5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 9 September 2021

Morning Briefing 9 September 2021
Foto: www.canva.com

Satu hari lagi hari Jumat! Tetap terapkan protokol kesehatan, yuk! Sebelum memulai hari, baca lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 9 September 2021.

BPOM sampaikan efek samping vaksin Johnson & Johnson dan CanSino.

KIPI dari kedua vaksin tersebut menunjukkan reaksi ringan hingga sedang. KIPI lokal yang umum terjadi, antara lain nyeri, kemerahan, dan pembengkakan. Sementara KIPI sistemik yang umum terjadi adalah sakit kepala, rasa lelah (fatigue), nyeri otot (myalgia), mengantuk, mual (nausea), muntah, demam (pyrexia), dan diare. BPOM memastikan bahwa kedua jenis vaksin ini telah melalui pengkajian yang intensif terhadap keamanan, khasiat, dan juga mutu vaksin. (CNN Indonesia)

Positivity rate COVID-19 Indonesia mencapai 6,36%

Kementerian Kesehatan menjelaskan positivity rate COVID-19 di Indonesia sudah di bawah 10 persen per Rabu, 8 September 2021, yakni 6,36 persen. Juru bicara vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi
mengatakan tren tersebut sudah cukup baik. Akan tetapi, belum mencapai standar aman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu di bawah 5 persen. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. (Medcom)

KPK: Jawa Barat peringkat 1 kasus korupsi terbanyak di Indonesia.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengungkapkan Jawa Barat  menjadi provinsi peringkat pertama dengan kasus tindak pidana korupsi terbanyak di Indonesia. Hal ini sesuai dengan data korupsi yang ditangani KPK sejak tahun 2004 hingga 2020. Dari sepuluh besar kasus korupsi di daerah yang ditangani KPK, Jawa Barat di peringkat satu dengan jumlah 101 kasus. (Liputan6)

Update COVID-19 global: vaksin Pfizer dan pelonggaran restriksi.

Pfizer akan menyampaikan data dari uji cobanya kepada pihak otoritas “bulan ini”. Data ini berhubungan dengan uji coba dua dosis vaksin kepada anak berusia 5 bulan hingga 11 tahun. Sementara itu menurut data, banyak negara tidak akan bisa memberikan vaksin kepada sebagian besar penduduknya secara penuh hingga setidaknya 2023.

Di sisi lain, Korea Selatan sedang membuat rencana bagaimana hidup berdampingan dengan COVID-19, dan memperkirakan 80 persen populasi dewasanya akan sudah menerima vaksin penuh pada akhir Oktober.

Dan Jumat ini, Denmark akan mencabut semua restriksi COVID-19, karena pemerintah telah mendeklarasikan virus ini “tidak lagi menjadi ancaman untuk masyarakat.” Tetangganya, Switzerland, akan mengharuskan setiap orang untuk memperlihatkan sertifikat vaksin untuk bisa masuk ke restoran mulai Senin depan.

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 222.081.350, dengan 4.589.561 kematian, dan sebanyak 5.551.129.696 dosis vaksin sudah diberikan (Telegraph)

Wanita Afganistan dilarang bermain olahraga.

Dalam sebuah wawancara dengan siaran Australia SBS, wakil ketua dari komisi budaya Taliban mengatakan olahraga wanita tidak pantas dan tidak perlu. Oleh karena itu, wanita Afgan tidak diperbolehkan untuk bermain cricket atau jenis olahraga yang membuat wanita terekpos. Sebagai info, pemerintah interim Taliban terdiri dari tokoh setia Taliban, tidak ada perempuan dan mulai bekerja Rabu kemarin. (The Guardian)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 9 September 2021, jangan lupa mengecek penjelasan lengkap tentang bleaching gigi dari dokter gigi.