5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 9 April 2020

Morning Briefing 9 April 2020
Foto: www.unsplash.com

Selamat pagi! Cuma mau mengingatkan: tetap cuci tangan, tetap di rumah, dan jaga kesehatan. Dan ohya, besok libur. Selamat menikmati akhir pekan panjang dan semoga kamu masih bisa rileks meski masih #dirumahaja. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 9 April 2020.

Pemerintah membebaskan pembayaran bunga dan penundaan pokok angsuran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kelonggaran ini diberikan kepada UMKM yang terkena dampak COVID-19 dengan perpanjangan waktu paling lama enam bulan. Syarat umum penerima kelonggaran itu antara lain kualitas kredit per 29 Februari 2020 dan mereka harus memenuhi syarat kolektabilitas performing loan dan tidak sedang dalam masa restrukturisasi. Sementara persyaratan khusus yang perlu dipenuhi antara lain penerima KUR mengalami penurunan usaha, misalnya karena lokasi usaha berada daerah terdampak COVID-19. Pilihan lainnya, UMKM mengalami penurunan pendapatan atau omzet, atau terganggu proses produksi karena pandemik. Baca berita lengkapnya di Tempo.

Musisi Glenn Fredly meninggal dunia di usia 44 tahun.

Pihak keluarga penyanyi tersebut menyatakan bahwa penyakit tersebut meninggal setelah usia menjalani rawat inap selama satu bulan terakhir akibat penyakit meningitis atau radang selaput otak. Menurut informasi, kondisinya sempat mengalami penurunan selama tiga hari terakhir, tapi tetap bisa berinteraksi sebelum menghembuskan nafas terahir pada 8 April. Pihak keluarga meminta pelayat tidak menghadiri prosesi pemakaman Glenn Fredly di tengah situasi pandemik COVID-19 ini. Glenn telah banyak menghasilkan karya dan lagu hit, termasuk Cukup SudahJanuari, You Are My Everything, dan Akhir Cerita Cinta. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Update COVID-19 dunia: angka kasus terinfeksi mencapai 1.450.343, dengan 83.568 meninggal dan 308.757 sembuh.

Amerika Serikat melaporkan angka kematian terbanyak dalam 24 jam, yakni 1.939 orang, dengan kasus terbanyak terjadi di New York, New Jersey, Louisiana, dan Illinois. Dan Amerika Serikat tercatat sebagai negara dengan jumlah kasus tertinggi di dunia, mengalahkan China. Sementara Prancis dengan jumlah kematian lebih dari 10.000, diprediksikan akan mengalami penurunan ekonomi terendah sejak akhir Perang Duni II. Di China, kereta dan penerbangan mulai aktif dengan tujuan kota-kota besar di seluruh negara. Hal ini dlakukan setelah Komite Kesehatan China melaporkan hanya terdapat 62 kasus baru. Sementara Spanyol akan membuka sejumlah jalur perbatasan minggu depan tapi tetap menerapkan sistem di-rumah-saja sampai 25 April. Pemerintah Mesir menunda pemindahan ibukota administratif hingga 2021, dan pemerintah Singapura memutuskan menutup sekolah, fasilitas publik dan perkantoran. Baca berita lengkapnya di The Wall Street Journal.

Selebriti dan politikus adalah sumber penyebaran utama berita palsu mengenai COVID-19.

Kesimpulan tersebut didapat oleh Reuters Institute di Oxford yang menemukan politikus, selebriti dan figur publik lainnya bertanggung jawab dalam memproduksi atau menyebarkan 20% berita palsu. Unggahan mereka jugalah yang menyebabkan 69% pembicaraan di media sosial. Menurut penelitian ini, para pengecek fakta dan media massa mengalami kesulitan dan bersaing ketat dengan para selebriti ini dalam menjangkau publik. Beberapa nama besar yang baru-baru ini dikritik di antaranya aktor Woody Harrelson dan penyanyi MIA yang menyebarkan konspirasi teori tentang koneksi 5G dengan pandemik. Dan komentar dari Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang menganggap remeh krisis ini dan menampik data ilmiah. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Netflix memperketat sistem pengaturan orangtua bagi anak-anak.

Dengan sistem pengaturan ini, orangtua bisa membuat PIN untuk setiap profil individu, sehingga anak tidak bisa membuka profil orang dewasa. Orangtua juga dapat memilah judul-judul yang tidak sesuai dengan usia anak. Selain itu, orangtua juga bisa memblokir serial atau film yang tidak ingin ditonton oleh anak-anaknya. Dan jika tidak ingin anaknya menonton drama serial dengan banyak episode, orangtua juga bisa mengatur agar hanya bisa menonton satu episode. Plus, orangtua dapat melihat apa saja yang sudah ditonton oleh anak-anak mereka. Baca berita lengkapnya di Pop Sugar.

Sehabis menikmati Morning Briefing 9 April 2020, jangan lupa membaca bagaimana menghadapi KDRT di era pandemik.

podcast button