Destinasi Solo Traveling Berikutnya: 10 Negara Terbaik untuk Perempuan

Foto: Denmark/Unsplash.com

Jangan merasa kecewa dan bersalah jika sejauh ini #resolusimenurunkanberatbadan masih dalam tahap “mengumpulkan niat”. Jika ada satu resolusi yang wajib kamu wujudkan tahun ini adalah solo traveling. Pasalnya, kamu bisa menikmati dunia dengan penuh kebebasan dan pemegang keputusan tertinggi adalah dirimu sendiri. Ah, kamu masih belum tahu tujuan yang tepat di 2020? Ini sebuah ide: melancong ke negara terbaik untuk perempuan versi US News & World Report.

Yep, baru-baru ini publikasi tersebut merilis laporan tahunan yang berisikan daftar negara terbaik di untuk perempuan di dunia. Daftar ini dihasilkan setelah mensurvei hampir 9800 perempuan di dunia. Dan pemenangnya, (coba tebak) tidak lain dan tidak bukan (sama sekali tidak mengejutkan) adalah Denmark. Uh-uh. Menurut media ini negara Skandinavia tersebut mendapatkan nilai terbaik dalam hal: kepedulian terhadap HAM (9,8), persamaan gender (9,6), persamaan pendapatan (9,2), kemajuan (7,9) dan keselamatan (9,8).

Dalam daftar 10 besar, Eropa mendominasi; selain Denmark, juga terdapat Austria, Belanda, Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Switzerland. Sebagai catatan, tahun lalu Swedia berada di urutan teratas, tapi tetap saja dalam urusan persamaan gender dan HAM, lebih unggul dari yang lainnya. Yep, untuk dua bidang itu, Swedia mendapatkan skor sempurna alias 10! Acungan empat jempol patut diberikan kepada Austria karena tahun lalu negara tersebut bahkan tidak masuk ke dalam daftar ini! Namun, di 2020 ini negara tersebut memiliki skor sangat baik (93,3 untuk faktor keselamatan dan 8,5 untuk HAM).

Lalu di manakah negara Asia? Jepang berada di urutan ke-18 (sama seperti tahun lalu) dengan nilai persamaan pendapatan hanya 1,7 dan persamaan gender 0,7.

Sudah siapa dengan paspormu? Berikut daftar 10 besar negara terbaik untuk perempuan di dunia.

10. Austria

9. Australia

8. New Zealand

7. Switzerland

6. Finlandia

5. Kanada

4. Norwegia

3. Belanda

2. Swedia

1. Denmark

Sebelum berangkat dan check-in di bandara, jangan lupa unduh aplikasi ini dulu agar perjalanan solomu semakin menyenangkan.

podcast button