5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 8 Oktober 2021

Morning Briefing 8 Oktober 2021
Foto: www.canva.com

T.G.I.F! Apakah kamu termasuk salah satu orang terobsesi dengan Squid Game dan pernah mencoba menghubungi nomor telepon yang muncul di dua episode pertamanya? Well, nomor tersebut sekarang sudah mengalami pengeditan. Maksudnya? Baca berita lengkapnya di Morning Briefing 8 Oktober 2021.

Pemerintah batalkan pungut pajak sembako.

Pemerintah batal menerapkan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk barang kebutuhan pokok atau sembako pada 2022. Dalam Pasal 16B UU HPP dijelaskan bahwa sembako tak masuk dalam daftar barang yang dikenakan pajak.

Selain sembako, jasa pelayanan kesehatan medis tertentu, jasa pelayanan sosial, jasa keuangan, jasa asuransi, jasa pendidikan, jasa angkutan umum, dan jasa tenaga kerja juga bebas dari pungutan pajak. (CNN Indonesia)

BPOM: vaksin Zifivax berpotensi jadi booster.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito, menyatakan vaksin COVID-19 Zifivax yang dikembangkan perusahaan asal China berpotensi menjadi vaksin booster. Namun, untuk menjadi vaksin booster, vaksin dengan platform rekombinan protein subunit ini harus melalui uji klinik guna mengetahui respons imun. (Kompas)

Investigator HAM PBB: sanksi terhadap Korea Utara harus dilonggarkan.

Menurut laporan seorang investigator PBB, Korea Utara dalam kondisi sangat berisiko tinggi mengalami kelaparan setelah pandemi dan penerapan sanksi oleh PBB. Oleh karenanya, Dewan Keamanan PBB harus meninjau kembali dan melonggarkan sanksi tersebut untuk menyelamatkan warga negara di sana. (Reuters)

Penulis novel Abdulrazak Gurnah memenangkan Prize untuk sastra.

Abdulrazak Gurnah yang lahir di Zanzibar memenangkan Nobel Prize untuk sastra tahun ini. Penghargaan ini juga memberikan uang lebih dari $1 juta untuk pemenangnya. Sebagai informasi, Gurnah lahir pada 1948, dan sebelum pensiun adalah profesor sastra postkolonial di Universitas Kent, Inggris. Dia telah menulis 10 novel, termasuk Paradise (1994) yang masuk dalam daftar pendek Booker Prize. (NPR)

Neflix mengedit nomor telepon di serial Squid Game.

Neflix telah mengedit sebuah nomor telepon yang muncul di serial populer Squid Game setelah seorang wanita Korea dan yang lainnya yang menggunakan nomor sama dibanjiri telepon. Bahkan sejumlah penelepon bertanya apakah bisa bergabung dalam permainan hidup-atau-mati itu.

Sekarang, delapan digit nomor telepon yang muncul di dua episode pertama telah berubah menjadi enam digit. Bila seseorang menelepon, mesin otomatis akan menjawab: "Nomor yang Anda tuju tidak tersedia.” Sebagai informasi, serial tersebut berada di puncak teratas di 90 negara sejak dirilis bulan lalu. (The Guardian)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 8 Oktober 2021, jangan lupa mengecek berapakah jumlah kalor sepiring nasi goreng menurut nutrisionis klinis.