5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 9 Oktober 2019

membaca lima hal ini
Foto: www.canva.com

Selamat pagi, semuanya! Sebelum memulai hari, mari membaca lima hal ini terlebih dahulu. Dijamin, pasti bermanfaat!

Well, ternyata penelitian tentang kebiasaan minum alkohol laki-laki bisa mempengaruhi janin… tidaklah benar.

Untuk yang belum tahu, minggu lalu banyak publikasi memberitakan hasil kontroversi sebuah penelitian. Diberitakan bahwa “untuk mengurangi risiko seorang bayi menderita kelainan jantung”, sang ayah harus menghindari alkohol paling tidak enam bulan sebelum pembuahan. Well, ternyata klaim tersebut tidak memiliki dasar yang kuat. Masalahnya, penelitian tersebut sedikit pun tidak membahas—apalagi memiliki data—tentang apakah absennya para ayah dari alkohol selama enam bulan bisa membantu pembentukan bayi. Sepertinya nih, rekomendasi yang disebutkan tersebut hanyalah opini personal para peneliti, yang entah kenapa bisa masuk ke dalam rilisan pers. Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu, BPOM menarik lima obat asam lambung yang mengandung ranitidin

Disimpulkan bahwa kelima obat maag ranitidin terbukti positif tercemar N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang ada kaitannya dengan risiko kanker. Badan pemerintah tersebut memberikan tenggang waktu 80 hari kerja kepada perusahaan farmasi yang memproduksi obat-obatan tersebut untuk menarik produk mereka dari peredaran. BPOM masih akan terus melakukan pengujian terhadap obat maag ranitidin lainnya yang juga berpotensi mengandung cemaran NDMA. Baca berita lengkapnya di sini.

Diperkirakan nilai perekonomian internet di Indonesia akan mencapai $133 miliar per 2025.

Proyeksi ini disimpulkan oleh Google dan Temasek; lebih tinggi 33% dibandingkan prediksi sebelumnya. Nilai tersebut dicantumkan dalam sebuah laporan berjudul “e-Conomy SEA 2019: Swipe Up and to The Right, Southeast Asia’s $100 Billion Internet Economy“. Diperkirakan per 2025 e-commerce Indonesia akan bernilai $82 miliar (hampir dua pertiga nilai digital ekonomi nasional), industri ride-hailing akan mencapai $18 juta, online travel tumbuh mencapai $25 miliar, serta online media $9 miliar. Baca berita lengkapnya di sini.

Apple boleh jadi salah satu merek terbesar dan terkuat di dunia, tapi sepertinya tetap tunduk juga dengan sistem sensor.

Dalam iOS terbarunya (13.1), sistem operasi Apple dilaporkan mencopot emoji bendera Taiwan dari keyboard -nya untuk para pengguna di Hong Kong dan Macau. Keduanya adalah wilayah administrasi khusus Cina. Belum ada penjelasan resmi dari Apple tentang perubahan tersebut dan apakah pencopotan tersebut merupakan permintaan sensor dari pemerintah Tiongkok. FYI, Apple bukanlah satu-satunya yang mengikuti aturan sensor dari Beijing. Google, Microsoft dan TikTok juga melakukannya. Baca berita lengkapnya di sini.

Siapa di sini penggemar berat Alanis Morrissette dan selalu menunggu kabar terbaru dari penyanyi Ironic tersebut?

Dalam postingan terbaru di akun Instagram-nya, Alanis menuliskan pengalamannya saat mengalami postpartum depression (PPD) untuk ketiga kalinya. Ibu tiga anak ini membagikan ketakutan dan kekhawatiran yang sedang dirasakannya sebagai akibat dari PPD. Perempuan yang baru saja melahirkan anak ketiganya ini menyebut kondisi tersebut layaknya “seekor monyet licik dengan golok”. Dia juga membocorkan konflik hati yang dialaminya: tahu persis sedang menderita depresi tapi tidak kuasa untuk menghentikannya. Postingan ini menarik banyak simpati dan dipuji berbagai pihak. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button