5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 8 Juni 2021

Morning Briefing 8 Juni 2021
Foto: www.rawpixel.com
Terakhir diperbarui:

Ada yang ingin pergi ke luar angkasa? Jika segalanya lancar, Jeff Bezos, pendiri Amazon dan orang terkaya di dunia, akan mewujudkannya bulan depan. Itu adalah satu dari lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 8 Juni 2021.

Jokowi: sekolah tatap muka hanya 2 hari dalam seminggu.

Dalam rapat terbatas siang kemarin, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa sekolah tatap muka terbatas harus dijalankan dengan ekstra hati-hati. Di antaranya, sekolah hanya boleh dilakukan maksimal dua hari dalam seminggu dengan waktu belajar maksimal dua jam. 

Kelas hanya diperbolehkan maksimal 25 persen dari jumlah murid yang hadir. Dan opsi menghadirkan anak tergantung pada orang tua. Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim sebelumnya menargetkan semua sekolah sudah melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka mulai Juli 2021. (Tempo)

Penambahan kasus COVID-19 tertinggi sejak Maret.

Penambahan kasus baru ini, menjadi yang tertinggi sejak 4 Maret 2021, dengan penambahan 7.264 kasus. Kasus aktif atau jumlah pasien yang harus mendapatkan perawatan tercatat naik lebih dari 1.000 kasus, tepatnya 1.208, sehingga total ada 99.663 orang. Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta memiliki penambahan tertinggi, yakni lebih dari 1.000 orang. (CNBC Indonesia)

Update COVID-19 global: Vaksin, dan penambahan kasus.

Perdana Menteri India Narendra Mondi mengumumkan bahwa semua orang dewasa bisa mendapatkan vaksin secara gratis. Sementara itu, Thailand meluncurkan program vaksinasi massal pada Senin di tengah peningkatan kasus di sana. Program ini mengandalkan vaksin AstraZeneca yang sudah dibuat secara lokal oleh Siam Bioscience, perusahaan farmasi milik raja.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 19 April 2021

Di sisi lain, China mengatakan bahwa telah menjual atau mendonasikan hampir sepertiga vaksin buatannya ke luar negeri. Dan menurut sebuah petisi yang ditandatangani oleh lebih 200 figur penting, negara kaya harus membiayai vaksinasi negara-negara dengan pendapatan rendah.

Sementara itu, Uganda memasuki enam minggu lockdown mulai kemarin, di mana gereja, pasar dan sekolah harus tutup dan pelarangan travel domestik karena lonjakan kasus baru. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 173.374.931, dengan 3.730.699, dan sebanyak 2.135. 091.336 dosis vaksin sudah diberikan. (Washington Post)

China blokir akun berhubungan dengan mata uang kripto di Weibo.

Aksi untuk membatasi pergerakan mata uang digital ini akan semakin intens. Di antaranya, kemungkinan membuat undang-undang kriminal tentang aktivitas mata uang ini. Bulan lalu, anggota kabinet China berikrar akan mengambil tindakan keras dalam hal perdagangan dan kepemlikan kripto. Sebelumnya tiga lembaga industri melarang servis pembayaran dan finansial berbasis mata uang kripto. (The Guardian)

Jeff Bezos akan terbang ke ruang luar angkasa.

Pendiri Amazon itu akan menjadi salah seorang penumpang dalam penerbangan manusia pertama perusahaan Blue Origin pada 20 Juli. Selain dirinya, saudara laki-lakinya, Mark, dan pemenang lelang Blue Origin yang saat ini berada pada harga tertinggi $2,8 juta, juga akan menjadi penumpang.

Roket bernama New Shepard itu tidak akan sepenuhnya terbang ke orbit, tapi berada di tepi ruang angkasa, di mana para penumpung akan mendapatkan pengalaman gravitasi nol dan melihat Bumi selama beberapa menit. (TechCrunch)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 8 Juni 2021, jangan lupa membaca tentang apakah anak perlu menjalani tes IQ.