5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 8 Oktober 2020

Morning Briefing 8 Oktober 2020
Foto: www.unsplash.com

Hola! Tetap pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak saat berada di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar. Sekali lagi, cuci tanganmu dengan benar! Dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 8 Oktober 2020.

UMP mungkin tidak akan naik tahun depan.

Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun depan disinyalir tidak akan mengalami kenaikan seperti yang telah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan perekonomian indonesia yang belum pulih dari pandemi COVID-19. Selain itu, Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang menjadi dasar penentuan UMP pun kemungkinan besar tidak akan berubah. Namun, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah tidak menutup kemungkinan ada perhitungan lain mengenai UMP tahun depan. (Medcom)

Peraturan pengadaan vaksin diterbitkan.

Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19. Peraturan ini menjelaskan tentang ketentuan soal pengadaan, pelaksanaan, pendanaan, hingga dukungan dan fasilitas kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah terhadap vaksinasi COVID-19. Vaksinasi COVID-19 diberikan 2 (dua) dosis per orang dengan jarak minimal 14 hari, sehingga dapat membentuk kekebalan (antibodi) terhadap coronavirus secara optimal. Indonesia menargetkan vaksinasi pada 160 juta jiwa penduduk. (Kompas)

Update COVID-19 global: Italia wajibkan masker, dan siswa di Kenya kembali ke sekolah.

Pemerintah Italia mewajibkan pemakaian masker bagi semua orang, termasuk di dalam ruangan ketika social distancing tidak mungkin dilakukan. Hal ini untuk meredam jumlah kasus coronavirus di gelombang kedua. Sementara itu Kenya akan membuka kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah mulai minggu depan. Kenya menutup sekolah sejak Maret dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Akan tetapi langkah ini dikritik karena banyak siswa yang tidak memiliki akses teknologi, alhasil tahun ajaran ditunda.

Sementara itu, setelah 10 hari tidak ada kasus baru dan memberlakukan lockdown kedua, New Zealand yakin telah mengeliminasi virus ini dan melakukan pelonggaran. Perdana Menteri Jacinda Arden yang akan menghadapi pemilihan ulang minggu depan, mengatakan kelonggaran ini merupakan validasi dari strategi “go hard, go early.” Dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, yang sedang dikarantina, mengakui bahwa kampanye pemilu terakhir ini merupakan salah satu penyebab meningkatnya kasus. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins Hospital, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 35.946.721, dengan 1.051.753 kematian, dan 25.023.530 kesembuhan. (New York Times)

Puluhan ribuan mengungsi akibat Hurricane Delta di Meksiko.

Sebanyak 39.000 warga dan turis dievakuasi dan 2.700 berlindung di tempat penampungan darurat saat Hurricane Delta melanda Puerto Morelos, daerah timur laut pantai Meksiko kemarin. Hurricane Delta diperkirakan tiba dengan kecepatan 10mph. Pihak otoritas setempat mengatakan belum ada laporan korban jiwa dan orang terluka, tapi Delta merobohkan 95 pohon dan memadamkan listrik di sejumlah daerah Cancun dan Cozumel. Badai ini akan tiba di Amerika Serikat pada Jumat sore di Louisiana sebelum bergerak ke Mississippi, Alabama dan Tennessee. (The Guardian)

Super Nintendo World dibuka di Jepang pada 2021.

Nintendo mengumumkan akan membuka taman bertema pertamanya di Universal Studios Jepang di Osaka pada musim semi 2021. Sebelumnya, Super Nintendo World dijadwalkan untuk dibuka sebelum Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo, tapi diundur karena pandemi. Universal Studios dan Nintendo akan membuka taman yang sama di Orlando, Hollywood, dan Singapura di masa yang akan datang. Secara terpisah, Nintendo juga akan membuka kafe bertema dan toko di Universal Studio Jepang di area Hollywood pada 16 Oktober 2020. (The Verge)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 8 Oktober 2020, jangan lupa membaca tentang vitamin yang paling penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

podcast button