen dengan malas? Nuh-uh. Konsep niksen itu lebih tentang mengisi ulang diri (agar lebih bahagia dan sehat) dengan tanpa melakukan apa pun. Kamu mungkin sering melakukan ini: pusing banget dengan pekerjaan, tapi begitu menghirup udara segar selama 5 menit—eh, enakan lagi. Nah, itu salah satu contoh niksen.

Bagaimana Menerapkannya dalam Kehidupan Sehari-hari?

Berminat menerapkan niksen dalam kehidupan sehari-harimu? Bentuknya bisa apa saja, terserah dan sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Misalnya nih, menikmati kopi di pagi hari sambil menatap ke luar jendela dan benar-benar menikmati detik demi detik. Atau, cuma duduk di halte bus dan membiarkan imajinasi seliweran. Atau membuat sebuah sudut di rumah, di mana kamu bisa duduk diam, merenung, berimajinasi, menikmati waktu, tanpa ada gangguan.

P.S: bukan berarti bermalas-malasan sepanjang hari, beberapa menit atau satu jam adalah aturan dalam niksen.

Jadi, jika besok atau bahkan saat sedang baca ini kamu merasa sesak nafas dan kewalahan terhadap semua hal dan semua orang, berikan dirimu beberapa menit untuk tidak melakukan apa pun. Kamu sangat diijinkan untuk termenung di sebuah sudut selama beberapa menit!

Lakukan itu, dan jangan lupa lakukan ini juga, ya agar pertemananmu di media sosial langgeng.

podcast button