5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 8 Juli 2020

Morning Briefing 8 Juli 2020
Foto: www.unsplash.com

Hola! Selamat pagi dan selamat menjalankan aktivitas! Jangan lupa untuk tetap memakai masker saat keluar rumah dan berada di ruang publik. Plus, jaga jarak dan cuci tangan secara teratur. Dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 8 Juli 2020.

Bioskop di Jakarta dibuka lagi.

Di masa perpanjangan PSBB transisi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengijinkan bioskop dibuka mulai 6-16 Juli 2020. Tidak hanya bioskop, sektor hiburan dan rekreasi seperti produksi film, dan penyelenggaraan pertunjukan/nonton bareng di ruang terbuka, juga boleh beroperasional. Pemprov DKI juga memperbolehkan pelaksanaan pertemuan pada periode tersebut. Khusus untuk gelanggang renang/kolam renang masih dilarang untuk dibuka. Semua tempat wajib menerapkan protokol kesehatan di antaranya, semua pengunjung wajib mengenakan masker dan ada jarak aman antar penonton. Dan balita serta orang lansia tidak dijinkan menonton di bioskop. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Netflix bisa diakses pengguna Telkom grup.

Pemblokiran Netflix pada jaringan Telkom Group diangkat dan ini artinya, Netflix bisa dinikmati oleh pengguna service provider ini lewat telepon genggam dan internet. Keputusan ini diambil setelah Netflix berkomitmen tidak akan menyajikan konten yang mengandung pornografi anak-anak dan terorisme. Streaming platform ini juga setuju untuk menyediakan fitur kendali orangtua. Jika ada keluhan dari pengguna tentang kontennya, Telkom bisa meminta Netflix mencabut tayangan tersebut dalam waktu 24 jam. Sebelumnya diketahui jaringan telekomunikasi milik negara (Telkomsel, IndiHome dan Wifi.id) memblokir Netflix sejak 2016. Baca berita lengkapnya di The Jakarta Post.

Update COVID-19 global: Presiden Brasil terinfeksi dan mahasiswa internasional di Amerika diminta kembali ke negara asal.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro positif terinfeksi coronavirus setelah memperlihatkan gejala lelah, otot nyeri dan demam. Bolsonaro sendiri berkali-kali meremehkan bahaya virus ini dan beberapa kali terlihat tidak memakai masker dan menjaga jarak. Sementara itu dari Amerika Serikat diberitakan bahwa pemerintah setempat tidak akan memperbolehkan mahasiswa yang kelas kuliahnya berubah online untuk tetap tinggal di negara tersebut. Ini artinya, mahasiswa internasional yang kampusnya tidak menyelenggarakan kuliah temu muka pada musim gugur ini harus kembali ke negara asalnya karena visanya sudah tidak valid.

Dari Australia dikabarkan bahwa Melbourne, kota kedua terbesar, akan memberlakukan lockdown selama enam minggu setelah terjadi lonjakan kasus harian. Sementara itu di Inggris, baru beberapa hari setelah diperbolehkan buka, sejumlah pub dan restoran memutuskan untuk menutup pintunya kembali karena beberapa pengunjung terinfeksi coronavirus. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah kasus COVID-19 global adalah 11.662.574, dengan 539.058 meninggal dan 6.336.732 sembuh. Baca berita lengkapnya di Washington Post.

TikTok akan pamit dari Hong Kong.

Dalam waktu beberapa ke depan, TikTok akan meninggalkan pasar Hong Kong. Keputusan ini diambil karena tidak ada kejelasan apakah Hong Kong akan berada di bawah juridiksi Beijing setelah UU Keamanan Nasional yang baru berlaku. Sebelumnya, Facebook Inc juga melakukan yang sama setelah ada permintaan dari pemerintah China untuk mengakses data pengguna. TikTok sendiri mengatakan bahwa tidak akan mengabulkan permintaan tersebut, tapi juga tidak mengatakan diminta untuk melakukannya. CEO TikTok menyatakan bahwa data pengguna TikTok memang tidak disimpan di China. Sampai Agustus lalu, TikTok sudah memiliki 150.000 pengguna di Hong Kong. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Sidang lanjutan Johnny Depp.

Dalam sidang pertama kasus pencemaran baik di Inggris kemarin (7/7), Johnny Depp mengatakan bahwa mantan istrinya, Amber Heard, telah mengeluarkan klaim tidak benar dan salah. Bintang film Pirates of the Caribbean tersebut dengan tegas menyangkal klaim Heard yang mengatakan Depp telah melakukan kekerasan selama pernikahan mereka. Sidang ini akan berlangsung selama tiga minggu dan Amber Heard juga dijadwalkan untuk memberikan kesaksian.

Sebagai informasi, kasus ini berhubungan dengan tuntutan pencemaran nama baik Depp terhadap tabloid The Sun atas artikel yang terbit pada April 2018. Tajuk utama artikel itu, “Potty – How can JK Rowling be ‘genuinely happy’ casting wife beater Johnny Depp in the new Fantastic Beasts film?” Selain kasus ini, Depp juga menuntut Heard di Amerika Serikat atas dugaan pencemaran nama baik karena sebuah artikel di Washington Post tentang KDRT. Sidang kasus dijadwalkan tahun depan. Baca berita lengkapnya di Hollywood Reporter.

Selanjutnya: Selesai menikmati Morning Briefing 8 Juli 2020, pastikan mengecek panduan pemakaian sheet mask yang benar.

podcast button