Bagaimana Cara Memiliki Motivasi Agar Bisa Sukses?

Foto: www.freepik.com

Sebuah pertanyaan: Siapa yang ingin sukses? Mayoritas penduduk di Bumi pasti menginginkan kesuksesan, entah itu dalam hal kekayaan, kebahagiaan, atau bentuk lainnya. Namun kesuksesan bukan menjadi hal instan yang dapat diperoleh hanya dengan menjentikkan jari. Kamu perlu menjalani prosesnya dan memiliki motivasi sukses untuk mencapainya.

Namun, bagaimana cara untuk memiliki motivasi sukses? LIMONE telah menghubungi Putu Yunita Trisna Dewi M.Psi., Psikolog, seorang psikolog klinis yang akan menjawab perihal kesuksesan dan pentingnya motivasi yang ada di dalam diri.  

Apa Definisi dari Sukses?

motivasi sukses
Foto: www.freepik.com

“Makna sukses tiap orang berbeda-beda dan durasi waktu untuk bisa mencapai kesuksesan itu pun tiap orang juga berbeda. Ada orang yang memang merasa ketika dia sukses itu ditandai dengan dia sudah bisa memiliki rumah dan mobil pribadi. Atau ternyata punya pekerjaan tetap yang bisa menjamin kehidupannya meskipun nanti sudah pensiun,” ujar Yunita.

“Kemudian ada juga yang merasa sukses ketika sudah bisa mencapai cita-citanya dan bisa membahagiakan orang tuanya. Jadi memang sukses itupun tidak bisa disamakan maknanya antara satu orang dengan orang yang lain,” jelasnya.

Yunita juga menambahkan bahwa ada seseorang yang merasa dirinya telah sukses ketika bisa menghadapi beberapa tantangan atau menjalani proses untuk mencapai suatu tujuan. Meski tujuan yang diharapkan belum sesuai dengan ekspektasinya, namun ia tetap merasa bangga.

Hal tersebut bisa dirasakan karena ia telah menaklukkan berbagai tantangan atau proses yang kurang menyenangkan untuk bisa mencapai tujuan sesuai dengan apa yang diinginkan.

“Yang perlu diketahui bahwa ketika kita ingin mencapai suatu tujuan yang kita anggap itu sebagai sebuah kesuksesan, maka buatlah tujuan yang sifatnya konkrit, jelas, dan memang mungkin bisa kita capai dengan perkiraan waktu berapa lamanya,” tambahnya.

Lantas, apa saja faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan?

Menurut Yunita, faktor kesuksesan dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, di antaranya adalah motivasi dalam diri dan pola pikir seseorang. Ketika ingin menjadi sukses, pastinya muncul keinginan untuk bertumbuh dan terus belajar banyak hal baru untuk bisa beradaptasi dengan berbagai macam perubahan yang ada.

“Kemudian, tidak terlepas juga dukungan sosial dari orang-orang di sekitar kita. Ketika kita ingin mencapai suatu tujuan, hal ini juga tidak terlepas dengan bagaimana pengharapan serta doa kita terhadap Tuhan dalam membantu proses kita untuk menjalani berbagai aktvitas ataupun pekerjaan-pekerjaan yang bisa membawa kesuksesan,” jawabnya.

Apa Pengaruh Motivasi dalam Capai Kesuksesan?

Foto: www.freepik.com

“Ketika kita ingin mencapai kesuksesan, pasti akan ada banyak tantangan yang kita hadapi. Akan banyak pembelajaran yang perlu kita pelajari. Dan yang paling penting adalah motivasinya. Motivasi itu adalah senjata utama bagi kita untuk bisa konsisten mencapai apa yang kita butuhkan dan apa yang menjadi tujuan kita,” paparnya.

Apa yang terjadi jika motivasi sukses yang ada di dalam diri minim dan hanya mengandalkan dukungan dari lingkungan sekitar tanpa menguatkan keinginan dari dalam diri? Hal ini dapat memengaruhi konsistensi serta semangat untuk mencapai tujuan yang menjadi sebuah bagian dari kesuksesan.

“Kalau kita merasa lelah ketika menjalani proses yang sulit dan cukup menantang untuk mencapai suatu tujuan, itu merupakan hal yang wajar. Sehingga apa yang bisa dilakukan adalah beristirahat sejenak dan melakukan evaluasi terkait diri kita dan progres yang sudah kita lalui. Kemudian kita perlu bangkit lagi, melanjutkan kembali perjalanan kita untuk mencapai tujuan yang kita anggap sebagai sebuah kesuksesan,” tuturnya.

“Jadi sekalipun nantinya ketika di dalam perjalanan dalam mencapai sebuah kesuksesan tersebut banyak orang yang meragukan kemampuan kita, nah kita bisa kembali (memikirkan) motivasi tadi,” lanjutnya.

Apa Langkah yang Harus Dilakukan?

motivasi sukses
Foto: www.freepik.com

Ketika telah memiliki motivasi untuk mencapai suatu hal, sebut saja ingin membeli mobil sebelum menginjak usia 30 tahun. Maka hal yang dapat dilakukan adalah mulai memikirkan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.

“Misalnya bekerja dengan pekerjaan seperti apa, dengan gaji yang seberapa yang bisa membantu saya untuk menabung. Kalaupun nanti ada orang-orang yang meremehkan atau meragukan, (maka) balik lagi ke dalam diri. Melihat bagaimana kita bisa meyakinkan diri kita bahwa apa yang diinginkan atau yang dibutuhkan itu konkret. Serta cukup realistis untuk dicapai,” ujarnya.

Jika pada kenyataannya tidak bisa dicapai, maka kamu bisa mulai melakukannya persiapan lainnya. Baik dengan menabung atau menyesuaikan kembali dengan pekerjaan-pekerjaan yang lebih mendukung untuk membuat finansialmu semakin stabil dan lebih baik. Atau jika memang belum bisa mencapainya, mungkin ada hal lain yang lebih baik yang bisa dilakukan.

“Jadi paling dasar adalah motivasi dan keinginan untuk bertumbuh, untuk bisa belajar, dan yakin sama diri kita bahwa apa yang ingin kita capai itu masih memungkinkan untuk terjadi. Kalaupun tidak, ada planning lain atau hal lain yang bisa kita lakukan. Karena kita tidak pernah tahu di masa depan apakah apa yang menjadi harapan kita itu bisa benar-benar terwujud atau tidak,” ungkapnya.

Bagaimana Cara Memotivasi Diri Agar Bisa Sukses?

Foto: www.freepik.com

Untuk mendapatkan motivasi sukses, hal ini dapat dilakukan dengan melihat kembali apa tujuan yang ingin dicapai. Serta makna dari orang-orang tentang kesuksesan itu sendiri. Kemudian langkah yang perlu diambil juga beragam, karena perlu disesuaikan dengan tujuan yang diinginkan.

“Jadi kalau misalnya saya ingin bisa sukses begitu ya, ditandai dengan orang-orang bisa mengenal saya sebagai psikolog yang handal, yang berpengalaman sesuai dengan peminatan dan bidang saya. Berarti cara saya memotivasi diri untuk bisa mencapai hal tersebut adalah dengan belajar sebanyak mungkin.

“Dilakukan dengan membaca buku dan berdiskusi dengan teman-teman sejawat atau yang diluar profesi. Hal ini akan menambah ilmu, wawasan, dan perspektif baru. Jadi banyak cara yang bisa kita lakukan agar terus bisa memotivasi untuk bisa sukses,” terangnya.

Yang terpenting dalam motivasi sukses adalah mengetahui dengan benar apa tujuan yang akan dicapai. Sehingga setelahnya, kamu bisa mulai menentukan langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam menjalani hidupnya.

Bagaimana Mengetahui Tanda Bahwa Kita Telah Sukses?

motivasi sukses
Foto: www.freepik.com

“Ada atau tidaknya tanda kita telah menjadi orang yang sukses, itu masing-masing orang yang bisa merasakannya. Siapa tahu ada orang yang sudah merasa sukses ketika ada beberapa hal yang akhirnya ia bisa capai dalam kehidupannya. Tetapi setelah hal-hal tersebut telah ia capai dan tidak ada hal lain lagi yang ingin dicapai sebagai bentuk kesuksesannya yang lain, itu ‘kan kita nggak pernah tahu juga ya,” katanya.

Selain itu, makna kesuksesan pada hari ini dengan makna kesuksesan pada bulan depan atau tahun depan juga dapat berbeda bagi setiap orang. Ukuran kesuksesan setiap orang pun berbeda. Ada yang menganggap sukses ketika melihat dari segi kekayaan materil, ada yang melihat dari sisi keluarga yang harmonis, atau bahkan keduanya bukan menjadi ukuran kesuksesan.

“Mungkin kita pernah berpikir bahwa sukses adalah ketika kita stabil dalam finansial seperti bisa membeli rumah di usia 30 tahun. Atau malah ternyata sudah bisa beli rumah tetapi belum menikah, nanti itu makna kesuksesannya bisa beda lagi. Karena meskipun sudah beli rumah, ada hal lain lagi yang masih belum bisa membuat seseorang merasa puas, karena apa? Karena mungkin belum punya pasangan,” contohnya.

“Malah ketika dia sudah punya pasangan dan menikah kemudian punya anak, dianggap hidupnya lebih bermakna dan sukses dibanding ketika dia sudah punya rumah misalnya. Jadi mungkin kalau tandanya ditanya seperti apa, itu masing-masing orang berbeda dan tidak ada ukuran yang pasti,” tambahnya.

Apakah Kesuksesan akan Memengaruhi Orang Lain Untuk Menghargai Kita?

Foto: www.freepik.com

“Menurut saya tidak, karena perilaku menghargai orang lain itu memang sebaiknya kita lakukan dan kita tumbuhkan dalam diri kita ketika menjalin relasi dengan siapapun. Pasti kita juga dari masa kanak-kanak sudah dianjurkan untuk belajar menghargai orang lain, bukan hanya karena mereka pintar atau kaya, tetapi memang dengan siapapun kita perlu belajar menghargai orang lain dalam bentuk apa pun,” jawabnya.

Yunita menggambarkan bahwa ketika mengalami kesulitan, maka perlu berterima kasih dengan orang tersebut tanpa memandang siapapun orangnya. Menurutnya, seseorang juga bisa dianggap sukses ketika ia berhasil membantu orang lain.

“Ada satu kalimat menarik yang saya temukan yang menyatakan bahwa when you help others you will also create and environment where others want to help you. Jadi ketika kita bisa membantu orang lain maka kita juga akan menciptakan situasi atau lingkungan di mana orang lain juga ingin membantu kita. Sehingga ada juga orang-orang merasa sukses ketika ia mampu berkontribusi dan bisa membantu orang lain. Sehingga ia merasa lebih bermakna hidupnya dan lebih bahagia,” paparnya.

Lalu, apakah sukses menandakan hidup kita menjadi bahagia?

“Belum tentu ya, karena makna kesuksesan tiap orang itu berbeda-beda juga. Meskipun beberapa orang yang mungkin tujuan kesuksesan dia adalah mencapai kekayaan yang sifatnya materil atau yang mencapai popularitas. Tetapi ia sering bersyukur, menghargai, dan memaknai setiap proses yang ia alami serta dengan kehadiran orang-orang di sekitarnya, mungkin itu bukan sebagai tanda kesuksesan baginya. Tetapi itu proses yang membuat hidup dia menjadi lebih bahagia,” jawabnya.

“Tapi ada juga mungkin orang yang merasa ketika ia bahagia itu menandakan bahwa dia sudah sukses. Jadi ya, beda-beda. Bisa jadi sukses menjadi tanda bahagia atau sebaliknya. Kembali lagi tergantung makna kesuksesan orang-orang itu seperti apa dan makna kebahagiaan itu seperti apa,” lanjutnya.

Kesimpulan

motivasi sukses
Foto: www.pexels.com

Setiap orang memiliki tujuan hidup, pemaknaan, dan motivasi sukses yang berbeda-beda. Ketika ingin mencapai sebuah kesuksesan, pikirkanlah dengan jelas dan konkrit bentuk kesuksesan apa yang ingin dicapai.

Perlu juga memikirkan perkiraan waktu untuk mencapainya. Serta apakah kesuksesan tersebut berkaitan dengan yang bersifat materil atau tidak. Hal ini tentunya akan kembali ke masing-masing individu bagaimana mereka memaknai kesuksesan tersebut.

“Yang terpenting ada kerja keras dan motivasi. Tentunya harus berasal dari dalam diri untuk mau belajar hal baru dan menikmati proses naik-turunnya kehidupan terkait kesuksesan yang ingin dicapai. Terus belajar untuk beradaptasi dalam berbagai perubahan yang ada. Karena setiap kita menjalani suatu hal, memang ada yang namanya perubahan dan variasi. Mau tidak mau kita perlu menyesuaikan diri dengan hal tersebut,” sarannya.

Maka perlu diingat bahwa motivasi dari dalam diri merupakan hal penting untuk dapat mencapai tujuan yang dianggap sebagai kesuksesan.

“Dan punya pemikiran bahwa kita semua sepanjang hidup itu pasti bertumbuh dan berkembang, karena ada banyak hal di dunia ini yang akan kita pelajari yang bisa membuat kita menjadi sukses,” tutupnya.