5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 8 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Wah, tak terasa sudah hari Selasa lagi! Tahukah kamu bahwa semakin bertambah umur, kita merasa waktu semakin cepat berlalu? Jadi yah, itu kesimpulannya: jika kamu merasa waktu cepat berlalu, berarti umurmu sudah lanjut! Selain hal tersebut, ini beberapa hal yang harus kamu tahu hari ini.

Kabar dari dunia teknologi, dua negara sedang berusaha untuk melawan dominasi cloud service.

Coba tebak negara mana? Satunya adalah Prancis, dan satunya lagi: Indonesia. PT Telekomunikasi Indonesia berencana untuk mengucurkan dana sebesar $70,6 juta untuk berinvestasi di bidang cloud service. Menurut Jakarta Post, infrastruktur ini direncanakan siap dipakai pada tahun 2020. Ini artinya, perusahaan plat merah itu akan bersaing dengan Google (akan meluncurkan bisnis cloud pertamanya di Indonesia pada pertengahan 2020), Alibaba (sudah beroperasi), dan AWS (Amazon Web Services, berencana masuk ke pasar Indonesia pada akhir 2021 atau awal 2022). Dengan mengembangkan cloud service regional, pemerintah mengharapkan porsi pemasukan lebih besar akan tetap berada di dalam negeri. Baca berita lengkapnya di sini.

Persidangan tujuh tersangka kerusuhan di kota Jayapura dipindahkan ke Kalimantan Timur.

Pernyataan ini disampaikan oleh Wakapolda Papua, Brigjend Polisi Yakobus Marjuki. Dan keputusan ini diambil demi menjaga keamanan di Papua. Saat ini, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua sudah berangsur membaik. Aktivitas perekonomian dan sekolah pun sudah mulai berjalan normal. Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara itu Arab Saudi mengumumkan peraturan baru: pasangan belum menikah diijinkan untuk berbagi kamar yang sama selama liburan di negara tersebut.

Hal ini diumumkan oleh juru bicara pemerintah negara tersebut kepada CNN. Jika bulan lalu, negara kerajaan tersebut meluncurkan program visa turis baru, bulan ini sepertinya pemerintahan Arab Saudi kembali memperlihatkan keseriusannya dalam menarik perhatian wisatawan asing. Sebelumnya, pasangan yang datang ke negara ini harus memperlihatkan surat menikah sebelum diperbolehkan tidur di kamar yang sama. Meski begitu, peraturan lama tetap berlaku bagi masyarakat lokal. Bagaimana jika kamu traveling solo? Perempuan asing juga diperbolehkan untuk menyewa kamar sendiri, dengan catatan harus berpakaian sopan. Baca berita lengkapnya di sini.

Ini akan membuatmu terkagum-kagum: Cina dikabarkan sukses menumbuhkan sebatang pohon kapas di Bulan.

Wow! Yep, di Bulan (B kapital, bukan b kecil). Hal ini merupakan untuk pertama kalinya dalam sejarah dan uji coba ini merupakan bagian dari Chang’e 4 project. Di dalam proyek ini, Cina menjelajahi bagian-bagian terjauh bumi dengan sebuah robot pendarat. Pohon kapas ini merupakan satu dari lima organisme yang dibungkus dalam sebuah biosfer mini dengan berat 2,6 kilogram. Meski organisme-organisme ini berada di lingkungan yang dibuat semirip mungkin dengan Bumi, tetapi mereka harus bertarung melawan radiasi angkasa dan mikrogravitasi. Berikutnya, para ilmuwan dari negeri Tiongkok berencana untuk mengirimkan hewan ke Bulan (dijadwalkan awal 2020). Wow! Baca berita lengkapnya di sini.

Terlepas dari kontroversi sana-sini, Joker berhasil memecahkan rekor.

Pada pembukaan akhir pekannya, Joker berhasil mengumpulkan $93,5 juta di Amerika Serikat (berhasil mengalahkan rekor Venom dengan $80,25 juta) dan $234 juta di dunia dengan sukses besar di Korea Selatan, Jepang, Brasil, dan banyak negara lain. Padahal sebelumnya, film yang disutradarai oleh Todd Phillips dan berdana $55 juta ini diperkirakan akan meraup keuntungan lebih rendah dari film superhero lainnya. Alasannya? Yah, karena status R-rating-nya, cerita yang suram dan bernuansa 70an/80an ala Taxi Driver. Belum lagi, fakta bahwa film tersebut penuh dengan adegan kekerasan. Tapi kenyataan berbicara lain. Ibunya seperti tidak keliru saat mengatakan bahwa tujuan hidup Joker adalah, “membawa tawa dan kebahagiaan ke dunia”—well, paling tidak bagi Warner Bros. Baca berita lengkapnya di sini.