5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 9 Desember 2019

Foto: www.canva.com

Ah, Senin—sebagai orang yang sulit bangun pagi, LIMONE berpendapat Senin merupakan hari yang membuat hati sedikit iritasi. Apalagi setelah dua hari berturut-turut, bangun ‘seenak jidat’. Akan tetapi, seperti kata pepatah ‘It’s just Mondaynot a doomsday‘, mungkin ada cara membuat pagi ini lebih bisa ditolerir? Apakah kamu memiliki ritual untuk membuat Senin pagi (atau sepanjang hari) dapat berlalu dengan cepat? Apa pun itu, LIMONE jamin: membaca lima hal ini akan membuat lima menit berlalu dengan cepat!

Ada kemungkinan KPK memberikan supervisi terhadap kasus Harley di pesawat Garuda Indonesia.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Bea dan Cukai, otoritas bandara, serta pihak terkait lainnya. Hal ini menindaklanjuti peristiwa penyelundupan onderdil motor Harley Davidson yang dilakukan mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Ari Askhara. Menurutnya, KPK tidak bisa terlibat langsung dalam penanganan perkara karena hal itu telah menjadi kewenangan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di lingkungan Bea dan Cukai. Baca berita lengkapnya di sini.

Setidaknya 43 orang meninggal di sebuah kebakaran pabrik di New Delhi, India.

Kebakaran terjadi hari Minggu pagi dan korban adalah para pegawai pabrik yang sedang tidur di dalam gedung saat kebakaran terjadi. Mayoritas korban adalah pekerja migran dari Bihar, dan beberapa di antaranya berpenghasilan $2 per hari dan tidur di dalam pabrik di sela-sela waktu kerja yang panjang. Kebakaran yang terjadi di tempat para pekerja membuat tas, topi dan barang garmen lainnya ini, dianggap sebagai insiden terburuk kedua di kota tersebut sejak kebakaran 1997 di sebuah bioskop yang membunuh 59 orang. Pihak berwajib masih menginvestigasi penyebab musibah. Baca berita lengkapnya di sini.

Dunia bawah laut kehilangan oksigen.

Hal ini merupakan kesimpulan dari sebuah laporan dari hasil kerja 67 ilmuwan dari 17 negara yang dirilis International Union for Conversation of Nature. Laporan tersebut menemukan level oksigen di laut turun—disebut, dioksigenasi— kira-kira dua persen antara 1960 dan 2010. Penyebab utamanya adalah perubahan iklim, sementara aktivitas manusia juga memberikan kontribusi yang signifikan. Dioksigenasi ini bisa menyebabkan penghuni laut dan bisa mempengaruhi siklus pembentukan elemen nitrogen dan fosfor yang merupakan “esensial untuk kehidupan bumi.” Baca berita lengkapnya di sini.

Raihaanun dan Cut Mini berhasil membawa pulang Piala Citra.

Kedua aktris tersebut membawa pulang masing-masing sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk film 27 Steps of May dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat film Dua Garis Biru. Penghargaan tersebut diberikan di Malam Anugerah Piala Citra dalam Festival Film Indonesia atau FFI 2019 yang diselenggarakan pada hari Minggu kemarin di Jakarta. Terdapat 21 kategori dan satu penghargaan Lifetime Achievement (diberikan kepada Ade Irawan). Film Kucumbu Tubuh Indahku mendominasi dengan memboyong delapan Piala Citra termasuk film terbaik. Baca daftar lengkap pemenangnya di sini.

Berapa harga pisang yang biasa kamu beli di supermarket?

membaca lima hal ini
Foto: EPA

Sepertinya akan kalah dengan sebuah pisang yang dijual minggu lalu dengan harga $120,000 di galeri Perrotin di Art Basel di Miami. Akan tetapi tidak hanya itu kehebohannya, pisang tersebut sudah dimakan! Seorang performance artist bernama David Datuna melahapnya, karena dia (ehm) lapar. Akan tetapi direktur galeri tersebut mengatakan Datuna tidak menghancurkan karya seni tersebut. Pasalnya, pisang tersebut hanyalah “sebuah ide” dan sebuah “simbol dari perdagangan global.” Pisang tersebut akan diganti dengan pisang lain. FYI, karya seni tersebut diberi nama “Comedian” dan merupakan hasil karya Maurizio Cattelan yang memang dikenal dengan karya yang mengandung unsur humor. Karya lain Cattelan adalah toilet emas 18 karat yang diberi nama Amerika yang baru-baru ini dicuri dari pameran di Inggris. Baca berita lengkapnya di sini.

Semoga membaca lima hal ini membuat pagimu lebih menyenangkan. Berikutnya, coba aplikasikan ini agar wajah pagimu lebih bersinar.

podcast button