5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 9 Juni 2021

Morning Briefing 9 Juni 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Hi! Tetap terapkan protokol kesehatan ya, di manapun kamu berada. Semoga harimu menyenangkan, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 9 Juni 2021.

Kemenkes setujui vaksinasi untuk 18 tahun ke atas.

Kementerian Kesehatan secara resmi telah menyetujui pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk usia 18 tahun ke atas di DKI Jakarta. Provinsi ini dipilih karena beberapa alasan, termasuk persentase kasus positif meningkat dan pelaksaan vaksinasi sudah memasuki tahap ke-3. (Liputan6)

BMKG: Peringatan tsunami 29 Meter Jatim bukan menakut-nakuti.

Menurut Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono peringatan itu dilakukan agar warga waspada dengan skenario terburuk dalam upaya mitigasi. Ia juga menyatakan gempa bumi di atas Magnitudo 7 dan tsunami hingga 29 meter di pesisir selatan Jawa Timur, hanya merupakan sebuah potensi, bukan prediksi.

Sebelumnya, BMKG memperingatkan potensi gempa bumi di atas Magnitudo 7 dan tsunami hingga 29 meter di pesisir selatan Jawa Timur. (CNN Indonesia)

Update COVID-19 global: Delta, dan penambahan kasus.

Jumlah asus harian di India berada di bawah 100.000 untuk pertama kalinya dalam kurun waktu dua bulan, dan Perdana Menteri Narendra Modi berjanji akan mempercepat vaksinasi.

Menurut bukti awal dari Inggris dan Skotlandia menunjukkan bahwa varian Delta (pertama kali ditemukan di India) memiliki risiko lebih tinggi pasien masuk rumah sakit. Sementara itu, varian ini sekarang menjadi sumber kekhawatiran utama di Singapura.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 7 Mei 2021

Di sisi lain, Pfizer akan mengujicobakan vaksinnya pada anak-anak di bawah usia 12 tahun dalam sebuah penelitian tingkat akhir. Sementara itu, menurut sebuah studi berskala besar, aspirin tidak terbukti meningkatkan kemungkinan pasien COVID-19 bertahan hidup.

Dan menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 173.707.923, dengan 3.739.415 kematian, dan sebanyak 2.168.718.999 dosis vaksin sudah diberikan. (Bloomberg)

China dan ASEAN setuju untuk hindari provokasi di Laut Cina Selatan.

Setelah bertemu dalam sebuah rapat di China pada Senin lalu, para menteri luar negeri dari ASEAN dan China mencapai kesepakatan untuk berupaya menghindari ketegangan di Laut Cina Selatan. Pernyataan ini menyusul protes baru-baru ini dari Malaysia dan Filipina terhadap aktivitas militer dan kapal ikan China. (Reuters)

Sinéad O’Connor tidak jadi pensiun.

Dalam sebuah pernyataan baru di Twitter, penyanyi asal Irlandia menjelaskan bahwa dia "mendapat pengaruh negatif" setelah melakukan beberapa wawancara untuk memoir barunya, Rememberings. Sebelumnya, pada Sabtu lalu, penyanyi Nothing Compares 2 U tersebut mengatakan dia akan pensiun "dari tur dan bekerja di industri rekaman". (The Guardian)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 9 Juni 2021, jangan lupa mengecek tentang panduan self care dari seorang psikolog.